Berikut Alasan Mengapa Pohon Gaharu Merupakan Jenis Kayu Termahal

Pohon Gaharu adalah pohon yang harga kayunya sangat mahal, atau bahkan bisa di bilang bahwa harga kayu gaharu merupakan kayu termahal, perkilonya saja harga kayu gaharu bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Hal ini karena pohon gaharu mengandung gupal. Bahkan jika kayu gaharu yang tanpa gupal juga masih dihargai cukup tinggi perkilonya. Karena itulah kenapa gaharu disebut sebagai kayu termahal.

Gaharu merupakan sebuah nama kayu dari  jenis pohon genus Aquilaria (anggota famili Thymelaeaceae). Pohon dan kayu gaharu mengandung resin yang berbau harum, makanya kayu gaharu ini sangat tekenal dan  banyak digunakan di dalam industri obat obatan dan juga di industri kosmetika.

 

jurnalasia.com
jurnalasia.com

Kayu gaharu sekarang ini menjadi langka keberadaannya, padahal kayu ini merupakan salah satu komoditas ekspor andalan dari bangsa Indonesia. Sehingga saat ini CITES pun mengatur sangat ketat perdagangan kayu gaharu ini.

Ada sekitar 20-an spesies gaharu yang tumbuh dan tersebar di Asia, mulai dari asia tenggara, China, hingga India. Di Indonesia kurang lebih ada 6 spesies pohon gaharu.

Pohon Gaharu atau dalam bahasa latin adalah Aquilaria spp memilik ukuran yang cukup besar dan tinggi, bahkan tingginya bisa mencapai 40 meter dengan diameter batang yang bisa lebih dari 60 cm. Batangnya lurus, tidak berbanir, dan kayunya keras.

Kulit pohon gaharu halus dan berwarna coklat keputihan. Tajuk dari tumbuhan gaharu bulat, lebat, dengan percabangan yang horisontal. Daun pohon gaharu  berbentuk lonjong memanjang dengan panjang 5 – 8 cm dan juga  lebar 3 – 4 cm. Ujung daunnya runcing, warna daunnya hijau mengkilap.

 

youtube.com
youtube.com

Bunga gaharu ukurannya kecil berwarna hijau atau kadang  kekuningan, biasanya muncul di ujung ranting atau di atas dan bawah ketiak daun. Buahnya berbentuk  polong bulat telur berukuran 5 x 3 cm. Sedangkan bijinya berbentuk bulat atau bulat telur dengan bulu-bulu halus berwarna kemerahan.

Itulah tadi pembahasan tentang pohon gaharu yang merupakan kayu termahal, hingga perdagangannya diatur sangat ketat. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu.

 

Satu pemikiran pada “Berikut Alasan Mengapa Pohon Gaharu Merupakan Jenis Kayu Termahal”

  1. kami menjual 1200 pohon gaharu umur 14 tahun lokasi tanah grogot kalimantan timur, dijual 1,5juta/pohon hub 085222440XXX

Tinggalkan komentar