Fakta dan Sejarah Sepak Bola

FAKTA SEJARAH SEPAK BOLA – Siapa yang tidak kenal Sepakbola ? Olahraga ini merupakan olahraga paling populer di dunia. Olahraga ini dimainkan hampir di seluruh penjuru dunia. Bahkan anggota FIFA (Federation International Football Association) lebih banyak dari anggota PBB (Persatuan Bangsa Bangsa).

Coba nih tonton video comeback terbaik yang pernah terjadi sepanjang sejarah sepakbola.

Sebanyak 240 juta penduduk dunia bermain sepak bola. Angkat tersebut adalah 4 % dari seluruh penduduk dunia. Pada awal nya Sepak Bola dimainkan oleh kaum adam, namun beberapa tahun terakhir sepak bola juga dimainkan secara aktif oleh kaum hawa. Turnamen sepak bola tingkat dunia sudah dimulai sejak 1988 atau 30 tahun setelah Piala Dunia Sepak Bola pertama.

Di Indonesia Sepak Bola juga menjadi Olahraga paling populer mengalahkan Bulu Tangkis. Walaupun prestasi Sepak Bola indonesia yang tidak sebagus Bulut Tangkis, Masyrakat Indonesia tetap mencintai sepakbola indonesia. Fanatisme Sepak Bola indonesia juga sangat tinggi, itu terbukti saat pertandingan klub sepak bola lokal yang tidak pernah sepi.

Walaupun diterpa berbagai masalah di internal asosiasi sepak bola indonesia, antusiasme masyarakat pada timnas sepak bola tidak pernah padam. Stadion Bung Karno selalu dipenuhi penonton setiap Timnas menjamu lawan di kandang.

Sejarah Sepak Bola indonesia dimulai dari zaman penjajahan belanda, kemudian masuk pada zaman dibentuknya asosiasi Sepak Bola indonesia, lalu mulainya era awal digulirnya kompetisi antar klub dan masuk ke sepak bola indonesia di masa sekarang ini. Berikut ini adalah fakta fakta sejarah sepakbola indonesia yang perlu kamu ketahui.

Sepakbola Hindia Belanda / Masa Penjajahan Belanda

Sejarah Sepak bola Hindia Belanda / Masa Penjajahan Belanda

Masa penjajahan Belanda di nusantara ikut berperan dalam memperkenalkan masyarakat Hindia-Belanda kepada olahraga-olahraga yang sedang marak di Eropa seperti kriket dan sepak bola.

Sama halnya seperti di Eropa pada waktu itu, di Hindia-Belanda pun mulai berdiri klub atau perkumpulan olahraga yang sebagian besar didirikan oleh ekspatriat atau orang Belanda yang sedang berada di Indonesia, para keturunan China, dan juga sebagian kecil keturunan Arab. Namun ada juga warga pribumi yang pernah bersekolah di Eropa membawa olahraga tersebut ke tanah air atau warga pribumi yang hanya mengikuti mode olahraga pada waktu itu.

Kompetisi Era Hindia Belanda

Dalam sistem kompetisi sepak bola Hindia Belanda, hampir setiap kota memiliki sebuah federasi sepak bola. Federasi ini merupakan gabungan dari beberapa klub lokal dan kompetisi antar klub-klub lokal dijalankan oleh federasi tersebut. Setiap tahunnya dipilih pemain-pemain terbaik dari klub-klub lokal yang ada untuk mewakili federasi tersebut dalam kompetisi antar kota (Stedenwedstrijden). Kompetisi sepak bola lokal pertama kali diadakan di Surabaya pada tahun 1902, lalu di Batavia pada tahun 1904, dan di Medan pada 1907.

Berdirinya NIVB

Pada tanggal 20 April 1919, empat federasi sepak bola kota terpenting di pulau Jawa, yaitu Batavia (WJVB), Surabaya (SBV), Bandung (BVB), dan Semarang (Semarangsch Voetbal-bond en Omstreken/SVO) membentuk sebuah badan nasional dengan nama Nederlandsch-Indische Voetbal Bond (NIVB). Statuta mereka secara resmi diakui oleh pemerintah Hindia Belanda pada 20 Oktober 1919. NIVB juga diangkat menjadi anggota FIFA pada tanggal 15 April 1924, dan ditetapkan pada 24 Mei 1924.

Jumlah federasi anggota NIVB meningkat setiap tahunnya dan pada tahun 1930 mereka telah memiliki 7 anggota federasi, yaitu Batavia (VBO), Surabaya (SBV), Bandung (BVB), Semarang (SVO), Malang, Yogyakarta, dan Sukabumi, dan 4 federasi lain tengah dalam proses menjadi anggota yaitu federasi Oost Sumatera (berpusat di Medan), Makassar, Banjarmasin, dan HNVB (Semarang).

Kapten tim seorang dokter

Dalam sejarah piala dunia menyebutkan bahwa pemain-pemain Hindia Belanda kala didominasi oleh para pelajar. “Kapten timnya ialah seorang dokter, yang memakai kacamata,” ungkap wartawan The Times, saat meliput suatu pertandingan tersebut. Image kapten Pemain Hindia Belanda kala itu mengenakan kostum oranye, celana warna putih dan kaos kaki warna biru muda. Informasi ini beda dengan laporan yang telah lama sebelumnya, yang menyebutkan bahwa mereka adalah pegawai yang bekerja untuk pemerintah kolonial.

