Jantung Anda Sering Berdebar?, Mari Kenali 6 Penyebab Jantung Berdebar Berikut Ini

Menjaga kesehatan jantung merupakan organ penting bagi tubuh manusia. Suplai darah dalam tubuh dipasok oleh kinerja jantung. Pada saat jantung mengalami masalah, maka sirkulasi darah dalam tubuh akan terganggu.

Baca juga artikel mengenai ciri-ciri penyakit jantung yang sering diabaikan.

Salah satu keluhan yang sering dialami banyak orang yang melibatkan jantung adalah masalah jantung berdebar. Pada sebagian orang, jantung berdebar merupakan fenomena yang jarang dianggap serius. Akan tetapi tak sedikit pula yang cemas dalam menanggapi fenomena ini.

Banyak faktor yang menyebabkan jantung berdebar. Beberapa diantaranya yaitu:

Gaya Hidup

www.blogbulletin.com
www.blogbulletin.com

Kebiasaan merokok, gemar konsumsi makanan pedas, suka minum alkohol atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi dapat menyebabkan jantung berdebar. Ketika sedang berolahraga, sedang dalam kegiatan tergesa-gesa atau saat senag berlebihan, hormon adrenalin akan terlepas dari tubuh dan menyebabkan jantung berdebar.

Kepanikan Berlebih

www.ikzoekeenbaan.tv
www.ikzoekeenbaan.tv

Perasaan cemas, takut, gemetar, stress dan senang yang berlebihan merupakan contoh serangan panik yang menyebabkan jantung berdebar. Hal ini kadang diikuti oleh keluarnya keringat dingin.

Kondisi Kesehatan

panorama.not.br
panorama.not.br

Beberapa kondisi tubuh yang dapat menyebabkan jantung berdebar antara lain dehidrasi, anemia, demam dan kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Selain itu, beberapa tipe tekanan darah rendah, kadar elektrolit tubuh yang tidak normal dan gangguan jantung seperti aritmia dapat menyebabkan jantung berdebar

Konsumsi Obat-Obatan

www.brocku.ca
www.brocku.ca

Obat-obatan tertentu dapat menjadi penyebab jantung berdebar. Obat untuk asma dan obat batuk yang mengandung stimulan pseudoephedrine merupakan contoh obat yang dapat menyebabkan jantung berdebar.

Perubahan Hormone pada Wanita

mpesdes.com
mpesdes.com

Pada periode menstruasi, kehamilan dan menopause dapat menyebabkan jantung berdebar. Keadaan ini hanya bersifat sementara dan umumnya tidak berbahaya.

Kurangnya Magnesium dan Kalium

www.nuphorin.com
www.nuphorin.com

Pembentukan sel darah merah dibantu oleh magnesium dan kalium sehingga tubuh bisa terhindar dari anemia. Kekurangan kedua hal tersebut menyebabkan jantung berdebar.

Beberapa uraian diatas merupakan beberapa hal yang menyebabkan jantung berdebar. Ketika mengalami jantung berdebar, jangan disepelekan karena jika tidak ditangani, bisa menimbulkan komplikasi yang lebih parah. Demikian beberapa ulasan mengenai penyebab jantung berdebar.

Baca juga beberapa makanan dan minuman yang membantu menjaga jantung anda tetap sehat.

 

Tinggalkan komentar