Jangan Salah Membedakan Antara Notebook, Netbook dan Ultrabook

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi membuat semakin bermunculan perangkat-perangkat yang canggih dengan bentuk yang lebih simpel. Seperti perangkat komputer yang dulunya berukuran besar, sekarang bermunculan perangkat-perangkat berukuran lebih kompak seperti notebook, netbook ataupun ultrabook.

Mungkin ada beberapa dari kita yang masih bingung atau bahkan belum mengerti tentang perbedaan antara notebook, netbook ataupun ultrabook. Penjelasan berikut semoga dapat menambah wawasan tentang perbedaan notebook, netbook dan ultrabook.

Notebook

www.fudzilla.com
www.fudzilla.com

Notebook adalah sebuah perangkat komputer berukuran lebih kecil dari koper yang dengan mudah dapat diangkut dan nyaman digunakan di banyak tempat seperti di pesawat terbang, di perpustakaan, kantor, atau pada ruang pertemuan.

Sebuah notebook yang mana orang-orang lebih sering menamakannya sebagai laptop, biasanya mempunyai berat kurang dari 3 kg dengan ketebalan dibawah 3 inci. Adapun perusahaan-perusahaan pabrikan notebook antara lain Apple, Asus, Dell, Hewlett-Packard, IBM dan Toshiba. (Baca juga : Laptop Berprosesor Intel Dengan Spesifikasi Terbaik)

Jika membandingkan harga antara notebook dan desktop dengan spesifikasi yang sama, ditemukan bahwa harga notebook lebih mahal. Ini karena sifat dari notebook sendiri yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Berbeda dengan komputer desktop yang berdimensi besar dan berat, yang mustahil untuk diangkut kemana-mana.

Netbook

http://sunglobal-trading.com/
http://sunglobal-trading.com/

Netbook adalah sebuah perangkat komputer yang kecil, ringan, berdaya rendah lebih rendah daripada komputer notebook juga dengan pemrosesan sedikit kurang dari laptop standar, tetapi masih cocok untuk melakukan tugas-tugas kecil seperti pengolah kata ataupun berselancar di dunia maya.

Bisa dibilang netbook adalah perangkat komputer versi mini. Nama lain dari perangkat ini juga banyak, diantaranya subnotebook, ultra-portable, mini-notebook, mini-thin client, cloudbook dan ultra-mobile PC. Namun secara umum orang-orang menyebutnya netbook.

Secara keseluruhan, netbook memiliki dimensi lebih kecil dari notebook. Dengan keyboard yang lebih kecil dari biasanya, layar yang lebih kecil dari biasanya dan kebanyakan tidak dilengkapi dengan pemutar CD/DVD.

Ultrabook

www.hardwarezone.com.sg
www.hardwarezone.com.sg

Ultrabook termasuk dalam kategori laptop tipis dan ringan yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan pasar antara tablet dan PC notebook premium. Ultrabooks menyediakan lebih banyak fitur bisnis seperti notebook enterprise dan lebih mudah dibawa sama seperti tablet.

Ultrabooks memiliki ketebalan kurang dari 2 cm, menggunakan prosesor yang lebih kuat dan memiliki kartu grafis kinerja yang lebih baik, penyimpanan yang lebih cepat, ukuran RAM dan ukuran layar yang lebih besar. Daya tahan bisa lebih dari 8 jam pemakaian normal. Dengan segala kelebihan tersebut, membuat harga ultrabooks sedikit lebih mahal daripada netbook.

Tinggalkan komentar