BACA JUGA: 16 Fakta dan Sejarah Permainan Sepak Bola di Dunia

Berdirinya PSSI

Sejarah Sepak Bola - Berdirinya PSSI

PSSI dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta dengan nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Sebagai organisasi olahraga yang lahir pada masa penjajahan Belanda, kelahiran PSSI ada kaitannya dengan upaya politik untuk menentang penjajahan.

Apabila mau meneliti dan menganalisa lebih lanjut saat-saat sebelum, selama, dan sesudah kelahirannya hingga 5 tahun pasca proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, terlihat jelas bahwa PSSI lahir dibidani oleh muatan politis, baik secara langsung maupun tidak, untuk menentang penjajahan dengan strategi menyemai benih-benih nasionalisme di dada pemuda-pemuda Indonesia yang ikut bergabung.

PSSI didirikan oleh seorang insinyur sipil bernama Soeratin Sosrosoegondo. Ia menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Teknik Tinggi di Heckelenburg, Jerman, pada tahun 1927 dan kembali ke tanah air pada tahun 1928.

Sebagai seorang pemuda yang gemar bermain sepak bola, dia menyadari kepentingan pelaksanaan butir-butir keputusan yang telah disepakati bersama dalam pertemuan para pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928 (Sumpah Pemuda). Soeratin melihat sepak bola sebagai wadah terbaik untuk menyemai nasionalisme di kalangan pemuda sebagai sarana untuk menentang Belanda. Untuk mewujudkan cita-citanya itu, Soeratin rajin mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh sepak bola di Solo, Yogyakarta, dan Bandung. Pertemuan dilakukan dengan kontak pribadi secara diam-diam untuk menghindari sergapan Polisi Belanda (PID). Kemudian, ketika mengadakan pertemuan di hotel kecil Binnenhof di Jalan Kramat 17, Jakarta, Soeri, ketua VIJ (Voetbalbond Indonesische Jakarta), dan juga pengurus lainnya, dimatangkanlah gagasan perlunya dibentuk sebuah organisasi sepak bola nasional. Selanjutnya, pematangan gagasan tersebut dilakukan kembali di Bandung, Yogyakarta, dan Solo yang dilakukan dengan beberapa tokoh pergerakan nasional, seperti Daslam Hadiwasito, Amir Notopratomo, A. Hamid, dan Soekarno (bukan Bung Karno). Sementara itu, untuk kota-kota lainnya, pematangan dilakukan dengan cara kontak pribadi atau melalui kurir, seperti dengan Soediro yang menjadi Ketua Asosiasi Muda Magelang.

Kemudian pada tanggal 19 April 1930, berkumpullah wakil dari VIJ (Sjamsoedin, mahasiswa RHS), BIVB – Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (Gatot), PSM – Persatuan sepak bola Mataram Yogyakarta (Daslam Hadiwasito, A. Hamid, dan M. Amir Notopratomo), VVB – Vortenlandsche Voetbal Bond Solo (Soekarno), MVB – Madioensche Voetbal Bond (Kartodarmoedjo), IVBM – Indonesische Voetbal Bond Magelang (E.A. Mangindaan), dan SIVB – Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (Pamoedji). Dari pertemuan tersebut, diambillah keputusan untuk mendirikan PSSI, singkatan dari Persatoean Sepak Raga Seloeroeh Indonesia. Nama PSSI lalu diubah dalam kongres PSSI di Solo pada tahun 1930 menjadi Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia sekaligus menetapkan Ir. Soeratin sebagai ketua umumnya.

Perkembangan PSSI

Dalam perkembangan PSSI saat ini telah memperluas jenis kompetisi dan pertandingan yang dikelolanya. Berikut kompetisi yang diselenggarakan oleh PSSI.

  • Divisi utama diikuti oleh pemain berstatus non amatir.
  • Divisi satu diikuti oleh klub dengan pemain non amatir.
  • Divisi dua diikuti oleh klub dengan pemain non amatir.
  • Divisi tiga diikuti oleh klub dengan pemain amatir.

Kelompok pemain yang diikutkan berdasarkan umur

  • Dibawah usia 15 tahun.
  • Dibawah usia 17 tahun.
  • Dibawah usia 19 tahun.
  • Dibawah usia 23 tahun.

BACA JUGA: 5 Fakta Sejarah Sepak Bola Indonesia

Era Perserikatan dan Galatama

Sejarah Sepak Bola - Era Perserikatan dan Galatama

Perserikatan

Perserikatan atau Persyerikatan adalah kompetisi sepak bola Indonesia yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 1931. Cikal bakal kompetisi ini dimulai ketika pada tanggal 19 April 1930, PSM Yogyakarta (PSIM Yogyakarta) bersama dengan VIJ Jakarta (sekarang Persija Jakarta), BIVB Bandung (Persib Bandung), IVBM Magelang (PPSM Magelang), MVB Madiun (PSM Madiun), SIVB Surabaya (Persebaya Surabaya) dan VVB Solo (Persis Solo) turut membidani kelahiran PSSI dalam pertemuan yang diadakan di Societeit Hadiprojo Yogyakarta. Setelah melalui perbagai pertemuan akhirnya disepakati berdirinya organisasi induk yang diberi nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia (PSSI) pada tahun 1931 dan berkedudukan di Mataram. Sejak tahun itu pulalah kompetisi tahunan antar kota/perserikatan diselenggarakan.

