Stadion Terbesar dan Bertaraf Internasional Di Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir ini kondisi sepak bola di Indonesia memang sedang dalam keadaan carut marut dan bermasalah. Mulai adanya dualisme, pembayaran gaji pemain yang tertunggak, sepak bola gajah, hingga pembekuan PSSI.

Meskipun demikian ada hal yang musti di banggakan dan dibuat motivasi agar persepak bolaan di Indonesia bisa membaik, yaitu semakin banyaknya stadion dengan standar Internasional yang dibangun. Berikut daftar stadion terbesar dan bertaraf Internasional di Indonesia.
1

Stadion Utama Gelora Bung Karno

stadion terbesar dan bertaraf internasional di Indonesia
msports.net

Stadion Gelora Bung Karno atau Stadion GBK adalah stadion yang paling terkenal dan terbaik di Indonesia. Stadion Utama Gelora Bung Karno terletak di Jl. Pintu Satu Senayan, Jakarta.

Stadion GBK dibagun pada 8 Februari 1960 dengan kapasitas awal mencapai 100.000 orang. Namun setelah direnovasi pada 2007, kapasitas tempat duduknya dikurangi menjadi sekitar 88.306 penonton.

2

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

stadion terbesar dan bertaraf internasional di Indonesia
biruhitamindonesia.blogspot.com

Stadion Gelora Bandung Lautan Api diresmikan pada tahun 2013 lalu. Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini dahulunya dikenal dengan nama Stadion Gedebage. Lokasi stadion ini di Desa Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Bandung.

Stadion ini merupakan stadion yang digunakan oleh Persib Bandung untuk menjalani partai kandang menggantikan Stadion Jalak Harupat. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 40.000 penonton. Kabaranya salah satu stadion megah di Indonesia ini bakal diberi papan billboard LED di pinggir lapangan.

3

Stadion Gelora Bung Tomo

stadion terbesar dan bertaraf internasional di Indonesia
spartacks.org

Stadion Gelora Bung Tomo mulai dikerjakan pada tahun 2007 dan diresmikan pada tahun 2010 lalu. Stadion ini adalah pengganti Stadion Gelora 10 Nopember yang digunakan oleh Persebaya  Surabaya.

Stadion yang biasa disingkat menjadi stadion GBT ini terletak di Benowo, barat kota Surabaya. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 55.000 penonton. Stadion ini adalah wujud nyata Surabaya untuk kembali meraih predikat kota penghasil atlet berprestasi.

4

Stadion Utama Riau

stadion terbesar dan bertaraf internasional di Indonesia
www.kaskus.co.id

Stadion Utama Riau selesai dibangun pada tahun 2012 lalu dan telah dipakai untuk berbagai event nasional antara lain PON RIAU, Islamic Solidarity Game, dan juga Kualifikasi Piala Asia U22 Riau.

Stadion ini memiliki kapasitas sebanyak 44.000 penonton. Fasilitas stadion ini juga sudah tersertifikasi A oleh AFC, dengan lampu, rumput, serta papan skor yang terstandar.

5

Stadion Jakabaring

stadion terbesar dan bertaraf internasional di Indonesia
www.skyscrapercity.com

Stadion Jakabaring Palembang dibangun dalam rangka persiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah PON XVI tahun 2004. Stadion ini menjadi kebanggaan rakyat Palembang karena memiliki kapasitas dan desain yang menakjubkan.

Stadion ini memiliki sertifikasi stadion A oleh AFC, sehingga stadion ini juga di percaya untuk menyelenggarakan event-event besar di dunia sepak bola seperti penyelenggaraan AFC Cup, Piala Asia, serta Sea Games.

 Demikian 5 stadion terbesar di Indonesia. Semoga bermanfaat dan terimaksih.

Tinggalkan komentar