Yuk Persiapkan Sambut Ramadhan Mulai Hari Ini

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)……” (QS Al Baqarah 185).

Tak sampai 80 hari lagi Ramadhan akan kembali menyapa kita. Suasana menyenangkan dan penuh dengan potensi pahala sudah terbayang di pelupuk mata.

Agar kamu tidak kelimpungan menyambut bulan istimewa umat Islam ini, yuk persiapkan secepatnya. Beberapa persiapan yang bisa kamu cicil mulai detik ini sebagai berikut.

Segera Lunasi Hutang Puasa

www.majalahembun.com

Bagi kaum perempuan biasanya memiliki hutang puasa yang cukup banyak. Selain siklus menstruasi bulanan, perjalanan mudik menjelang lebaran menambah banyaknya hutang puasa.

Coba buka lagi catatanmu berapa hari kamu membayar hutang puasa. Segera lunasi mulai esok hari. Jika kamu bisa membayar hutang puasa esok hari mengapa harus menunda-nundanya.

Ingatlah bahwa hutangmu dengan Allah, Tuhan yang memberimu kehidupan sampai detik ini. Bukan dengan manusia yang bisa dengan mudah kamu berikan alasan. Jadi jangan sepelekan hutang puasamu ya.

Mulai Menabung

www.1mobile.co.id

Meskipun selama puasa hanya makan 2 kali yaitu saat sahur dan buka puasa, namun kenyataannya pengeluaran di bulan ramadhan jauh lebih besar dibandingkan hari-hari biasa.

Menahan haus dan lapar seharian membuatmu mewajibkan diri memilih menu sahur dan buka puasa yang istimewa dan bergizi. Belum lagi kudapan khas ramadhan yang mau tidak mau ikut dibeli.

Mulailah menabung hari ini untuk persiapan bulan ramadhan. Jadi saat ramadhan tiba kamu tidak perlu pusing tujuh keliling memikirkan pengeluaran yang membengkak. Tinggal jalani ramadhan dengan amal ibadah yang terbaik.

Pikirkan juga anggaran untuk bersedekah di bulan ramadhan. Agar kamu bisa meraih keberkahan ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Bayar Hutang Janji

hatisuhati.mywapblog.com

“Kapan-kapan ya. Insyaa Allah aku mampir ke rumah nengokin si kecil.”

Dalam berinteraksi dengan sahabat, kerabat, dan keluarga tidak jarang kita mudah mengucapkan janji. Terlebih adanya sosial media. Padahal kewajiban seorang muslim adalah menepati janji.

Sebelum ramadhan hadir, ada baiknya kamu segera memenuhi janjimu satu persatu. Catat janji yang telah kamu buat. Agendakan untuk memenuhinya satu per satu.

Jangan jadikan memenuhi janji sebagai beban. Namun berpikirlah bahwa silaturahim akan memanjangkan umur dan membuka pintu rezeki.

Siap Siaga Cari Tiket Mudik

emyou.wordpress.com

Salah satu penyemangat masyarakat Indonesia menjalani hari-hari berat adalah mudik lebaran. Sudah terbayang hangatnya berkumpul dengan keluarga besar. Senyuman lebar dan juga rezeki melimpah dari pintu yang tidak disangka.

Sudah bukan rahasia bahwa tiket perjalanan menjelang lebaran tidak hanya harganya melonjak, namun juga cukup sulit didapatkan. Baik tiket kereta api, pesawat terbang, sampai bus semuanya ramai diperebutkan.

Mulai hari ini pantengin situs pemesanan tiket perjalanan on line. Pilih tanggal keberangkatan dan harga yang sesuai dengan kantongmu. Persiapkan juga tiket kembali ke tanah rantau.

Persiapkan Ruhiyahmu

www.findspicture.com

“Wahai oang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al Baqarah 183).

Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk mendelete dosa selama satu tahun yang lalu. Jangan sampai kamu lupa bahwa tujuan utama Allah memerintahkan kamu berpuasa adalah agar kamu bertaqwa.

Kamu perlu menambah amalan sunnah seperti puasa senin kamis, sholat duha, sholat tahajud, membaca Al Qur’an dan lain-lain. Mulai tetapkan target amal yang akan dicapai selama ramadhan. Tulis dengan jelas dan tempelkan di dinding kamar.

Persiapan terakhir yang tidak kalah penting adalah jawaban atas pertanyaan, “Kapan kamu nikah?” Hahaha pertanyaan ini adalah langganan setiap lebaran.

Tinggalkan komentar