Liga Sepak Bola Utama (Galatama)

Liga Sepak bola Utama disingkat Galatama adalah sebuah liga sepak bola semi profesional pertama di Indonesia sebelum diganti Liga Indonesia pada tahun 1994. Liga Galatama ini adalah pohon sepak bolanya profesional Indonesia sedangkan akar sepakbola Indonesia adalah Kompetisi Perserikatan.

Sampai tahun 1979 Kejuaraan Nasional Perserikatan merupakan satu-satunya kompetisi tingkat nasional di Indonesia. Kejuaraan Nasional Perserikatan bersifat amatir. Mulai tahun 1979 Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyelenggarakan kompetisi sepak bola semiprofesional, diberi nama Liga Sepak Bola Utama disingkat menjadi Galatama. Galatama merupakan salah satu pioner kompetisi semiprofesional dan profesional di Asia selain Liga Hong Kong.

Galatama tidak dibagi dalam beberapa divisi (kecuali pada musim tahun 1983 dan 1990 terdiri dari 2 divisi). Sampai musim kompetisi 1982 Galatama memperbolehkan adanya pemain asing. Salah satu pemain asing yang terkenal di kompetisi Galatama adalah Fandi Ahmad (Singapura) yang memperkuat Niac Mitra. Ia berhasil mengantarkan klubnya menjuarai Galatama sehingga memperoleh penghargaan dari Kota Surabaya sebagai warga kehormatan Surabaya. Sayang setelah itu Fandi Ahmad harus keluar dari Indonesia karena adanya larangan penggunaan pemain asing di Galatama.

Pamor Galatama dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Terlebih sejak dikeluarkannya pelarangan pemain asing, kemudian adanya kecurigaan main mata antar beberapa klub, diperparah isu suap. Galatama bukan hanya ditinggalkan penonton, satu per satu klub pesertanya mengundurkan diri.

Klub yang Pernah Berkiprah di Kompetisi GALATAMA

  1. Aceh Putra (1990-1994)
  2. Pardedetex (1979-1984)
  3. Mercu Buana (1987-1994)
  4. Medan Jaya (1987-1994)
  5. Semen Padang (1983-sekarang)
  6. Pusri Palembang (1987-1989)
  7. Jaka Utama Lampung (1983)
  8. Lampung Putra (1987-1989)
  9. Warna Agung Jakarta (1979-1989)
  10. Jayakarta (1979-1982)

Liga Indonesia

Sejarah Sepak Bola - Liga Indonesia

Liga Indonesia atau disingkat Ligina adalah kompetisi sepak bola antarklub di Indonesia. Liga Indonesia diselenggarakan pertama kali pada tahun 1994 dan merupakan penggabungan dari 2 kompetisi sebelumnya, Liga Sepak Bola Utama (Galatama) dan Perserikatan. Liga Indonesia berada di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Format Liga Indonesia sejak musim 1994-95

Musim 1994-95: 34 tim, dua wilayah, Barat dan Timur
Musim 1995-96: 31 tim, dua wilayah, Barat dan Timur
Musim 1996-97: 33 tim, tiga wilayah, yakni Barat, Tengah, Timur
Musim 1997-98: 31 tim, tiga wilayah, yakni Barat, Tengah, dan Timur. Kompetisi dihentikan karena situasi politik dan ekonomi di Indonesia tidak memungkinkan melanjutkan kompetisi
Musim 1998-99: 28 tim, tiga wilayah, yakni Barat, Tengah, dan Timur. Masing-masing wilayah dibagi menjadi 2 grup
Musim 1999-00: 28 tim, dua wilayah, yakni Barat dan Timur
Musim 2001: 28 tim, dua wilayah, yakni Barat dan Timur
Musim 2002: 24 tim, dua wilayah, yakni Barat dan Timur
Musim 2003: 20 tim, satu wilayah
Musim 2004: 18 tim, satu wilayah
Musim 2005: 28 tim, dua wilayah, yakni Barat dan Timur
Musim 2006: 28 tim, dua wilayah, yakni Barat dan Timur
Musim 2007-08: 36 tim, dua wilayah, yakni Barat dan Timur. Kompetisi berjalan tidak sesuai waktu yang direncanakan. Dimulai pada 10 Februari 2007 dan berakhir 10 Februari 2008.

Sebutan Nama-nama Supporter Bola Indonesia

  • The Jakmania (Persija)
  • Viking (Persib)
  • Aremania (Arema Malang)
  • Kampak Fans Club (PSMS Medan)
  • Sriwijaya Mania Bersatu (Sriwijaya FC Palembang)
  • Bonex (Persebaya)
  • Pasoepati (Persis Solo)

ISL vs LPI

Sejarah sepak bola - ISL vs LPI

Indonesia Super League (ISL)

Pada tahun 2008, PSSI menyelenggarakan Indonesia Super League (ISL) sebagai liga sepak bola profesional pertama di Indonesia, menggantikan Divisi Utama sebagai kompetisi kasta tertinggi. PSSI melakukan seleksi ketat bagi tim-tim yang akan berpartisipasi di ISL, meliputi standar stadion, aspek finansial, dan profesionalitas.

