Pengertian dan Sumber Dana Bank

Dari mana saja sumber dana Bank? mungkin banyak diantara kamu bertanya tanya seperti itu. Seperti yang kamu ketahui jika Bank merupakan bisnis yang menawarkan simpanan dan pinjaman. Sumber dana bank didapatkan dari suatu usaha yang dilakukan oleh bank untuk mencari atau mengumpulkan dana untuk digunakan sebagai biaya operasi dan pengelolaan bank.

Dan berikut pemaparan tentang dari mana saja sumber dana bank itu:

 

Dana  dari bank itu sendiri

dana-bank
www.verzekeringenesplanade.be

Dana bank yang berasal dari bank itu sendiri maksudnya adalah uang yang dihimpun dari para pemegang saham dan juga para pemilik saham di bank tersebut. Jika dilihat secara garis besar dapat disimpulkan pencarian dana sendiri terdiri dari :

  • Setoran modal dari pemegang saham
    Setiap pemegang saham atau pemiliki saham dari bank yang bersangkutan akan menyetor Dana untuk dijadikan sumber dana bank.
  • Cadangan-cadangan bank
  • Laba bank yang belum dibagi
    Jika ada laba yang belum dibagi maka akan digunakan sembagai sumber dana bank dalam menjalankan operasionalnya setiap hari.

Dana yang berasal dari masyarakat

dana-dari-masyarakat
www.ozanyavuz.org

Dana ini merupakan dana yang diperoleh baik dari perseorangan (individu)  maupun  kelompok (seperti punya usaha bersama)  dan biasa disebut uang simpanan. Seperti yang kamu lakukan ketika kamu transfer uang ke bank atau datang ke bank langsung untuk menyimpan uang yang dapat berbentuk : Simpanan Giro, Simpanan Tabungan dan juga simpanan deposito.

Dana yang bersumber dari lembaga lainnya

lembaga
www.nivel03.com

Dana dari sumber lain ini bisa diperoleh dari Pinjaman ke Bank Indonesia,  Pinjaman dari Bank Lain di Dalam Negeri maupun luar negeri, Pembelian perjanjian, dan Obligasi (bonds). Sumber dana bank  yang terakhir  ini merupakan tambahan, dilakukan hanya jika bank mengalami kesulitan dalam pencarian sumber dana dari nomer satu atau nomer dua yang telah dijelaskan diatas. Dan kemudian dana yang diperoleh dari sumber dana ini digunakan untuk membiayai transaksi tertentu.

Produk Perbankan

Dalam menjalankan usaha dan kegiatannya, bank memiliki beberapa produk andalan sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat, produk-produk tersebut adalah:

1. Tabungan

Tabungan adalah suatu kegiatan penyimpanan dana yang dilakukan oleh nasabah, dimana nasabah bisa mengambil simpanannya setiap saat.

2. Tabungan berjangka

Tabungan berjangka merupakan suatu kegiatan penyimpanan dana yang dilakukan oleh nasabah, dimana nasabah bisa mengambil simpanannya setelah jangka waktu tertentu. Seperti setelah satu bulan, dua bulan dst. Tabungan berjangka disebut juga sebagai deposito berjangka.

3. Sertifikat deposito

Sertifikat deposito merupakan surat berharga yang berbentuk deposito berjangka dimana surat buktinya bisa dijualbelikan.

4. Giro

Giro merupakan bentuk simpanan yang penarikan dananya bisa dilakukan kapan saja, dengan catatan pengambilan dana tersebut hanya bisa diambil dengan menggunakan cek atau giro bilyet.

5. Deposit on call

Deposit on call adalah suatu simpanan yang selalu berada di bank dan pengambilannya dapat dilakukan setelah ada pemberitahuan dari pihak nasabah yang bersangkutan.

6. Loan deposit

Loan deposit merupakan suatu pinjaman bank yang dititipkan di bank lain untuk pengambilan sewaktu-waktu.

7. Deposit automatic roll over

Deposit automatic roll over merupakan suatu sistem bank yang berkaitan dengan deposito, suatu keadaan dimana ketika deposito telah jatuh tempo maka secara otomatis deposito tersebut langsung diperpanjang beserta dengan bunganya.

Itulah tadi Sumber dana bank.  dan usaha yang dilakukan oleh bank untuk mencari atau menghimpun dana nantinya digunakan untuk sebagai biaya operasi dan pengelolaan bank.

Tinggalkan komentar