7 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri Haid

Banyak sekali kamu para wanita yang sedang mengalami datang bulan yang diiringi dengan sakit perut. Rasa khawatir dan takut jika hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kesuburan atau mungkin kamu berpikir sakit tersebut akan menjadi hal yang menakutkan bagi kesehatan kalangan wanita.

Banyak yang menanyakan penyebab nyeri haid dan juga tentang cara menanggulangi hal tersebut. tentu semua tahu bahwa datang bulan adalah kejadian bulanan yang lumrah bagi para kaum hawa dimana tapisan rahim akan terkelupas secara periodik dan kemudian dibuang melalui lubang kecil jalan lahir yang disebut sebagai darah mens.

Dalam istilah medis, nyeri haid disebut dengan Dismenore dan secara garis besar dismenore di bagi menjadi dua yaitu Dismenore Primer dan Dismenore Skunder.

Dismenore Primer adalah nyeri haid yang memang sudah dialami pada saat wanita mulai haid yang memang hal tersebut adalah kondisi Normal.

Sedangkan Dismenore Skunder adalah setelah periode haid, muncul periode menstruasi kesekian kali dan pada sebelumnya belum pernah mengalaminya. Hal ini biasanya memengaruhi masalah yang mempengaruhi rahim atau organ panggul lainnya.

Pada dismenore primer mungkin tidak ada penyebab yang dapat di identifikasi. Akan tetapi ada beberapa faktor resiko yang menyebabkan seperti usia di bawah 20 tahun, Riwayat keluarga dismenore, perokok aktif, pendarahan yang banyak kala datang bulan, dan belum pernah melahirkan.

Sementara ada beberapa kasus pada dismenore Sekunder, nyeri Haid ini dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti Premenstruasi Syndrome, Endomentriosis, Adenomiosis, Fibroid atau tumor jinak dan juga Infeksi menular.

Cara mengatasi sakit perut disaat datang bulan bisa juga melalui perawatan sederhana di rumah dan sudah banyak yang berhasil dalam mengurangi Dismenore yang menyakitkan. Berikut ini adalah beberapa tips tentang cara mengurangi nyeri haid :

  • Menggunakan bantal pemanas atau botol yang berisi air hangat untuk diletakkan didaerah perut bawah pusar dengan tekanan ringan
  • Memijat perut dengan ringan
  • Mandi dengan air hangat
  • Menaikkan kaki atau berbaring dengan lutut ditekuk
  • Latihan fisik secara teratur
  • Berlatih teknik yoga
  • Mengurangu asupan garam, alkohol, kafein dan gula untuk mencegah perut terasa kembung

Itulah tadi tips jika kamu nyeri haid dan juga penanganan secara sederhana sehingga bisa dilakukan di rumah. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang sedang nyeri haid.

Satu pemikiran pada “7 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Nyeri Haid”

  1. haid dirasakan ada yang berbeda-beda, ada yang merasakan nyeri secara berlebihan bahkan sampai pingsan, hal itu normal saja, lakukan olahraga, minum air putih yang banyak, hindari stress

    Balas

Tinggalkan komentar