Kompetisi ISL sukses diselenggarakan selama 3 tiga musim, yakni musim 2008-09, 2009-10, dan 2010-11, dan rutin diikuti 18 klub dalam satu wilayah. Masalah terjadi pada musim 2008-09 saat muncul Liga Primer Indonesia (LPI) dan tiga tim (Persema Malang, Persibo, Bojonegoro, PSM Makassar) memutuskan membelot di tengah jalan. Namun kompetisi tetap berjalan dan diikuti 15 klub. Persipura menjadi tim yang paling banyak meraih gelar pada kompetisi ini. Mutiara Hitam setidaknya dua kali mengangkat torfi juara, yakni 2008/09 dan 2010/11. Sedangkan Arema FC merebut gelar juara 2009/10.

Liga Primer Indonesia (LPI)

Pada 8 Januari 2011 LPI diselenggarakan oleh Konsorsium PT Liga Primer Indonesia yang dimotori oleh pengusaha Arifin Panigoro. LPI tidak berafiliasi dengan PSSI, sehingga menjadi ajang tandingan terhadap Liga Super Indonesia (ISL) yang diselenggarakan oleh PSSI.

Kompetisi ini diikuti oleh 19 klub yang tidak tergantung pada dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) namun mengandalkan dana bantuan dari konsorsium.

FIFA sempat menganggap LPI sebagai breakaway league. Namun Seiring dengan kisruh di tubuh PSSI dan dibentuknya Komite Normalisasi (KN) PSSI oleh FIFA, KN kemudian memutuskan untuk mengakui secara resmi LPI sebagai liga yg berjalan di bawah pengawasan PSSI.

LPI hanya menyelesaikan putaran pertama saja. Selanjutnya, klub-klub LPI mencoba masuk ke kompetisi resmi PSSI melalui jalur merger dengan klub-klub yang selama ini telah menjadi anggota resmi PSSI.

Berikut adalah daftar juara LSI :

  1. 2008/2009 Persipura (Jayapura)
  2. 2009/2010 Arema (Malang)
  3. 2010/2011 Persipura (Jayapura)
  4. 2011/2012 Sriwijaya FC (Palembang)

Juara LSI ini akan dicatat dalam sejarah Liga Indonesia karena saat itu LSI adalah liga resmi di bawah pengelolaan PT Liga Indonesia dan dibawah lisensi PSSI. Kompetisi ISL adalah kompetisi setelah LIga Indonesia yang di gelar semenjak tahun 1994/1995.

Pele Pemain Legendaris Pertama

Sejarah Sepak Bola - Pele Pemain Legendaris Pertama
johnbenitez.com

Nama aslinya adalah Arantes di Mascimento atau lebih dikenal dengan sebagai pele. Di lahir pada 23 Oktober 1940 dan menjadi seorang legenda sepak bola dunia yang berasal dari Brasil. Selama Karirnya sebagai pemain, pele berhasil membawa Brasil menjadi juara dunia sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Vhili dan pada tahun 1970 di Meksiko.

Yang menemukan bakat Pele adalah mantan pemain Brasil atau yang bernama waldemar de Brito. Saat itu Pele menginjak usia 11 tahun, pria yang lahir pada 23 oktober 1940 tersebut tumbuh dan menjadi pemain yang sangat gemilang dibawah asuhan Waldemar. Pada usia 15 tahun Pele mulai direkrut oleh salah satu klub yang bernama Santos. Dalam waktu setahun ia langsung mengawali debut di Santos dengan sebuah gol saat klubnya bertemu dengan Corinthians, September 1956. Di waktu itu publik meyakini bahwa legenda sepak bol dunia telah lahir.

Di usianya yang ke 17, Pele memulai debut di piala dunia Swedia 1958. Kala itu juga Brasil pertama kalinya berhasil merebut gelar Piala Dunia. saat itu prestasi sangat gemilang dengan mencetak sebanyak 6 gol. Pele mengegolkan kemenangan ketika melawan Wales, mencetak hattrick ketika melawan Perancis di semifinal dan mencetak dua gol ketika Brazil membungkam swedia 5-2 di laga final.

 

Pertandingan Dengan Skor Imbang Dengan Pencetak Gol 1 Orang

Sejarah Sepak Bola - Pertandingan Dengan Skor Imbang Dengan Pencetak Gol 1 Orang
www.avfc.co.uk

Ketika Aston Villa berhadapan Leicester City ditahun 1976, berakhir imbang 2-2. Namun taukah kamu siapakah yang membuat gol pada laga itu? Adalah Chriss Nicholl, pemain asal Aston villa ini mencetak 4 gol dari 4 gol yang terjadi pada pertandingan itu.

Christopher John “Chris” Nicholl (lahir Oktober 1946 12) [1] adalah mantan pemain sepak bola internasional Irlandia Utara kelahiran Inggris yang kemudian bekerja sebagai pelatih dan manajer.

