Yuk Ketahui Pengarang Cerita Mahabarata

Bhagawan Wyasa yang dikenal sebagai rohaniwawan dan sastrawan terkenal. . Selain itu dia juga penulis epos di dunia. Kisah Mahabrata ini menceritakan tentang peperangan antara Pandawa dan Kurawa di medan perang Kurusetra, peperangan antara panca pandawa dan kurawa di medan perang kurusetra. Peran beliau di dalam kisah ini adalah membagikan Weda (kitab suci umat Hindu) menjadi empat bagian yang dikenal dengan Catur Weda.

Bhagawan Wyasa juga dikenal dengan nama Krishna Dwapayana yang lahir di Uttar Pradesh India. Orang tuanya bernama Rsi Pasasara dan satyawati. Sebenarnya nama Krishna Dwapayana juga memiliki arti tersendiri, Krishna (hitam) dan Dwapayana (di tengah pulau).

Kisah Mahabarata
www.keajaibandunia.web.id

Sebenarnya bukan hanya bhagawan Wyasa yang menulis kisah Mahabarata ini, karena persetujuan sang Hyang Brahma, Hyang Ganapati (Ganesha) juga ikut serta membantu menuliskan kisah Mahabarata. Hanya saja Bhagawan Wyasa diminta Ganesha untuk membant menyampaikan kisah Mahabarata dalam jangka waktu selama dua tahun.

Hikayat Mahabrata menceritakan silsilah keluaga Brahata dan rangkaian cerita-cerita Brahata yang berkisar antara Kurawa dan Pandawa di Kuru-Ksetra, karena merebutkan warisan berupa negara Hastina. Di dalamnya juga memuat ajaran-ajaran mengenai keagamaan, kesusilaan, hukum, filsafat, pahlawan dan sebagainya.

Setelah kitab selesai ditulis, murid Bhagawan Wyasa juga ikut serta menuturkan cerita tersebut secara terus menerus dan berulang-ulang hingga tersebarlah ke seluruh penjuru.

Sekian penjelasan tentang pengarang cerita mahabarata. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar