10 Penyebab Kesemutan pada Kaki Seseorang

Kesemutan merupakan suatu penyakit yang biasanya terjadi pada kaki dan tangan seseorang. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya kolesterol atau lemak jahat yang ada dalam tangan dan kaki seseorang.

Selain itu banyak yang menjadi faktor penyebab terjadinya kesemutan pada kaki dan tangan manusia. Sebelum itu, perlu diketahui bahwa penyebab terjadinya kesemutan ada dua sifat, yaitu ada yang bersifat berkepanjangan dan ada yang bersifat sementara.

Kesemutan yang berkepanjangan biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh manusia dan sering terjadi berulang-ulang sedangkan kesemutan yang bersifat sementara biasanya akan sembuh dengan sendirinya dan jarang terjadi.

id.wikihow.com
id.wikihow.com

Namun dalam kesempatan kali ini kami hanya akan membahas penyebab kesemutan pada kaki. Berikut ini beberapa penyebab kesemutan pada kaki:

  1. Kesemutan pada kaki akan terjadi bila kaki kamu mengalami tekanan dalam waktu yang agak lama. Hal tersebut membuat aliran darah ke saraf di kaki menjadi terhambat sehingga bisa terjadi kesemutan.
  2. Duduk bersila terlalu lama.
  3. Memakai sepatu atau sandal yang terlalu kecil.
  4. Tubuh mengalami dehidrasi dan hiperventilasi.
  5. Menderita penyakit Raynaud. Penyakit tersebut biasanya memengaruhi pasokan darah ke anggota tubuh manusia seperti jari-jari kaki dan tangan sehingga menyebabkan terjadinya kesemutan.
  6. Kekurangan vitamin B12.
  7. Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan.
  8. Tubuh kekurangan asupan nutrisi akibat pola makan yang buruk.
  9. Terpapar zat beracun seperti talium, merkuri, timbal arsenik dan bahan kimia industrial lainnya.
  10. Terkena efek samping dari obat kimia yang dikonsumsi.

Itulah beberapa penyebab kesemutan pada kaki manusia. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar