10 Fakta Menarik Tentang Sungai Nil yang Dapat Menambah Wawasanmu!

Sungai nil merupakan Sungai terpanjang didunia dan juga merupakan terpanjang di bumi adalah Sungai Nil, Sungai ini berada di afrika, sungai nil ini memiliki panjang kurang lebih sekitar 6.650 kilometer. Nah berikut ini pembahasan tentang sungai Nil yang perlu kamu tahu.

sungai nil - sungai
via: buzznigeria.com

  1. Sungai Nil berasal dari Burundi yang berada di sebelah selatan garis khatulistiwa lalu kemudian mengalir ke arah utara, melewati negara Afrika dan akhirnya bermuara di laut Mediterania.
  2. Nil merupakan sungai terpanjang terpanjang di dunia dan juga terpanjang di muka bumi ini.
  3. Sungai Nil melewati 9 Negara, dan hanya 22% bagian sungai yang melewati Mesir. Berikut Negara negara lain yang dilewati oleh aliran Sungai Nil adalah Kenya, Uganda, Rwanda Sudan, Burundi, Ethiopia, dan Tanzania.
  4. Dimesir sungai nil melewati beberapa kota diantaranya adalah kota Kairo, Aswan, Karnak, Thebes, Khartoum, Gondokoro, dan Alexandria.
  5. Sungai Nil Biru dan juga sungai Nil Putih merupakan anak sungai dari sungai Nil. Kebanyakan air di sungai Nil berasal dari sungai Nil Biru yang memberikan kontribusi kurang lebih sekitar 50% dari keseluruhan jumlah air.
  6. Sungai Sobat dan Sugai Bahr al Ghazal merupakan anak sungai utama dari Sungai Nil
  7. Danau Victoria , Ripon Falls, dan Sungai Kagera dan anak sungainya yang disebut Ruvubu yang berada di Burundi dianggap sebagai sumber air dari Sungai Nil.
  8. Sungai Nil dapat menyebabkan banjir besar yang bisa menenggelamkan sekaligus merendam pemukiman yang ada disekitar sungai serta menenggelamkan lahan pertanian maka dari itu sungai nil selain dianggap sebagai karunia tapi juga sebagai pembawa petaka.
  9. Bendungan Aswan yang terletak di seberang Sungai Nil di Aswan, Mesir merupakan Sebuah bendungan baru yang disebut High Dam untuk membendung aliran sungai sehingga tidak terjadi banjir bandang yang dapat menenggelamkan pemukiman serta lahan pertanian. Dan bendungann ini dibangun antara tahun 1960 dan 1970.
  10. Sungai Nil merupakan habitat bagi spesies buaya yang mematikan yang hidup di tepian sungai Nil.

Tinggalkan komentar