Tips Hemat Mengelola Gaji Buat Kamu yang Baru Memulai Karir

Gaji, gaji dan gaji. Yah, skill mengelola gaji memang harus dimiliki oleh setiap insan manusia. Bagaimana enggak? Seringkali kita kehabisan akal dan waktu cuma buat mikirin bagaimana caranya gaji kita bisa mencukupi minimal sampe akhir bulan.

Hal yang kayak gini cuma bisa kamu rasain ketika kamu lulus kuliah atau ketika mulai merintis karir. Semua idealis dulu yang pernah ada, sekarang lenyap dan akhirnya kita sadar bahwa semuanya Cuma bisa kita raih hanya dengan kerja keras.

Bayangan soal hidup enak, mapan dan sukses nggak bisa semata-mata terwujud dalam waktu yang sekejap. Semua itu butuh waktu dan proses. Nah, dari sekian tahap yang bakalan kamu lalui. Kamu pasti bakalan ngelewatin masa ini. Yaitu masa dimana gaji kamu masih minim atau pas-pasan.

Jangan pernah putus asa kalo kamu masih dapetin gaji yang minim diawal karir-mu. Yaiyadong, gak mungkin dihari pertama kita memulai kerja kita langsung dapet duit triliyunan bahkan milyaran. Semuanya butuh proses. Cuman bagaimana sih caranya kita menyikapi/menyiasati gaji kita yang minim?

Kalo kamu punya kebutuhan hidup yang banyak, tapi gaji kamu masih dibawah rata-rata. Tenang Guys gausah khawatir. Kali ini satujam bakal ngebahas sedikit cara agar kamu bisa tetep kenyang, walau tanggal akhir melanda. Penasaran? Yuk langsung aja cek dibawah ini.

Anggaran Belanja

shoppinglist
http://shopsmartja.com/

Belanja itu sering bikin kita lupa daratan. Kadang-kadang kita belanja ini itu, eh gak sadar ternyata udah abis aja beberapa ratus aja udah abis. Buat ngehindarin kejadian seperti itu, kamu bisa menyisihkan 30% dari gaji kamu buat anggaran belanja.

Tapi belum sampai disini, dari yang 30% itu kamu harus bagi dua. Sebagian untuk awal bulan, sebagian lagi untuk akhir bulan. Kamu juga bisa meng-costumize bagiannya misal kalo kamu lebih banyak membutuh kan pengeluaran diawal, maka bagian belanja awal bulan bisa dilebihkan.

Tapi ingat, semua itu nggak boleh lebih dari 30%! Apapun yang terjadi anggaran yang kamu sisihkan untuk belanja hanyalah 30%. Maka berpintar-pintarlah dalam berbelanja.

Simpan Bon atau Struk Belanja

http://assets-a1.kompasiana.com/

Konyol memang, tapi cukup ampuh buat ngatasin masalah keuangan kamu. Coba kumpulin semua struk-struk belanja yang ada dalam satu tempat yang sering dilewati. Gunanya biar ketika kamu mau belanja lagi, kamu bisa inget kalo kamu udah belanja banyak bulan ini.

Dengan begitu, senggaknya kamu bisa sedikit lebih tahan buat belanja. Sekali-kali kamu juga harus sering-sering ngeliat tuh dan itung berapa jumlah total pengeluaran belanja 2 atau 3 bulan terakhir.

Kalo misal ketika ditotal udah sampe 2 Juta, kamu bisa lebih mikir dengan uang 2 juta itu kamu bisa buat beli apa selain belanja. Entah itu untuk bayar kuliah, atau mungkin buat modal bisnis biar uang kamu bisa muter lagi.

Masak Nasi Sendiri

WhiteRice
http://spinningcook.com/

Apa hubungannya nasi dengan gaji kita? Well, gak bisa dipungkiri lagi kalo uang gaji kita lebih banyak dihabiskan untuk urusan perut. Nah dengan memasak nasi sendiri, kamu bisa ngurangin tuh budget makanan yang menggunung.

Coba kalo kamu makan di warteg atau atau restoran lain, kamu bisa ngabisin uang 10-20rb sekali makan. Coba kalikan 3 dan jumlah pengeluaran hingga sebulan. Total semuanya bisa sampe 1 juta!

Kalo kamu masak nasi sendiri, kurang lebih kamu bisa menghemat 2 hingga 5rb setiap kali makannya. Coba hitung berapa keuntungan yang bakal di dapet:

5.000 x 3 x 30 Hari = 450rb!

Tuhkan, hampir setengah dari total anggaran makan kita!

Cari Perbandingan Ketika Belanja

shopping-whats-on
http://www.burwoodplaza.com.au/

Alangkah baiknya, sebelum kamu ingin membeli sesuatu kamu harus cek dulu harga pasaran barang yang bakalan kamu beli. Dengan begitu kamu bakal terhindar tuh dari berbagai macam manipulasi harga.

Kan sekarang banyak yang tulisannya diskon 70% tapi ternyata harganya lebih mahal dari harga aslinya. Terus juga jangan sungkan-sungkan buat ngelilingin pasar atau Mall tempat kita beli barang tersebut. Jangan pernah “belanja pada pandangan pertama”  karena hal itu bisa bikin budgetmu cekak.

Nulis Catatan/Diary

IncredibleDiary
http://adsoftheworld.com/

Mungkin kalo ngeliat sub-judulnya kita bakal bingung. Buat menekan budget bahan belanja kita, kamu juga harus ngelakuin hal ini. Tulis dalam buku diary atau Catatan masa-masa ketika kamu kelaparan dan nggak punya duit.

Misalnya, hari ini kamu kelaperan. Gak bisa makan sama sekali gara-gara uang habis. Sedangkan ini masih tanggal 20. Mau pinjam temen nggak ada yang ngasih. Minta orang tua gak enak karena udah gede. Nah, momen kayak gini harus kamu tulis dalam diary. Kalo bisa sertain juga foto muka kamu ketika lagi kelaperan.

Kenapa begitu? Dengan begini kamu bisa inget kalo kamu pernah ngalamin namanya masa-masa kritis. Masa iya kamu mau ngulang lagi kejadian kayak gitu? Apalagi ngeliat foto-fotonya kita bakalan flashback nginget kejadian naas itu. Sehingga niatan untuk boros juga bakal tertahan karena gamau keulang lagi kejadian seperti itu.

Tinggalkan komentar