Sejarah Asus Hingga Bisa Menjadi Perusahaan Besar Saat Ini

Nama Asus sudah terdengar familiar di telinga kita. Kata Asus diadopsi dari empat huruf terakhir dari kata Pegasus. Pegasus merupakan kuda bersayap dalam mitologi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan.

Asus menggambarkan tentang kekuatan, kemurnian, dan jiwa petualang dari kuda bersayap ini, dan dapat terbang tinggi menuju puncak dengan produk-produk yang diciptakan.

Industri teknologi informasi Taiwan telah berkembang dengan pesat selama beberapa waktu terakhir dan Taiwan menjadi salah satu pemain domain di pasar global. Dan Asus adalah salah satunya.

Asus ini bermula pada tahun 1989, disaat empat insinyur komputer di antaranya Wayne Hsieh, Ted Hsu, MT Liao dan TH Tung berencana mendirikan perusahaan baru untuk memajukan industri TI Taiwan. Dari nama yang dipilih adalah Pegasus, dan akhirnya hanya diambil empat huruf terakhir menjadi Asus.

Produk asus
www.adrianoize.com

Dulu Asus berkantor di Taipei, Taiwan. Dan dulunya hanya bergerak dibidang konsultasi komputer dan tidak memproduksi hardware sendiri. Kemudian semenjak berhasil membuat dan menjual motherboard dengan prosesor Intel 486 di akhir 80-an, Asus mengembangkan diri ke konstruksi hardware.

Saat ini Asus telah menjadi semakin berkembang. Dari tahun 2005 mulainya go public, motherboard Asus terpasang 29,2% komputer dekstop yang terjual sepanjang tahun 2009.

Untuk mengefisiensi dan memaksimalkan kinerja perusahaan, di tahun 2007 Asus membagi diri dengan menjadi tiga perusahaan berbeda, di antaranya adalah Pegatron yang berfokus pada produksi komponen PC dan perangkat dari OEM.

Kemudian yang kedua adalah Unihan yang sebagai manufactur perangkat Non-PC. Dan yang ketiga adalah Asus sendiri yang fokus pada produksi notebook dam sistem komputer. Hingga saat ini terus memproduksi berbagai macam produk.

Tinggalkan komentar