Stadion Batakan Ditargetkan Akan Selesai Pada Akhir Tahun 2016

Stadion Batakan terletak di kota Balikpapan Provinsi Kalimatan Timur. Stadion baru di pinggiran timur kota Balikpapan ini dirancang oleh sebuah perusahaan berbasis di Jakarta Empat dan merupakan lapangan sepak bola khusus meskipun mempunyai kapasitas yang cukup signifikan yaitu 40.000 orang atau penonton.

Kebanyakan stadion besar yang ada di Indonesia multi guna, sedangkan dalam kasus ini lintasan lari dipindahkan diluar, menuju ke stadion sekunder dan direncanakan hanya bagian barat yang utama.

Stadion Batakan dibangun di atas lahan kurang lebih dari 18 hektare di daerah Batakan, Balikpapan Timur. Stadion ini dibangun dengan biaya sekitar Rp1,1 triliun. Konstruksi bangunan  dimulai pada tahun 2011 dan diperkirakan akan berakhir tahun ini yaitu tahun 2016. Namun, terjadi masalah dengan terus kekurangan dana kecepatan jauh di bawah harapan. Akibatnya hanya tingkat yang lebih rendah dari tribun siap sejauh ini, sedangkan yang atas berjalan lamban. Lebih mungkin tanggal pembukaan yang sebenarnya adalah 2015, menurut informasi kami.

Sepertinya belum ada stadion di Indonesia yang tidak memiliki pagar pembatas. Tetapi stadion Batakan sudah memulainya. Dengan begitu, penonton duduk di mana pun sudut pandangnya tetap sama. Memang idealnya seperti itu. pembatas cukup memakai seperti police line saja. Mirip dengan Stadion yang berada di Inggris seperti Emirates stadium milik Arsenal.

bangunan-stadion-batakan
behabar.com

Saat ini stadion Batakan sudah mencapai pengerjaan sekitar 50% dan akan difungsikan akhir tahun 2016 ini. Stadion Batakan ini akan mejadi kandang Tim Persiba. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) merincikan dari pada progress pekerjaan lapangan sepak bola Stadion Batakan sudah memasuki tahap ketiga yaitu jenis pekerjaan tribun atas hingga akan berlanjut pemasangan konstruksi atap. Pengerjaan ditargetkan akan selesai pada tahun 2016.

Pemerintah daerah juga berharap agar di akhir tahun 2016 sehingga Stadion tersebut sudah bisa difungsikan. Dana dari pembangunan Stadion Batakan tersebut diambilkan melalui APBD Kota Balikpapan. Namun juga ada bantuan dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp 30 miliar pada tahun 2015.

Demikianlah beberapa paparan mengenai Stadion Batakan yang masih dalam proses pembangunan. Semoga bisa menjadi salah satu stadion yang baik di Indonesia yang menghasilkan bibit-bibit muda untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

Tinggalkan komentar