Karirnya bermain

Nicholl lahir di Macclesfield. Ia bermain untuk Burnley (1963-1966) (tidak ada penampilan liga), Witton Albion, Halifax Kota (1968-1969) (42 penampilan liga, 3 gol) dan Luton Town (1969-1972) (penampilan 97 liga, 6 gol), sebelum membangun dirinya sebagai pusat-setengah dengan Aston Villa (1972-1977) (210 penampilan liga, 11 gol). Dia kapten sisi untuk kemenangan atas Everton di Piala Liga 1976/1977 setelah dua replay final. Replay kedua diingat untuk Nicholl mencetak salah satu tujuan terbesar dalam setiap pertandingan Aston Villa, halaman empat puluh meninggalkan footer yang membantu mengambil pertandingan ke perpanjangan waktu.

Dalam Satu pertandingan Divisi melawan Leicester City pada tahun 1976, ia mencetak semua empat gol (dua dari mereka gol sendiri) di imbang 2-2. [2]

Ia menandatangani untuk Southampton pada bulan Juni 1977 dan menjadi tulang punggung dari sisi yang sukses. Dia mencetak delapan gol dalam 228 penampilan liga, sebelum bergabung Grimsby Town pada Agustus 1983, untuk siapa ia membuat 70 penampilan liga dalam tiga tahun.

 

Stadion Terbesar Di Dunia

www.stadiumguide.com

Stadiun Estadio Azceta, Meksiko. merupakan stadion terbesar didunia, memiliki kapasitas 150.000 penonton. Stadion ini diproyeksikan oleh arsitek Pedro Ramírez Vázquez dan Rafael Mijares Alcerra. Nama stadion, Aztec, adalah penghormatan kepada masyarakat kuno yang tinggal di wilayah tersebut. Stadion ini dibangun di atas lava tanah dari gunung berapi padam Xitle. Konstruksi dimulai pada tahun 1962 dengan penunjukan 12 arsitek, insinyur 34, 15 teknisi, dan 800 pekerja yang terus bekerja untuk mendirikan salah satu dunia stadion terbesar.

Selain stadiun Estadio Azceta, Ada beberapa stadiun yang memiliki kapasitas 40.000 kursi penonton atau lebih dan layak untuk digunakan sebagai turnamen final Piala Dunia FIFA, berikut daftarnya.

  • Rungnado May Day

Lokasi: Pyongyang, Korea Utara

Kapasitas: 150.000 penonton

Luas lapangan utama: 22.500 m²

Dibuka pada: 1 Mei 1989

  • Bukit Jalil National Stadium

Lokasi: Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia

Kapasitas: 100.o24 penonton

Ukuran lapangan: 68 m x 105 m

Dibuka: 11 September 1996

Direnovasi dan diperluas: 1 Januari 1998

  • Melbourne Cricket Group

Lokasi: East Melbourne, Victoria, Australia

Kapasitas: 100.000 penonton

Ukuran lapangan: 171 m x 146 m

Dibuka pada: 1854

  • Camp Nou

Lokasi: Barcelona

Kapasitas: 99.354 penonton

Ukuran lapangan: 105 m x 68 m

Dibuka pada: 24 September 1957

Direnovasi: 1995, 2008

Diperluas: 1982

BACA JUGA: Bagi Kamu Para Pencinta Bola Pasti Tahu 5 Stadion Terbesar Di Dunia Ini

Pemain Pertama yang Mendapatkan Kartu Merah

caszely www.radio24.ilsole24ore.com a
Pemain asal chili ini merupakan pemain yang pertama kali terkena kartu merah saat mengiktui piala dunia, tanggal 14 Juni 1974. Cazsely bermain untuk beberapa tim sepak bola di karirnya, termasuk Colo-Colo (1968-1973), Levante UD (1973-1974), RCD Espanyol (1974-1978), akhirnya kembali ke Colo-Colo (1978-1983). Selama pembukaan 1.974 pertandingan Piala Dunia FIFA melawan Jerman Barat, Caszely diberi kartu merah oleh wasit pertandingan, Dogan Babacan, menjadi pemain pertama yang akan dikirim dengan cara ini. Kartu merah dan kuning sudah diperkenalkan di Piala Dunia terakhir (1970). Di Piala Dunia 1982 ia gagal mengeksekusi penalti melawan Austria.

Momen yang mengenaskan terjadi ketika pertandingan menghadapi Austri di pertandingan perdana, akan tetapi pertandingan berjalan dengan lancar dan cili bersemangat meskipun tertinggal terlebih dahulu. Di menit selanjutnya akhirnya Cili mendapat kesempatan untuk menyamakan kedudukan dengan hadiah pinalti. sebetulnya dalam penalti tersebut akan dieksekusi oleh striker Gustavo Moscoso, entah mengapa tandemnya, Carlos Cazely, tiba-tiba menyerobot dan mengambil tendangan penalti tersebut.

Tendangan Caszely ternyata dapat ditebak dan tidak membuahkan gol, Caszely pun disalahkan sepenuhnya karena tidak dapat menyamakan kedudukan, semenjak itu prestasi Caszely yang menjadi topskor ke tiga disepanjang sejarah timnas Cili ternoda gara-gara aksi konyol yang dilakukannya. Semenjak kejadian itu Cili tidak pernah lagi bangkit, kemudian dihajar Jerman Barat 4-1.

