Pengertian dan Jenis Seni Rupa yang Ada di Indonesia

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang menciptakan suatu karya yang bisa ditangkap oleh mata dan dirasakan oleh indra peraba. Pembuatan seni rupa biasanya dengan cara mengolah konsep bidang, bentuk, garis, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan tetap mengacu pada nilai keindahan.

Bila ditinjau dari segi fungsinya seni rupa dibagi menjadi 2 yakni seni rupa murni dan juga seni rupa terapan. Bila proses pembuatan seni rupa murni lebih menitikberatkan pada nilai keindahan sebagai ekspresi jiwa. Sedangkan seni rupa terapan lebih mementingkan fungsi dari karya seni tersebut misalnya seni kriya.

Kalau dilihat dari segi wujudnya seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi hanya mempunyai panjang dan lebar saja sedangkan seni rupa 3 dimensi memiliki panjang, lebar, serta ruang. Berikut ini adalah jenis-jenis seni rupa yang ada di Indonesia.

 

Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni
rahmanrupa.blogspot.com

Seni rupa murni merupakan seni rupa yang tercipta dari ekspresi jiwa serta lebih menekankan kepada keindahan dari karya yang dibuat. Seni rupa murni lahir murni dari kreatifitas dan ekspresi dari pembuatnya. Meskipun sering disebut dengan karya seni yang bebas, seni rupa murni memiliki beberapa aliran atau gaya yang berkembang sampai saat ini.

Gaya dalam seni rupa murni seperti romantisme, surrealisme, impresionisme, dan ekspresionisme serta masih banyak gaya seni yang lainnya. Contoh dari seni rupa murni adalah seni patung, seni lukis, seni fotografi. seni grafis dan lain-lain.

Seni Rupa Terapan

Rumah Gadang tampak depan

Seni rupa terapan merupakan karya seni yang dibuat dengan tujuan untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari. Karya senii ini lebih mementingkan nilai fungsi daripada nilai estetika. Karya seni rupa terapan biasanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Di sekitar kita saat banyak banyak sekali benda-benda yang merupakan hasil dari seni rupa terapan. Contoh seni rupa terapan yang ada di sekitar kita adalah, arsitektur, pakaian, rumah adat, senjata tradisional, dan transportasi tradisional.

Seni Rupa 2 Dimensi

Karya Seni Rupa 2 Dimensi
tambah-berkah.blogspot.com

Seni rupa 2 dimensi merupakan seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar saja serta hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja. Untuk membuat karya seni rupa 2 dimensi diperlukan sebuah teknik khusus. Beberapa teknik yang kamu gunakan untuk membuat karya seni rupa 2 dimensi adalah teknik plakat, teknik kolase, teknik transparan, dan teknik-teknik lain.

Contoh seni rupa 2 dimensi bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa karya yang dibuat dengan teknik seni rupa 2 dimensi adalah lukisan, seni grafis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa Terapan
wisnujadmika.wordpress.com

Seni rupa 3 dimensi adalah salah satu jenis karya yang mempunyai panjang, lebar dan tinggi. Bisa juga diartikan sebagai karya yang mempunyai volume dan menempati sebuah ruangan. Bahan yang digunakan untuk membuat karya seni ini berbeda-beda di setiap daerahnya karena bergantung dengan lingkungan sekitar.

Banyak sekali teknik yang bisa dipakai untuk membuat karya seni 3 dimensi, diantaranya adalah teknik pahat atau ukir, teknik cor, teknik mozaik, dan teknik aplikasi. Contoh hasil karya yang termasuk dalam seni rupa 3 dimensi adalah keramik, kriya, patung, dan beragam karya lainnya.

Seni Rupa Modern

Lukisan Seni Rupa Modern
wowkeren.com

Seni rupa modrn merupakan jenis seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan dan adat istiadat suatu daerah. Seni rupa modern biasanya selalu menciptakan karya seni baru yang belum ada sebelumnya. Hal ini berarti karya seni ini merupakan karya seni rupa pembaharuan.

Orang yang membuat karya seni modern cenderung bebas berkreasi karya tidak terikat dengan pakem atau filosofi yang sudah ada. Oleh karena itulah mereka selalu bisa menghasilkan suatu karya baru yang belum ada sebelumnya.

Seni Rupa Kontemporer

Seni Rupa Kontemporer
bulletproofcurator.blogspot.com

Seni rupa kontemporer merupakan salah satu cabang seni yang sudah terpengaruh dampak modernisasi. Arti kata kontemporer adalah kekinian, modern atau lebih tepatnya sama dengan kondisi saat ini. Jenis karya seni kontemporer biasanya tidak terikat dengan aturan-aturan yang ada pada zaman dahulu dan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman.

 

Seni Rupa Terapan Anyaman

indonesiakaya.com

Anyaman merupakan rangkaian serat yang berbentuk benda. Bahan anyaman biasanya menggunakan serat tumbuhan. Namun sekarang ini banyak sekali anyaman yang terbuat dari bahan serat plastik.

Seni Rupa Kerajinan Kulit

kerajinan.id

Karya seni terapan kerajinan kulit sangat banyak sekali. Produk-produk yang dihasilkan dari kerajinan kulit ialah diantaranya sepatu kulit, sabuk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengrajin kulit terdapat di beberapa daerah di Indonesia, seperti Jawa Barat dan Yogyakarta.

Seni Rupa Terapan Ukiran Kayu

carvingart77.blogspot.com

Ukiran kayu adalah salah satu karya seni terapan yang sudah melekat di kalangan masyarakat melayu. Di Indonesia daerah yang terkenal dengan pengrajin kayu ukir ialah jepara, banyak sekali kerajinan-kerajinan yang dihasilkan.

Seni Rupa Terapan Pakaian

blogpunyacewe.wordpress.com

Baju dan pakaian yang digunakan sehari-hari merupakan termasuk kedalam jenis seni rupa terapan. Banyak sekali pakaian khas, unik dan bagus yang di miliki Indonesia.

Beberapa karya seni tersebut ialah berupa pakaian adat, batik dan masih sangat banyak lagi baju dan pakain khas indonesia. Hal tersebut menunjukan bahwa masyarakat Indonesia merupakan masyarakat kreatif dan tertanam jiwa seni tinggi.

Seni Rupa Terapan Arsitektur

semuaadadisini.com

Karya seni rupa terapan selanjutnya ialah berupa arsitektur. Karya seni tersebut sangat terkenal di Indonesia, salah satunya ialah Candi Borobudur.

Candi Borobudur merupakan salah satu karya seni terapan yang sangat mengagumkan, bahkan borobudr sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Tinggalkan komentar