9 Anggota Tubuh Manusia Unik yang Masuk Rekor Dunia

Anugerah yang diberikan oleh Tuhan kita sangatlah banyak, diantaranya adalah anggota tubuh. Tubuh manusia sangatlah beragam bentuknya, beberapa keunikan anggota tubuh yang sangat langka tercatat oleh Guinness World Records (GWR) pernah terjadi di dunia ini.

Sebagian besar penyebab keunikan-keunikan ini adalah faktor genetik yang permanen dan tidak bisa diubah. Berikut ini adalah 10 anggota tubuh paling unik yang tercatat dalam rekor dunia.

Lidah Terpanjang di Dunia

parade.com

Nick Stoeberl tercatat sebagai manusia yang mempunyai lidah terpanjang di jagat raya. Ukuran lidahnya mencapai panjang 10.1 cm yang dihitung dari pertengahan lidah (yang terlihat) sampai ujung lidah yang mencapai pangkal lehernya. Pengukuran oleh GWR ini dilakukan di California, Amerika pada tanggal 27 Nopember 2012 yang lalu dan belum pernah terpecahkan hingga sekarang. Hmm, sepertinya dia akan kesulitan ketika memakan es krim.

Jenggot Terpanjang di Dunia

historyinorbit.com

Pemegang rekor dunia sebagai orang yang memiliki jenggot terpanjang jatuh kepada seorang warga negara Kanada keturunanan India, dia adalah Sarwan Singh. Jenggot miliknya itu tercatat sebagai pemecah rekor dunia karena memiliki panjang hingga hampir 2,5 meter. Rekor yang dicatat di Roma, Italia pada tahun 2010 ini hingga sekarang belum memiliki tandingan yang bisa mengalahkannya.

Wanita Terpendek di Dunia

imgarcade.com

Jyoti Kisanji Amge yang berasal dari India dinobatkan sebagai wanita terpendek di dunia. Pada ulang tahunnya yang ke-18, Jyoti diukur di sebuah rumah sakit swasta di Nagpur, India untuk memastikan dirinya bahwa ia adalah wanita terpendek di dunia dengan “tinggi” 62 cm sekaligus mengambil alih rekor ini yang sebelumnya dipegang oleh Bridgette Jordan.

Sebelumnya, ia sudah terlebih dahulu memegang rekor dunia sebagai remaja perempuan terpendek. Dalam sebuah fase wawancara, Jyoti mengungkapkan, “Dengan mendapatkan catatan rekor ini, aku merasa lebih bangga kepada diriku sendiri.” Demikianlah hal yang mungkin kita anggap sebagai kekurangan bisa menjadi sisi positif.

Lelaki Terpendek di Dunia

bussinessinsider.com

Apabila tadi perempuan terpendek, maka berikutnya adalah laki-laki terpendek di dunia. Chandra Bahadur, itulah nama lelaki tersebut. Lelaki yang dilahirkan pada tanggal 30 Nopember 1939 dan tinggal di Nepal itu berhasil memecahkan rekor lelaki terpendek di dunia karena tingginya hanya 55 cm. Tepat 2 bulan yang lalu, Chandra meninggal dunia di usianya yang ke 75.

Mulut Terlebar di Dunia

youtube.com

Francisco Domingos Joaquim dinobatkan sebagai orang yang memiliki mulut paling lebar sedunia. Sekilas, mulutnya memang nampak biasa, akan tetapi, bila dibuka dengan menggunakan tangan, lebarnya bisa mencapai 16 cm! Dengan ukuran sebesar itu, mulutnya bisa digunakan untuk menyimpan sebotol minuman kaleng. Pencatatan rekor dunia ini dilakukan di kota Roma, Italia di tahun 2010. Rekor ini belum juga terpecahkan hingga sekarang.

Mata Paling Menonjol di Dunia

nbcnews.com

Wanita yang bernama Kim Goodman ini mampu menonjolkan matanya hingga 12 mili keluar dari tempat asalnya! Wow! Penobatan Kim, yang asalnya dari Amerika Serikat ini, sebagai manusia dengan mata paling menonjol di dunia dilakukan di kota Istanbul, Turki pada tanggal 2 Nopember 2007.

Kulit Paling Melar di Dunia

hna.de

Garry Turner, seorang pemuda berkebangsaan Inggris, bisa meregangkan kulitnya hingga mencapai sepanjang 6.25 cm. Kondisi seperti ini merupakan kondisi yang sangat langka dan biasa disebut dengan Sindrom Ehlers-Danlos, yaitu gangguan yang terjadi pada jaringan kulit. Dengan kelebihannya tersebut, pada tanggal 29 Oktober 1999, ia dinobatkan sebagai manusia dengan kulit paling melar di dunia oleh Guinness World Records. Antara keren dan menjijikkan ya.

Lidah Terlebar di Dunia

mirror.co.uk

Byron Schlenker memegang rekor dunia sebagai orang yang mempunyai lidah paling lebar sedunia. Dan sepertinya, anaknya juga akan meneruskan jejak ayahnya tersebut. Keunikan genetik yang terjadi di Inggris ini sangatlah langka. Belum ada manusia dengan lidah selebar ini sebelumnya.

Kembar Paling Berat di Dunia

mcguirebros.com

Kembar tersebut bernama Billy dan Benny McGuire. Sebab mereka bisa menjadi seperti itu adalah diawali dengan menyesuaikan pekerjaannya. Awalnya, mereka berdua merupakan pegulat profesional yang tentu saja membutuhkan berat yang ekstra dari orang pada umumnya.

Hingga pada tahun 1978, berat Billy dan Benny mencapai 337 kg dan 327 kg. Menurut mereka, berat tersebut belum maksimal dan ingin lebih berat lagi hingga 350 kg. Namun rupanya, cita-citanya kandas. Setahun kemudian, Billy meninggal karena terjatuh di air terjun Niagara, Kanada. Sedangkan Benny meninggal karena sakit jantung pada tahun 2001.

Tinggalkan komentar