Tips Memotong Daging yang Benar agar Hasilnya Empuk Setelah Dimasak

Banyak diantara kalian mungkin sudah pernah mencicipi atau makan steak. Apakah steak yang kamu makan tersebut empuk atau malah keras?

Jika ternyata dagingnya keras, itu berarti salah dalam pemotongannya. Daging steak yang dipotong dengan benar akan menghasilkan daging yang empuk dan enak.

Daging sapi mempunyai serat yang lebih besar dan tebal jika dibandingkan dengan daging ayam atau daging lainnya. Ini di karenakan karena tekstur daging sapi yang lebih keras.

Dibutuhkan teknik memotong daging yang benar untuk menghasilkan daging yang empuk. Langkah yang pertama sebelum memotong daging tersebut adalah, bersihkan terlebih dulu lemak atau serat yang menempel pada daging.

Cara memotong daging sapi
kokiku.tv

Kemudian potong daging dengan melawan arah serat daging. Memotong searah dengan serat daging akan menjadikan daging menjadi alot jika sudah dimasak. Saat mengunyahnya akan membutuhkan usaha yang lebih untuk menghancurkan seratnya.

Berbeda dengan jika kita memotong dengan melawan arah serat daging. Saat dimakan akan terasa empuk karena serat pada daging akan mudah dihancurkan.

Beberapa bagian pada daging ada yang terbentuk lebih dari satu otot daging atau lebih. Maka yang harus kita lakukan adalah memisahkan terlebih dahulu selaput pembatas setiap otot, baru setelah itu daging dipotong melintang mengikuti arah serat daging.

Identifikasi serat dalam daging dapat kita lihat, seperti terdapat bentuk seperti garis menjalar ke arah tertentu. Gunakan pisau pemotong daging untuk memotong daging. Posisi berlawanan arah dengan serat daging kemudian diiris tipis-tipis.

Demikian tips cara memotong daging agar empuk. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar