Mengenal Pengertian dan Jenis Tanah Vulkanik

Tanah vulkanik adalah tanah yang terbentuk dari lapukan material cair maupun padat yang keluar dari letusan gunung berapi.  Tanah vulkanik mengandung unsur hara yang sangat tinggi, sehingga tanah vulkanik cocok  digunakan untuk kegiatan agraris atau pertanian. Tanah vulkanik dapat kamu jumpai pada wilayah sekitar lereng gunung berapi.

Tanah vulkanik muncul ketika terjadi letusan gunung berapi. Letusan tersebut memuntahkan aneka material yang sangat panas ke udara. Salah satunya adalah abu vulkanik. Ketika keluar dari perut gunung. abu vulkanik tersebut sangat panas dan pekat yang dapat membahayakan. Namun, ketika suhu abu vulkanik sudah dingin, abu yang melapisi permukaan tanah bisa meningkatkan kesuburan tanah.

tanah vulkanik
richedwardsimagery.wordpress.com

Tanah vulkanik terbagi dalam 2 jenis.

  • Tanah Vulkanik Regosol
    yaitu tanah vulkanik yang berwarna abu-abu hingga kuning. Struktur butiran tanah vulkanik jenis ini  kasar dan mengandung sedikit bahan organik. Tanah vulkanik regosol sangat cocok jika digunakan untuk menanam buah-buahan, palawija dan tembakau.
  • Tanah Vulkanik Latosol
    Tanah vulkanik latosol adalah tanah vulkanik yang berwarna merah sampai kuning. Tanah vulkanik jenis ini memiliki sifat asam dan mengandung bahan organik yang sedang. Tanah vulkanik latosol sangat cocok jika digunakan untuk menanam kopi, karet, kelapa, padi dan palawija. Tanah latosol banyak terdapat di daerah gunung berapi di Sumatra.

Itulah sedikit pengetahuan tentang tanah vulkanik, semoga bermanfaat.

Setelah kita mengetahui tentang pengertian serta pembagian tanah vulkanik, maka kita juga harus mengetahui bahwasannya tanah vulkanik juga memiliki banyak manfaat di dalam kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup yang ada di atas bumi.

Kebanyakan orang mungkin mengira bahwasannya tanah vulkanik tidak memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, namun yang perlu kita sadari bersama bahwasannya berdasarkan sebuah penelitian tanah vulkanik ternyata memiliki banyak manfaat.

Diantara manfaat tanh vulkanik di dalam kehidupan manusia adalah:

  • Menyuburkan Tanah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dialakukan oleh sebagaan ahli tanah menjelaskan bahwasannya tanah vulkanik memiliki dan mengandung nutrisi yang banyak dan sangat cocok untuk kesuburan tanaman, oleh karena sangat dianjurkan bagi anda untuk melakukan penanaman yang dilakuakan di tanah vulkanik.

  • Meningkatkan Hasil Pertanian

Selain berfungsi meningkatkan kesuburan tanah, tanah vulkanik juga dapat meningkatkan produksi hasil pertanian, oleh karena itu, jika anda melihat daerah yang berada di lereng pegunungan akan memiliki tingkat kesuburan yang tinggi jika dibandingkan dengan dareah selainnya.

  • Sebagai Tempat Pariwisata

Daerah-daerah yang dilapisi oleh tanah vulkanik biasanya memiliki karakteristik yang bagus dan indah, oleh karena itu tempat-tempat seperti ini menjadi tempat yang sangat potensial untuk dijadikan tempat pariwisata.

Itulah beberapa pembahasan mengenai tanah vulkanik, semoga bisa bermanfaat bagi kita terkhususnya dalam memanfaat tanah vulkanik.

 

Tinggalkan komentar