Ray Tomlinson, Penemu Email

Apakah kamu kenal dengan istilah Gmail, Ymail dan Hotmail? Ini merupakan alamat email. Namun tahukah kamu siapa dibalik terciptanya itu semuanya?

Beliau adalah Ray Tomlinson yaitu penemu Email atau Elektronik Mail. Dewasa ini peran email sangat penting dalam menjalin komunikasi dengan cepat. Sebagaimana kita ketahui bersama email merupakan alat yang dapat mengirim pesan dengan cepat melalui internet.

Ray Tom nama panggilan beliau lahir di Amsterdam, Belanda pada tahun 1941. Sewaktu kecil Ram hidup dipinggir kota yang bernama Vail Milis dan hidup di keluarga yang sederhana.

Setelah lulus dari kuliah B. Sc. Ray Tom terus melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi lagi yaitu Master. Pendidikan S2 ini dia raih di Massachusetts Institute of Technology.

Rat Tom
isenacode.com

Pesan  yang paling bersejarah dalam kehidupan Ray Tom adalah saat pertama kali berhasil mengirim pesan singkat melalui jaringan internet. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1971.

Baca juga: Perintis Teciptanya Komputer

Perkembangan email terus dilakukan hingga pada tahun 2000, berkat inovasi yang ditekuninya. Ray Tom mendapat penghargaan George R. Stibitz Computer Pioneer Award. Kemudian setahun setelahnya dia mendapat penghargaan lagi yaitu International Academy of Digital Arts and Sciences.

Begitu banyaknya penghargaan yang dia peroleh sepanjang hidup, menjadikan dia sebagai 50 orang yang paling berpengaruh di dunia. Karena berkat jasa dia ini sampai sekarang kita masih bisa menikmati email untuk mengirim pesan singkat.

Tinggalkan komentar