Skor Tertinggi Di Dunia

www.anggaputra.com

Kemenangan Australia terhadap Samoa 31 – 0 pada kualifikasi Piala Dunia tahun 2002, pada tanggal 11 April 2001 sampai saat ini masih tercatat sebagai rekor resmi kemenangan terbesar yang tercipta di level Internasional.

Untuk level klub, ada beberapa pertandingan yang berujung dengan skor yang mencengangkan. Yang paling mencengangkan diantaranya adalah ketika SC Adema melawan Stade Olympique L’Emyrne dengan skor 149-0 pada pertandingan di Liga Madagaskar, 31 Oktober 2002. Skor yang aneh itu dipicu karena L’Emyrne merasa dicurangi oleh wasit ketika ditahan imbang DSA Antananarivo 2-2 di pertandingan sebelumnya. Hasil itu membuat L’Emyrne dipastikan gagal merebut gelar juara dalam pertandingan playoff yang melibatkan empat tim.

Sebagai bentuk protes, para pemain dan pelatih L’Emyrne sepakat untuk membobol gawang sendiri saat menghadapi Adema. Total L’Emyrne melakukan gol bunuh diri sebanyak 149 kali di sepanjang pertandingan. Skor 149-0 hingga kini masih tercatat sebagai hasil pertandingan paling besar dalam laga sepak bola di level klub, dan tercatat di Guiness Book of Records.

Federasi Sepak Bola Madagaskar menghukum pelatih L’Emyrne, Zaka Be, selama tiga tahun tak boleh berkecimpung di sepak bola. Sedangkan empat pemain L’Emyrne, Mamisoa Razafindrakoto, Nicolas Rakotoarimanana, Dominique Rakotonandrasana, dan Manitranirina Andrianiaina terkena sanksi dua tahun.

Svein Grøndalen, Pemain yang Cedera Karena Ditabrak Rusa

www.dagbladet.no

Umumnya seorang pemain mendapatkan cedera karena insiden yang terjadi ketika dilapangan hijau, namun berneda dengan pemain asal Norwegia ini. Namanya Svein Grondalen, dia harus rela tidak berlaga kualifikasi Piala Dunia 1970 karena cedera setelah ditabrak rusa saat joging.

Svein Grøndalen adalah mantan pemain sepak bola dari Norwegia, seperti banyak orang lain di depannya. Lahir di Halden, Grøndalen memiliki karir yang cukup sukses. Dia umumnya dimainkan sebagai sayap kiri-belakang atau bek tengah, dan tercatat untuk “fisik” gaya bermain.
Ketika ia berguling menuruni bukit, ia menderita luka di kaki kirinya. Setelah memeriksa apakah rusa yang telah meninggalkan, ia tertatih-tatih kembali ke kota dan telah kakinya dijahit oleh Rosenborg klub fisio.
Ia harus menarik diri dari tim nasional untuk pertandingan internasional melawan Finlandia namun, dan karena cerita hampir tidak bisa dipercaya ini ia segera diangkat ke status kultus pahlawan.
Jika Anda memiliki melihat beberapa dunia yang paling aneh sepak bola-luka, Anda hampir yakin untuk menemukan nama Svein Grøndalen pada daftar di suatu tempat.

 

Sejarah Sepak Bola Dunia

gizmodo.com
gizmodo.com

Sejarah perkembangan sepak bola Dunia berkembang dengan pesat dari masa ke masa. Pada tahun 1820 olahraga sepak bola sudah dimainkan di area lapangan kampus terkenal seperti Cambrigde, Amhers, Havard dan lain-lain. Kemudian pada tahun 1848 peraturan sepak bola didiskusikan pertama kali di Universitas Cambrigde. Berikut ini adalah beberapa catatan penting dalam perkembangan sejarah olahraga sepak bola.

  • Pada tahun 1863 dibentuk asosiasi sepak bola Inggris yaitu FA.
  • Pada tahun 1885 Adanya pertandingan di luar Inggris yaitu Kanada vs Amerika.
  • Pada tahun 1886 pertama kali mengadakan rapat untuk membahas pembentukan asosiasi sepak bola Dunia.
  • Pada tahun 1888 ada seorang wasit yang bertugas memimpin jalanya pertandingan dan mempunyai hak penuh atas pelanggaran-pelanggaran dan memberikan keputusan yang tidak dapat diganggu gugat.
  • Pada tahun 1888 peraturan tendangan pinalti mulai diberlakukan.
  • Pada tahun 1904 organisasi FIFA dibentuk dengan anggota Prancis, Swedia, Spanyol, Belanda, Swiss dan Belgia.

 

Pada tahun 1908 sejarah sepak bola berlajut saat itu mulai menjadi olahraga dalam olimpiade yang mengadakan kejuaraan Dunia pertama. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui yaitu pada tahun 1938 BBC berhasil mejadi televisi siaran pertama yang menayangkan olahraga sepak bola.

Pada tahun 1966 dalam sejarah untuk pertama kalinya televisi mempunyai  sebuah fitur yang ketika terjadi sebuah gol akan disiarkan ulang. Oleh karena itu hal ini menjadi catatan sejarah yang baik dari keberhasilan sepak bola sebagai hiburan rakyat yang akhirnya menjadi olahraga yang digemari seluruh dunia.

