Sumber Pengetahuan Ilmu Filsafat

Dalam artikel kali ini akan diuraikan apa saja Sumber filsafat itu. Mungkin diantara kamu ada yang belum tahu apa itu filsafat? Mari kita simak uraian dibawah ini.

Filsafat mulai muncul saat  orang-orang di dunia mulai memikirkan dan mendiskusikan soal keadaan alam, dunia, dan serta soal lingkungan di sekitar . Mungkin diantara kamu banyak yang bertanya-tanya mengapa filsafat muncul di daerah Yunani, di daerah lain seperti di Babilonia, Israel atau di daerah Mesir ataupun di daerah arab. Menurt sejarah di Yunani, tidak seperti di daerah-daerah lain.

Tidak ada kasta pendetadi yunani sehingga secara intelektual orang lebih bebas. Thales dari Mileta adalah filsuf pertama di yunani, atau daerah Mileta itu sekarang di pesisir barat Turki. Tetapi filsuf-filsuf Yunani yang terbesar dan terkenal di dunia saat ini adalah Sokrates, Plato, dan Aristoteles.

Jika dilihat secara hariah Filsafat berasal dari kata Philo yang berarti cinta dan Sophos yang berarti ilmu atau hikmah, jadi  bisa kita simpulkan jika filsafat secara istilah berarti cinta terhadap ilmu atau hikmah. Sedangkan jika dilihat dari konsepsi filsuf besar Yunani Kuno Aristoteles Filsafat adalah “episteme” merupakan suatu kumpulan yang teratur dari pengetahuan rasional dengan objek yang tepat.

sumber-filsafat
www.intermetaux.ch

Jadi berdasakan konsepsi filsuf filsafat dan ilmu merupakan pengetahuan rasional, yakni pengetahuan yang diperoleh dari pemikiran dan  rasio. Herbert mengatakan jika filsafat berarti suatu pekerjaan yang timbul dari pemikiran.

Menurut pemikiran Aristoteles, sumber filsafat (epistem) atau pengetahuan rasional itu dapat dibedakan menjadi tiga bagian::

  1. Pengetahuan praktis (Praktike)
  2. Pengetahuan produktif (Poletike)
  3. Pengetahuan teoritis (Theoretike)

Dan selanjutnya Theoritike atau pengetahuan teoritis dibedakan menjadi tiga oleh Aristoteles ,dengan sebutan sebagai berikut:

  • Pengetahuan matematika ( Mathematike)
  • Pengetahuan fisika (Physike)
  • Serta yang terakhir Prote philosophia (filsafat pertama)

Berfilsafat itu  berarti kamu  merendahkan hati, bahwa tidak semuanya akan pernah kita ketahui dalam alam semesta yang seakan tak terbatas ini.

Sumber filsafat Terbagi atas 3 bagian: logika, metafisika dan estetika (etika termasuk di dalamnya). Demikian penjelasan singkat mengenai beberapa pengertian filsafat dan sumber filsafat semoga dapat menambah wawasan kamu.

Baca juga : Tips agar Kamu Bisa Memilih Jurusan Kuliah dengan Tepat

Buat Kamu yang Belajar di Universitas, Inilah 5 Jurus Jadi Mahasiswa Berkualitas

Tinggalkan komentar