Seperti Apa Posisi Tidur yang Baik Menurut Kesehatan?

Kalau selama ini sehabis bangun tidur kamu ngerasa pegal-pegal dan tubuh sakit semua, mungkin ada yang salah dengan posisi tidurmu. Biar hal itu tak terus-terusan terjadi, kamu harus tahu seperti apa posisi tidur yang baik menurut kesehatan. Yuk simak seperti apa sebaiknya posisi ideal saat kamu hendak berangkat tidur.

Posisi Tidur Miring ke Kanan

pijar.net
pijar.net

Ini posisi tidur yang ideal. Jadi kamu saat hendak tidur perlu miringkan badan ke arah kanan. Dengan begitu, jantung yang posisinya ada di sebelah kiri tak akan terbebani. Sehingga bisa memompa darah dengan baik.

TIPS: 30 Cara Cepat Untuk Tidur

Posisi tidur seperti ini sangat dianjurkan. Supaya jantung tidak mudah lelah. Cara tidur ini juga yang dicontohkkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sambil kadang-kadang meletakkan tangan di bawah pipi.

Posisi Tidur Miring Sambil Kaki Menekuk

menshealth.com
menshealth.com

Cara tidur seperti ini biasanya dilakukan oleh para bayi. Jadi posisi tidurnya dengan miring sambil punggung sedikit melengkung dan kaki menekuk ke arah dada. Ditinjau dari segi kesehatan, posisi tidur seperti ini bakal mengurangi tekanan pada tulang punggung, sekaligus memudahkan untuk bernafas.

Tidur Telentang

menshealth.com
menshealth.com

Pada posisi tidur ini, kamu terlentang dan kedua tangan ada di kedua sisi. Posisi ini juga bagus secara kesehatan. Sebab dapat mencegah terjadinya sakit leher dan punggung. Sebab punggung dibentuk lurus sehingga tidak mengalami perubahan. Selain itu tulang belakang pun disangga dengan baik oleh kasur.

Tapi sayangnya posisi tidur seperti ini tidak tepat bagi kamu yang suka ngorok. Sebab dapat menyebabkan sulit bernafas dan tidur tidak nyenyak sepanjang malam. Oleh karena itu, kalau kamu sering mendengkur, sebaiknya hindari posisi tidur seperti ini. Sebaiknya juga saat tidur telentang tidak memakai bantal. Supaya leher berada dalam posisi lurus sehingga memudahkan untuk bernafas.

Tidur Tengkurap Baik untuk yang Suka Mendengkur

ahafizh.blogspot.com
ahafizh.blogspot.com

Buat kamu yang hobi ngorok, sebaiknya coba posisi tidur tengkurap. Dengan posisi tidur seperti ini, saluran udara atas menjadi lebih terbuka. Sehingga pernafasan pun akan lebih lancar. Selain itu, posisi ini disebut bagus untuk pencernaan. Tapi posisi tidur ini sebaiknya dihindari kalau kamu sering sakit di leher dan punggung.

Tidur Menyamping ke Kiri bagi Ibu Hamil

sleepwellnight.blogspot.com
sleepwellnight.blogspot.com

Bagi ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk tidur menyamping ke kiri. Sebab posisi ini yang paling aman serta nyaman untuk ibu serta janin di dalam kandungan.

Ketika posisi tubuh miring ke kiri, perut ibu tidak terbebani oleh kehamilannya. Di samping juga membuat peredaran darah lebih lancar. Sebab aliran darah Vena Cava Inferior berada di sebelah kanan. Hal ini ikut membantu mengurangi timbulnya rasa mual ketika sedang hamil. Dengan lancarnya peredaran darah, juga membuat bayi dalam kandungan juga mendapatkan nutrisi yang lebih lancar. Selain posisi miring ke kiri, ada posisi tidur lainnya yang baik untuk ibu hamil.

Ya, itu tadi sejumlah posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Pada akhirnya kita bisa memilih posisi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Kalau menurut statistik, seperti diungkap oleh Webmd sebanyak 63 persen orang di Amerika Serikat tidur dengan posisi miring. Dan hanya sebanyak 14 persen yang tidur telentang dan sebanyak 16 persen tidur secara tengkurap.

Tentu juga kita akan merasa pegal kalau tidur hanya dengan satu posisi saja sepanjang malam. Karena itu, memilih sejumlah posisi tidur bisa dilakukan supaya kita dapat tidur dengan nyaman, nyenyak, dan sehat. Juga jangan lupa untuk matikan lampu ketika tidur di malam hari.

Tinggalkan komentar