Yuk Kenali Penyebab yang Membuat Dada Sesak

Asfiksia adalah sebuah gangguan pernafasan yang dapat membuat penderitanya tidak dapat bernafas secara normal, pada masyarakat awan keadaan ini sering disebut dengan sesak nafas atau sesak dada.

Kurangnya pasokan oksigen yang diterima tubuh menjadi faktor utama terjadinya sesak nafas, dan bila tidak ada tindakan medis sesegera mungkin dikhawatirkan akan membuat penderita merasa lemas dan efek terburuknya adalah dapat menyebabkan kematian.

Adapun gejala – gejala yang harus kita waspadai adalah denyut nadi yang dirasakan semakin cepat, kesulitan dalam bernafas secara normal, timbulnya kecemasan berlebih karena bagian – bagian tubuh tertentu sulit untuk digerakkan.

Pada beberapa penderita sesak nafas biasanya diikuti dengan naiknya tekanan darah yang dapat menimbulkan koma. Jika gejala tersebut muncul tidak lekas mendapatkan tindakan yang serius menyebabkan kematian secara mendadak.

Asfiksia atau sesak nafas pada dada mempunyai banyak penyebab. Beberapa penyebab sesak dada yang perlu kita waspadai, diantaranya adalah:

Masuknya Benda Asing dalam Saluran Pernafasan

penyebab dada sesak
www.gilesandbrother.com

Salah satu sebab sesak nafas ini biasanya disebabkan oleh masuknya makanan semi padat yang sulit dicerna oleh mulut, pada umumnya dialami oleh kalangan balita dan lanjut usia.

Tersedak Saat Makan

penyebab dada sesak
www.abeancollectorswindow.com

Sisa makanan yang masih berwujud benjolan yang tidak sengaja tertelan biasanya akan menjadi penghambat pada saluran pernafasan, pasokan oksigen dalam tubuh juga otomatis berkurang.

Batuk Rejan

penyebab dada sesak
www.wisegeek.com

Batuk yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan dikategorikan dalam salah satu penyakit menular ini juga dapat menyebabkan komplikasi pernafasan berupa batuk dan sesak nafas berkepanjangan.

Keracunan Karbon Monoksida

penyebab dada sesak
id.aliexpress.com

Karbon monoksida dapat ditemukan pada asap kendaraan bermotor, kebakaran, maupun asap rokok. Jika menghirup terlalu banyak karbon monoksida akan mempengaruhi kemampuan darah untuk membawa oksigen keseluruh tubuh yang mengakibatkan timbulnya sakit kepala, mual dan kemudian sesak nafas.

Penyakit Asma

penyebab dada sesak
www.royhealthconsultant.com

Penyakit yang menyerang paru – paru oleh alergi ini juga akan mengalami sesak nafas, maka bagi penderita asma memang diharuskan untuk menjaga pola makan dan istirahat serta olahraga yang cukup agar tidak menyebabkan penyakit yang diderita ini kambuh.

Terkadang pola perilaku kita jugalah yang menyebabkan masalah dalam tubuh kita, maka mulai sekarang hendaklah lebih menghargai kesehatan yang kita miliki dengan menyeimbangkan pola hidup sehat.

Tinggalkan komentar