Resep dan Cara Praktis Membuat Telur Pindang

Pindang cara pengolahan dengan menggunakan garam sebagai bahan rendaman. Jadi bisa dibayangkan bukan telur pindang itu seperti apa? Telur pindang adalah salah satu jenis masakan jawa yang berasal dari telur. Telur ini direndam dan dimasak sehingga ketika dipecah akan mempunyai warna coklat keunguan.

Biasanya telur pindang disantap bersama dengan gudeg, karena memang telur pindang ini berasal dari Yogyakarta. Mungkin kamu sudah mengetahui wujud telur pindang ini namun tidak pernah tahu namanya. Bahkan ketika beli kamu hanya akan menyebutkan telur saja.

Telur pindang ini mempunyai wujud seperti telur rebus tapi berwarna coklat, warna coklat tidak hanya ada pada permukaannya saja tapi juga sampai merasuk ke sekitar kuning telur. Kamu yang baru tahu mungkin mengira itu bukanlah telur ayam biasa.

Telur pindang dimakan bersama dengan gudeg dan sambal krecek akan terasa sangat nikmat sekali, dengan rasa manis gudeg, pedas sambal dan rasa gurih unik dari telur pindang. Telur pindang bisa kok kamu buat sendiri di rumah, kamu tidak perlu membeli karena cara pembuatannya cukup mudah.

IMG_20150209_110353

Ada beberapa bahan yang harus disiapkan untuk bisa menyajikan telur pindang, mungkin saat ini kamu sedang membayangkan kenikmatan telur pindang dan membuat air liurmu menetes. Bahan yang kamu siapkan dibawah ini bisa untuk 10 porsi telur pindang.

Bahan yang pertama adalah telur ayam sebanyak 10 butir, siapkan daun salam 5 embar, lengkuas yang sudah dimemarkan sepanjang 4 cm, 1 sendok teh garam, daun jambu batu sebanyak 5 lembar dan terakhir 2 batang serai yang sudah dimemarkan dengan cara dipukul.

Kita masuk dalam cara pembuatannya ya, sangat simple kok. Yang pertama adalah siapkan panci yang sudah diberi air, kemudian masukkan semua bahan-bahan di atas dan rebus selama 30 menit. Ingat! Semuanya ya, tanpa terkecuali. Jadi dalam memasak telur pindang tidak ada step-step yang membingungkan kamu yang mungkin seorang pemula.

Selanjutnya angkat rebusan telur dan sedikit retakkan cangkang kulit dan rebus kembali selama 45 menit. Setelah selesai angkat telur dan buka cangkang telur pindang. Bagaimana hasilnya? Sangat praktis kan?

 

Tinggalkan komentar