7 Tips Praktis Agar Kamu Betah, Nyaman dan Penuh Semangat di Kota Perantauan

Entah kamu sekolah, kuliah atau mencari nafkah, berada di kota rantauan selalu memunculkan kesukaran tersendiri di dalam hati. Pastinya juga banyak hal yang berkecamuk dalam pikiran.

Tentang bagaimana hidup di kota baru, tentang bagaimana tabiat dan sifat orang – orang baru. Soal tempat dan menu makan yang baru, soal kamar dan suasana yang tiba – tiba berubah sangat asing.

Suka atau tidak, kamu harus mulai terbiasa, percayalah bahwa dimanapun hidupnya manusia selalu bisa beradaptasi. Beberapa tips di bawah ini harusnya bisa membuat kamu lebih betah, nyaman dan tersenyum kembali di kota rantauan.

Buat Kegiatan Rutin yang Baru

flickr.com

Lakukanlah hal yang baru, ciptakan rutinitas baru. Jangan terlalu skeptis dan pesimis tentang apapun tentang kebaruan. Variasi pada segala sesuatu yang baru akan membuat hari – hari kamu menjadi lebih fresh.

Selain kesibukan kerja kamu, kamu tentu akan punya banyak waktu luang. Cobalah untuk berteman dengan penduduk setempat, jadilah turis dan telusuri kota dan tentu saja wisata kuliner unik di kota baru kamu.

 

Libatkan Diri Dengan Warga Sekitar

youtube.com

Saat kamu benar – benar luang dan tidak ada angenda, jangan ragu untuk terlibat dalam berbagai kesibukan kampung. Kamu bisa turut berkontribusi pada kerja bakti bulanan.

Atau malahan kamu menyempatkan diri untuk menjadi guru gratis anak sekitar. Jika diundang untuk menghadiri rapat pemuda, jangan takut untuk hadir dan berpendapat secukupnya.

Sebagai warga baru, bersikaplah antusias, rendah hati dan penuh penghargaan terhadap penduduk sekitar.

 

Jadilah Petualang di Kota Baru Kamu

blog.reservasi.com

Saat kebetulan ada long weekend yang berharga, jangan pernah sia – siakan. Kamu bisa menyusuri berbagai lokasi wisata alam, wisata budaya hingga ‘wisata’ transportasi kota kamu yang baru.

Jangan ragu untuk mendaki pegunungan atau menikmati sunset dan sunrise di pantai kamu yang baru. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di tempat baru kamu, jadi jangan pernah lewatkan weekend hanya dengan tidur malas – malasan di dalam kamar.

 

Wisata Kuliner Kemanapun Kamu Suka

flickr.com

Setelah lapar karena mengelilingi kota, kamu bis acoba berbagai kuliner khas kota tempat kamu tinggal sekarang. Mulai dari kuliner pinggir jalan yang murah meriah hingga kuliner mewah ala restoran megah.

Tentu saja jangan sampai lupa untuk mencari warung makan dekat rumah tinggal kamu. Karena tentu saja warung – warung makan sederhana itulah yang akan menemani keseharian sarapan dan makan malam kamu.

 

Kenangan Kota Lama Bukan Jangan Dibuang

hipwee.com

Kampung halaman dan kota yang sebelumnya kamu tinggali memang penuh kenangan. Itulah mengapa kamu tidak perlu membanding – bandingkannya dengan kota baru kamu yang sekarang.

Kenangan biarlah menjadi cerita yang membuat kamu senyum – senyum sendiri atau berkaca – kaca saat mengingatnya. Kelak semua kenangan itu akan jadi pelajaran berharga yang bisa kamu tuturkan dan ceriterakan pada anak cucumu.

 

Belanja Barang yang Membuat Kamu Nyaman

paforopi.blogspot.com

Tidak perlu membaca barang koleksi ke kota baru kamu. Ciptakanlah suasana kamar yang baru dnegan barang – barang yang baru. Buku baru, hiasan dinding baru, tempat perkakas baru dan apapun hal lain yang baru.

Beli yang kamu inginkan, buat dirimu nyaman, namun jangan lakukan pemborosan dan buang – buang uang.

 

Bersabarlah, Karena Bersabar Itu Indah

unsplash.com

Kalau kamu pernah benar – benar mencermatinya, bukankah bersabar itu indah? Hidup dengan keikhlasan dan penerimaan tentang apapun saja, tidakkah itu sungguh menentramkan hati?

Bersabarlah, kamu akan terbiasa. Bersabarlah, karena bersabar itu indah. Bangunlah lebih pagi, hadapi sinar mentari dan pejamkanlah mata, rasakan perlahan dingin mulai tercerabut oleh hangatnya matahari pagi.

Seperti itulah kesabaran yang hakiki, ia menyingkapkan dinginnya kesunyian dengan kehangatan harapan masa depan. Jadi, maukah kamu bersabar untuk dirimu sendiri?

Selamat bersabar di kota baru yang penuh harapan!

Tinggalkan komentar