6 Bahaya Mengonsumsi Obat-obatan Tanpa Resep Dokter

Jika dulu untuk bisa mendapatkan obat harus menggunakan resep dokter. Tapi saat ini ada obat dalam kategori tertentu diperbolehkan dijual secara umum. Lihat saja obat yang dijual di warung-warung atau minimarket terdekat.

Meskipun obat ini tidak terlalu bahaya, namun jika dikonsumsi secara berlebihan tanpa dosis yang dianjurkan akan menjadi bermasalah.

Ya, karena obat-obatan yang dijual di pasaran menggunakan zat kimia yang lambat laun akan menimbulkan berbagai penyakit.

Apa saja penyakit yang bisa ditimbulkan dari obat-obatan kimia yang dijual bebas tanpa adanya resep dokter? Berikut ini ulasannya.

Gangguan Fungsi Hati

dietdoctor.com

Meskipun dikemasan sudah ada berbagai penjelasan, namun kebanyakan orang tidak mengindahkan keterangan tersebut. Sehingga sembarangan dalam mengonsumsi obat yang dijual di pasaran.

Sakitnya belum tahu, kemudian dikira-kira sendiri penyakitnya dan langsung membeli obat dan penggunaannya tanpa ketentuan yang dianjurkan. Hal ini sangat bahaya bagi kesehatan.

Bisa saja obat yang dikonsumsi memiliki kandungan acetaminopen. Hal ini tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki gangguan pada fungsi hati.

Gangguan Ginjal

pixabay.com

Penyakit berikutnya yang akan timbul akibat dari mengonsumsi obat secara sembarangan adalah gangguan pada ginjal. Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat rentan bermasalah akibat zat kimia yang terkandung di dalam obat.

Terlebih lagi jika obat tersebut mengandung nimesulide, tentu sangat membahayakan ginjal. Karena zat tersebut bisa menyebabkan pendarahan pada ginjal.

Anafilaktik

www.hipwee.com

Tahukah kamu mengenai anafilaktik? Anafilaktik adalah syok yang dialami oleh seseorang akibat mengonsumsi obat tertentu.

Orang yang mengalami demikian disebabkan tubuhnya tidak cocok dengan kandungan yang ada pada obat tersebut, sehingga menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan. Reaksi yang akan timbul pada setiap orang bisa saja berbeda-beda.

Ada yang jantungnya berdetak lebih kencang, tekanan darah meningkat, lemas, pingsan, dan bisa saja meninggal. Inilah bahayanya jika mengonsumsi obat-obatan kimia tanpa resep dokter.

Penyakit Semakin Parah

www.bodrex.com

Inginnya sih penyakitnya bisa sembuh dengan mengonsumsi obat-obatan. Tapi jika mengonsumsi obat tanpa resep dokter, bisa-bisa penyakitnya malah lebih parah. Bukannya kesembuhan yang didapatkan, malah sakitnya lebih parah.

Hal seperti ini sudah berkali-kali terjadi di masyarakat. Meskipun sudah banyak kejadian, tapi tetap saja sebagian orang tidak mengambil pelajaran dari kejadian tersebut.

Sehingga, mereka tetap mengonsumsi obat tanpa resep dokter. Padahal tidak tahu penyakitnya dan tidak tahu pula kandungan obat yang dikonsumsinya.

Kebal Obat

www.rmol.co

Seseorang jika mengonsumsi obat secara terus menerus tanpa resep dokter, maka obat yang diminum lama kelamaan tidak berfungsi lagi. Karena dosis yang ada di tubuh sudah meningkat.

Jika obat yang dikonsumsi ingin dapat bekerja, maka harus menambah jumlah obat yang diminum dan begitupun seterusnya.

Artinya dosis semakin lama semakin meningkat dan obat yang bisa bereaksi sesuai dengan fungsinya adalah obat yang memiliki kadar dosis yang lebih tinggi.

Kecanduan

www.dokterkamu.com

Yang dimaksud dengan kecanduan disini adalah mengonsumsi obat tertentu dengan penyakit tertentu akan terus dilakukan hingga penyakitnya reda.

Hal ini menjadi kebiasaan buruk, karena pada saat terkena kembali penyakit tersebut, maka akan mengonsumsi obat itu lagi. Lama kelamaan tubuh bisa menyesuaikan dengan obat tersebut.

Sehingga obatnya tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Jalan keluarnya biasanya menambah jumlah obat yang biasa dikonsumsinya tersebut.

Jika semakin hari semakin bertambah jumlah obatnya, maka semakin sering obatnya dikonsumsi dan semakin banyak pula. Akibatnya, penyakit lainnya akan muncul yang diakibatkan oleh kandungan obat yang dikonsumsi.

Tinggalkan komentar