Teknik-teknik Dalam Seni Lukis Cat Minyak

Seni lukis cat minyak merupakan proses melukis dengan menggunakan pigmen yang terikat dengan media minyak pengering. Cat minyak pada umumnya menggunakan minyak pengering seperti minyak poppyseed, minyak biji rami, minyak safflower dan minyak kenari.

Minyak yang berbeda tentunya akan memberikan berbagai efek pada cat minyak, salah satu efeknya seperti waktu pengeringan yang berbeda. Perbedaan tertentu juga dapat terlihat di kemilau cat tergantung dari minyak yang digunakan.

Seorang seniman mungkin akan menggunakan beberapa minyak yang berbeda dalam suatu lukisan yang sama, tergantung dari pigmen yang spesifik serta efek yang diinginkan. Cat sendiri juga dapat mengembangkan konsistensi tergantung dari medium.

Seni lukis cat minyak pertama kali digunakan untuk lukisan Budha oleh pelukis Cina dan India di Afghanistan barat pada abad ke-5 dan ke-10, namun baru populer pada abad ke-15 dan selama abad pertengahan. Secara umum cat minyak dibagi menjadi tiga jenis teknik, yaitu :

Teknik Basah

500px.com
500px.com

Teknik basah merupakan teknik melukis dengan terlebih dahulu mengencerkan cat minyak dengan menggunakan minyak cat. Setelah cat diencerkan dengan tingkat kekentalan tertentu, barulah dipoleskan di atas permukaan kanvas. Kuas yang biasa digunakan dalam teknik ini adalah kuas dengan bulu yang panjang.

Teknik Kering

500px.com
500px.com

Teknik kering merupakan kebalikan dari teknik basah. Melukis dengan teknik kering berarti melukis tanpa menggunakan minyak cat (linseed oil).

Kuas yang digunakan pada teknik ini haruslah dalam keadaan kering serta tidak berminyak. Untuk teknik ini disarankan menggunakan cat yang baru keluar dari dalam tube. Teknik kering cocok digunakan untuk melukis dengan kesan volume serta keruangan, seperti naturalism, realism dan surelisme.

Teknik Campuran

500px.com
500px.com

Teknik ini merupakan kombinasi antara teknik kering dan juga teknik basah. Dengan menggunakan teknik campuran, kekurangan yang ada pada teknik kering dan basah bisa saling menutupi.

Teknik ini dilakukan dengan menggunakan teknik kering terlebih dahulu yaitu dengan cara memblok warna sambil menambahkan intensitas minyak cat secara perlahan hingga finishing lukisan.

 Demikianlah sedikit ulasan tentang seni lukis cat minyak. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Terima kasih.Demikianlah sedikit ulasan tentang seni lukis cat minyak. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar