Taman Rekreasi Umbul, Tempat Wisata Kota Madiun Peninggalan Belanda

Taman Rekreasi Umbul merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kota Madiun. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Glonggong, kecamatan Dolopo yang berada 20 km ke arah selatan Kota Madiun.

www.pergiberwisata.com
www.pergiberwisata.com

Dalam sejarahnya, tempat wisata ini merupakan peninggalan Belanda yang berada di Madiun. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit di era 1900an. Namun dikarenakan kurangnya perawatan, tempat wisata ini semakin ditinggalkan dan tertelan zaman.

Menyadari hal tersebut, Pemerintah Madiun mulai mengambil tindakan untuk mempopulerkan kembali tempat wisata ini. Di tahun 2010, dana sebesar 10 miliar rupiah pun dicairkan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur sebagai dana renovasi tempat wisata ini.

Dari dana sebesar itu, sekitar 400 juta rupiah digunakan untuk biaya pembuatan Detail Engineering Design (DED). Sedangkan sisanya yang berjumlah sekitar 9,6 miliar rupiah digunakan untuk melakukan renovasi serta pemulihan tempat wisata yang nyaris mati ini.

Renovasi yang dilakukan antara lain adalah pembangunan pagar keliling, renovasi serta penambahan sangkar-sangkar dan koleksi binatang, water boom, kios, rumah makan, tempat bermain anak, dan berbagai penyegaran fasilitas-fasilitas lainnya.

Bahkan, Taman Rekreasi Umbul juga menyediakan penginapan setelah renovasi tersebut. Renovasi yang dilakukan menjadikan tempat ini semakin memiliki banyak fasilitas serta memberikan banyak kenyamanan.

Renovasi ini selesai dan kembali diresmikan pada tahun 2012 dengan berbagai bentuk penyegeran. Tempat wisata ini kembali tampil ke hadapan publik dalam kondisi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Tinggalkan komentar