China Adalah Negara Pertama yang Memainkan Olahraga Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola, Tsu Chu
aldizero.wordpress.com

Mungkin banyak orang mengira kalau bangsa yang pertama kali memainkan sepak bola adalah bangsa Inggris, namun sebenarnya jauh sebelum bangsa inggris memainkan si kulit bundar ini, peradaban bangsa China lah yang diyakini pertama kali memainkan sepak bola.

Sekitar 5000 sebelum Masehi, di china permainan sepak bola ini dikenal dengan nama Tsu Chu. Permainan ini dimainkan oleh para tentara China dengan tujuan melatih fisik mereka, kemudian permainan ini dipertandingkan juga saat kaisar kerajaan China sedang merayakan ulang tahun.

Sejarah Sepak Bola di Inggris

wikipedia.org
wikipedia.org

Ketika masa kerajaan Edward II di negara Inggris, dia melarang olahraga sepak bola dengan alasan pada permainan sepak bola terdapat banyak tindakan kekerasan yang mengarah pada aksi brutal hingga perkelahian yang disebabkan tidak adanya aturan yang jelas. Akhirnya pada tahun 1369 Raja Edward II mencabut kembali larangan yang telah dia buat dan meginzinkan kembali permainan sepak bola.

Namun seiring berjalanya saat masa kerajaan Ratu Elizabeth 1 pada tahun 1572  olahraga sepak bola kembali dilarang. Sang ratu memberikan hukuman tegas apabila ada rakyatnya yang tetap bermain sepak bola maka akan dimasukan kedalam penjara.

Pada Akhirnya tahun 1680 Raja Charles II mencabut kembali larangan bermain sepak bola. Rakyat inggris sangat senang dengan berita tersebut dan sang raja pun memberikan perlindungan bagi siapapun yang ingin melakukan permainan sepak bola.

 

Sejarah Berdirinya FIFA

gizmodo.com
gizmodo.com

Demi kemajuan sepak bola akhirnya pada tahun 1904 membentuk organisasi sepak bola Internasional yaitu FIFA (Federation Internationale de Football Association). Slogan yang digunakan FIFA adalah “for the Game, for the World” yang memiliki makna yaitu permainan sepak bola akan menyatukan seluruh bangsa. Hal ini di buat setelah terjadinya perang dunia. Kota Zurich Swiss mejadi markas dari organisasi FIFA, disanalah pusat semua hal yang berhubungan dengan olahraga sepak bola.

FIFA mempunyai tugas yaitu mengatur transfer pemain, mempromosikan sepak bola, memberikan gelar pemain terbaik Dunia, menerbitkan daftar peringkat sepak bola Dunia setiap bulan dan mengawasi setiap pertandingan resmi FIFA.

Berikut ini adalah beberapa badan asosiasi regional dari berbagai negara yang diawasi langsung oleh FIFA.

  • UEFA (Union of European Football Associations) merupakan asosiasi olahraga sepak bola untuk benua Eropa.
  • CONCACAF (The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football) merupakan asosiasi olahraga sepak bola untuk negara Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia
  • CONMEBOL (Confederación Sudamericana de Fútbol) merupakan asosiasi olahraga sepak bola untuk benua Amerika Selatan.
  • AFC (The Asian Football Confederation) merupakan asosiasi olahraga sepak bola untuk negara-negara di Asia.
  • CAF (Confederation of African Football) merupakan asosiasi olahraga sepak bola untuk benua Afrika.
  • OFC (Oceania Football Confederation) merupakan asosiasi olahraga sepak bola untuk benua Oceania.

Sepak Bola Pertama Kali di Mainkan di China Bernama Tsu Chu

Sejarah Sepak Bola, Tsu Chu
aldizero.wordpress.com

Mungkin banyak orang mengira kalau bangsa yang pertama kali memainkan sepak bola adalah bangsa Inggris, namun sebenarnya jauh sebelum bangsa inggris memainkan si kulit bundar ini, peradaban cina lah yang diyakini pertama kali memainkan sepak bola.

Sekitar 5000 sebelum Masehi, di china permainan sepak bola ini dikenal dengan nama Tsu Chu. Permainan ini dimainkan oleh para tentara china dengan tujuan melatih fisik mereka, kemudian permainan ini dipertandingkan juga saat kaisar kerajaan China sedang merayakan ulang tahun.

FIFA, Organisasi Sepakbola Pertama di Dunia

Kantor FIFA
rt.com

Diawal tahun 1900an, sepak bola mulai populer di seluruh penjuru dunia, namun perkembangannya tersendat karena tidak adanya wadah atau organisasi yang mengurusisecara khusus olahraga yang satu ini. Akhirnya pada tanggal 21 Mei 1904, dibentuklah sebuah organisasi yang mengurusi sepak bola yang ada diseluruh dunia. Nama yang digunakan pada waktu itu adalah Federation Internatinale de Football Association (FIFA) yang berkantor di kota Zurich, Swiss. Ketika itu, yang diangkat menjadi sebagai presiden pertama FIFA adalah Robert Guerin.

