5 Tips Menghindari Bahaya Ponsel

Semua orang tentu merasakan bahwa kehidupan sehari-hari menjadi sangat terbantu semenjak adanya ponsel.

Yang dulunya harus datang kesana kemari hanya cuma menanyakan suatu hal yang tidak begitu penting, sekarang bisa cukup hanya mengirim pesan atau telepon melalui ponsel.

Ingin menanyakan kabar keluarga yang posisinya jauh dari rumah, tidak perlu datang ke rumahnya. Cukup dengan ponsel informasi yang dibutuhkan mengenai kondisi keluarga yang jauh tersebut bisa didapatkan.

Tidak perlu lagi mengirim surat melalui pos untuk sekedar bertanya kabar, cukup mengirim pesan atau bahkan bisa langsung meneleponnya. Yang jelas semua hal menjadi mudah berkat adanya ponsel.

Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan ponsel secara berlebihan akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan? Ya, penggunaan ponsel bisa membahayakan kesehatan. Karena ponsel memancarkan gelombang frekuensi radio.

Dari gelombang tersebut, ternyata tubuh tidak mampu menyerap radiasinya, sehingga dapat menyebabkan gangguan beberapa organ.

Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa penggunaan ponsel dapat meningkatkan resiko terkena kanker tumor. Resiko terkena kanker tumor tersebut terletak di bagian otak yang memang seringkali bersentuhan dengan ponsel.

Jadi, perlu juga untuk menjaga diri agar bisa mengurangi efek dari radiasi ponsel. Lalu, bagaimana caranya agar bisa mengurangi efek radiasi ponsel? Berikut ini tips-tips yang bisa kamu terapkan.

Jauhkan Ponsel dari Kepala

www.heraklees.my.id

Seringkali seseorang menelepon dalam waktu yang sangat lama. Apalagi jika yang ditelepon adalah gebetan atau sudah menjadi pacar, malah bisa berjam-jam lamanya.

Bagi kamu yang pernah menelepon dalam waktu lama, apakah kamu merasakan bahwa kepala mulai pusing? Jika iya, berarti kamu terkena efek dari radiasi tersebut.

Oleh karena itu, usahakan saat menelepon tidak menyentuh bagian telinga secara langsung ponselnya. Kamu bisa menggunakan headset bluetooth untuk menghindari hal tersebut atau kamu bisa juga menggunakan loudspeaker saat menelepon.

Jauhkan dari Anak-anak

www.ummi-online.com

Saat ini sudah banyak anak-anak yang diberi ponsel oleh orangtuanya dengan dalih mempermudah dalam komunikasi. Namun, tahukah kamu bahwa anak-anak justru lebih rentan terkena efek negatif dari ponsel?

Anak-anak posisinya dalam tahap pertumbuhan. Hal ini berarti kondisi tubuh anak-anak masih kurang kuat dan tidak sekuat orang dewasa.

Oleh karena itu, agar efek negatif yang ditimbulkan ponsel tidak menyerang anak-anak, maka sebisa mungkin penggunaan ponsel harus dikurangi atau bahkan kalau bisa jangan diberikan ponsel terlebih dahulu. Jika memang terpaksa, berikan jadwal penggunaan ponsel.

Jangan Menelepon Sambil Menyetir

gustomobil.wordpress.com

Sama halnya dengan menelepon di tempat yang sinyalnya buruk. Menelepon pada saat menyetir membuat gelombang yang dihasilkan ponsel semakin meningkat. Karena sinyal ponsel akan mencari pemancar sinyal terdekat dari tempat kamu.

Jika kamu terus bergerak, berarti sinyal pada ponsel akan terus mencari pemancar terdekat. Hal ini bisa meningkatkan gelombang frekuensi radio pada ponsel.

Daerah Sinyal Buruk

katalog-handphone.blogspot.com

Tahukah kamu bahwa radiasi dari ponsel akan semakin berbahaya jika menelepon di tempat yang sinyalnya jelek? Ya, saat sinyal jelek, maka ponsel akan berusaha untuk meningkatkan pancaran sinyal. Pancaran tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya bagian kepala.

Jangan Menggunakan Alat Anti-radiasi

www.tokopedia.com

Banyak sekali produk-produk yang beredar dipasaran mengenai alat anti-radiasi. Alat ini dikatakan mampu menangkal atau mengurangi tingkat gelombang yang dihasilkan oleh ponsel.

Sehingga resiko terkena efek negatif dari ponsel bisa diminimalisir. Namun, ternyata alat-alat tersebut kebanyakan tidak sesuai dengan yang disebutkan. Oleh karena itu, jangan langsung percaya bahwa alat yang dibeli mampu menangkal radiasi.

Terus, kamu gunakan sepuasnya ponsel untuk menelepon. Dan akhirnya alat tersebut tidak terbukti dan efek negatif dari ponsel semakin meningkat.

Tinggalkan komentar