Sistem Peredaran Darah yang Terjadi di Dalam Tubuh Manusia

Pada artikel kali ini akan membahas tentang sistem peredaran darah manusia. Kamu pasti tahu jika di dalam tubuh kita ini ada sistem peredaran darah yang terdiri dari peredaran darah tertutup dan ganda. peredaran darah tertutup itu berarti peredaran darahnya akan selalu mengalir didalam pembuluh darah.

Sistem peredaran darah ganda berarti dalam satu kali beredar darah dalam tubuh kamu akan melalui jantung lalu dengan jumlah dua kali sehingga terjadi peredaran besar dan kecil. Berikut ini sedikit penjelasan tentang peredaran besar dan kecil :

  • Peredaran darah kecil. Peredaran darah kecil ini ialah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru lalu kemudian kembali ke jantung.
  • Peredaran darah besar / panjang / sistematik. Peredaran darah besar disebut juga peredaran darah Peredaran darah besar panjang atau peredaran sistematik, yang mana dalam peredaran ini darah mengalir dari ventrikel atau bilik kiri jantung lalu beredar keseluruh tubuh kamu. Dan di jaringan tubuh darah kamu akan bertukar antara oksigen ke karbohidrat.
humananatomybody.info
humananatomybody.info

Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengedarkan zat makanan ke seluruh tubuh kamu. Zat makanan berguna untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel yang rusak, dan untuk beraktivitas. Pada tubuh kamu, sistem transportasi atau peredaran darah terdiri atas tiga bagian utama, yaitu :

  1. Jantung. Letak jantung kamu adalah di rongga dada sebelah kiri, diselaputi oleh suatu membran pelindung yang disebut perikardium. Sedangkan komposisi dinding jantung terdiri atas jaringan ikat.
  2. Pembuluh Darah. Terdapat 3 jenis pembuluh darah, yaitu pembuluh vena, pembuluh kapiler, dan pembuluh nadi. Fungsi dari pembuluh darah ini adalah untuk mengalirkan darah dari jantung menuju ke jaringan tubuh kamu yang lain atau sebaliknya.
  3. Darah. Sebagai alat transportasi darah tidak hanya membawa oksigen dan karbondioksida dari paru-paru atau pun ke dalam jaringan paru-paru. Tetapi juga mengangkut bahan yang lain seperti nutrisi dan vitamin.

     

Demikian penjelasan singkat tentang sistem peredaran darah manusia, untuk alat peredaran darah dan kelainan peredaran darah akan dibahas di lain kesempatan. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan komentar