Sepak Bola Menjadi Salah Satu Olahraga di Olimpiade

Olimpiade Sepak Bola di tahun 1908
wikipedia.org

Untuk pertama kalinya, sepak bola menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade tahun 1908 di London Inggris, masuknya sepakbola dalam olimpiade tentu semakin membuatnya populer di dunia.

Piala Dunia Pertama di Uruguay

Piala Dunia Pertama, timnas uruguay
footkablog.blogspot.com

Pada tahun 1930, untuk pertama kalinya FIFA mengadakan Piala Dunia FIFA, kejuaraan dunia sepakbola antar negara ini berlangsung di Uruguay dari dari 13-30 juli 1930. Diikuti 13 tim yang berasal dari benua Amerika dan Eropa, saat itu Uruguay berhasil menjadi juara ketika di final mengalahkan Argentina dengan skor 4-2.

Jepang dan Korea Selatan Negara Pertama Penyelenggara Piala Dunia di Benua Asia

Piala Dunia 2002, Brazil pemenangnya
soccer.com

Hampir setiap penyelenggaraan piala dunia, sering kali yang menjadi tuan rumah adalah negara yang berasal dari benua Amerika dan Eropa, namun saat piala dunia 2002, yang menjadi tuan rumah adalah negara yang berasal dari benua Asia, yaitu Jepang dan Korea Selatan. Piala dunia ini berlangsung di dua negara, dimulai tanggal 31 Mei-30 Juni 2002. Dan yang menjadi juara dunia saat itu adalah Brazil setelah di final mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

Klub Tertua di Dunia

Klub Tertua di Dunia, Sheffield FC
gilabola.com

Klub yang tertua di dunia adalah Sheffield FC yang dibentuk tahun 1857. Sheffield FC ini dibentuk oleh kolonel Nathaniel Cresswick dan Mayor William Priest, keduanya adalah anggota militer kerajaan Inggris.

Bermain Bola dengan kaki Telanjang

India Bermain bola tanpa alas kaki
wikipedia.org

Pada tahun 1950, India berhasil lolos ke putaran final piala dunia yang berlangsung di Brasil, namun disayangkan mereka memilih mundur karena waktu itu mereka tidak di izinkan untuk bermain bola dengan kaki telanjang tanpa menggunakan alas kaki dan sepatu.

Penonton Terbanyak

Penonton terbanyak saat final piala dunia 1950
bolabanget.com

Jumlah penonton terbanyak sepanjang masa terjadi ketika pertandingan final piala dunia tahun 1950 di Brasil, antara tuan rumah Brasil dengau itu uruguay. Waktu itu jumlah penonton yang menyaksikan langsung di stadion mencapai 199.584 orang.

Mengkartu Merah Wasit

Kartu Merah Wasit
kunc.org

Apa jadinya bila wasit yang lazimnya memberi kartu merah pada pemain malah memberi kartu merah pada dirinya sendiri? Hal ini pernah terjadi di tahun 1998. Saat itu Martin Sylvester yang berasal dari Inggris, memberikan kartu merah kepada dirinya sendiri, alasannya karena dia telah memukul pemain.

BACA JUGA: Kamu Penggemar Berat Sepakbola? Kamu Harus Tahu Sejarah Munculnya Kartu Kuning

Anfield

Stadiun Anfield
stadiumguide.com

Buat para fans Liverpool pasti kenal dengan yang namanya Anfield, markas tim Liverpool ini pada awalnya adalah milik Everton, namun saat The Toffes pindah, pemilik stadion Anfield memdirikan tim baru yang bernama Liverpool.

Cedera konyol

Cedera Konyol
whoateallthepies.tv

Umumnya seorang pemain cedera karena insiden yang terjadi ketika dilapangan hijau, namun tidak dengan pemain asal Norwegia ini. Namanya Svein Grondalen, dia harus merelakan laga kualifikasi Piala Dunia 1970 karena cedera setelah ditabrak rusa saat joging.

Pele

legenda sepak bola, pele
sisepuedemx.com

Pele sang legenda sepak bola, adalah pemain bola pertama yang menyebut sepakbola dengan istilah “The Beautiful game”.

Chriss Nicholl

Chriss nichol, Pemain Aston villa
avfc.co.uk

Aston Villa berhadapan Leicester City ditahun 1976, berakhir imbang 2-2. Namun taukah siapa yang membuat gol pada laga itu? Adalah Chriss Nicholl, pemain asal Aston villa ini mencetak 4 gol dari 4 gol yang terjadi pada pertandingan itu.

Stadion Terbesar di Dunia

Stadiun Terbesar di Dunia, Estadio-Azteca
oranje-ek2016.nl

Stadiun Estadio Azceta, Meksiko. Adalah stadiun terbesar didunia, memiliki kapasitas 150.000 penonton.

Carlos Caszely

Pemain pertama yang mendapat kartu merah, Carlos Caszely
oranje-ek2016.nl

Pemain asal chili ini adalah pemain pertama yang terkena kartu merah saat mengiktui piala dunia, tanggal 14 Juni 1974.

Skor Terbesar di Dunia

Skor terbesar di dunia
youtube.com

Skor terbesar di dunia terjadi ketika timnas Australia menghadapi timnas Samoa Amerika yang berakhir dengan skor 31-0.

Tinggalkan komentar