9 Tips yang Dapat Kamu Terapkan Agar CV-mu ‘Bersinar’ di Antara Ribuan Lamaran Lainnya

Artikel ini sangat dianjurkan untuk dibaca bagi kamu yang baru lulus kuliah ataupun yang sudah lama lulus kuliah yang kemudian sama-sama mencari pekerjaan.

Jika kamu merasa sudah menyebarkan Curriculum Vitae (CV) ke perusahaan-perusahaan yang kamu inginkan tetapi belum ada panggilan untuk wawancara kerja, cobalah untuk mengecek kembali. Bisa jadi CV yang kamu buat terdapat kesalahan, atau juga kamu lupa ngeklik tombol send di email, jadi CVmu masih tersimpan dalam draft.

Baca juga Ingin Membangun Bisnis Startup? 5 Tips Ini Bisa Kamu Jadikan Rujukan untuk Membangun Tim yang Solid

Banyak perusahaan yang mengecek kompetisi bagi para calon karyawannya melalui CV. Jadi usahakan kalau CV kamu itu harus beda dengan CV lainnya. Nggak cuma itu saja, setiap harinya perusahaan akan menerima banyak lamaran. Agar kamu dapat diterima di perusahaan yang kamu inginkan, CV kamu harus ‘bersinar’ di antara tumpukan lamaran lainnya.

Untuk dapat membuat CVmu ‘bersinar’, ikuti 9 tips di bawah ini.

Kirimkan CV-mu di Pagi Hari, Yaitu Antara Pukul 07.00 – 09.00

thesnapmom.com

Usahakan untuk mengirim CV-mu di pagi hari, karena pada waktu tersebut adalah waktunya HRD untuk bertugas menerima CV setiap calon karyawan yang melamar, pada waktu tersebut HRD belum disibukkan dengan tugas-tugas mereka. Jadi ada kemungkinan CV yang kamu kumpulkan di pagi hari akan terbaca oleh HRD manager, karena beliau memiliki waktu senggang untuk membaca CV-mu sebelum memulai pekerjaan utama mereka.

Jangan Lupa Untuk Menuliskan Subjek pada Email CV yang Akan Kamu Kirim

kemandirianfinansial.com

Banyak sekali pelamar kerja yang jarang memperhatikan hal ini. Mereka mengira dengan mengisi apa yang perlu di CV itu sudah cukup untuk memenuhi permintaan perusahaan, sehingga mereka tidak menuliskan subjek di email yang akan mereka kirim. Karena menurut mereka perusahaan sudah tahu akan isi dari email tersebut, tanpa harus menulis subjek sekalipun.

Usahakan kamu jangan termasuk ke dalam golongan orang-orang yang seperti tadi. Atau jika kamu mungkin termasuk ke dalam golongan orang seperti tadi maka ubahlah kebiasaanmu dari sekarang.

Tulislah Maksud dan Tujuanmu Mengirim CV ke Perusahaan dengan Detail pada Isi Email

waktumudaku.wordpress.com

Selain kamu harus menuliskan subjek di email yang akan kamu kirim, kamu juga harus menuliskan maksud beserta tujuanmu mengirim CV ke perusahaan yang kamu inginkan. Jangan sampai isi dari email kamu gitu-gitu saja. Karena bisa jadi perusahaan yang kamu kirimkan email benar-benar serius memperhatikan setiap lamaran kerja.

Buatlah CV Sekreatif Mungkin dan Jangan Asal Mencontek CV dari Dunia Internet

ariefnd.wordpress.com

Di zaman sekarang, berbagai macam informasi sangatlah mudah untuk didapatkan melalui dunia internet. Contohnya saja isi dari CV untuk membuat lamaran pekerjaan, kamu jangan asal menyontek dari internet lalu kamu ubah beberapa diantaranya. Perusahaan sangatlah mengenali CV yang hasil contekan dengan CV yang buatan sendiri.

Memang sih jika kamu mencari contoh CV melalui internet itu hal yang sah, tetapi itu hanya sekedar contoh saja. Usahakan untuk membuat CV sekreatif mungkin.

Walaupun Kreatif, jangan Sampai Kamu Menghias CV-mu Berlebihan

applicationwrite.com

Jika kamu sedang melamar pekerjaan, itu bukanlah ajang lomba menggambar atau lomba kreatifitas. Jadi sebisa mungkin hindari banyak hiasan yang tidak perlu. Warna tinta yang akan dituliskan juga tidak usah warna-warni, cukup satu warna saja.

Tulislah Pengalaman Kamu yang Berhubungan dengan Pekerjaan yang Kamu Cari

marketingland.com

Jika kamu ingin mencari pekerjaan di sebuah perusahaan finansial, berarti kamu harus dapat menuliskan pengalaman kamu tentang masalah manajemen keuangan. Kamu tidak perlu menuliskan seluruh pengalaman kamu pada CV-mu, seperti mencamtumkan keaktifanmu dalam kegiatan sekolahmu atau saat kuliah. Jika kamu ingin sekali mencamtukan pengalaman-pengalaman tersebut, jangan terlalu diperlihatkan.

Tulislah CV Dengan Rapi dan Menggunakan Bahasa yang Baik Juga

www.porosilmu.com

Jika CV yang akan kamu kirim menggunakan bahasa Indonesia, usahakan tulislah dengan tata bahasa yang baik dan benar sesuai standar EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Untuk CV-mu yang menggunakan bahasa Inggris, usahakan dengan grammar yang baik dan tepat. Jangan sampai isi CV-mu itu tidak dapat dipahami oleh perusahaan yang kamu incar.

Tulislah Informasi-informasi yang Dibutuhkan Perusahaan Tentang Kamu Secara Jelas

redbooth.com

Kesalahan umum yang terjadi pada pelamar adalah sering lupa untuk mencamtumkan nomor kontak mereka di CV mereka. Lalu bagaimana perusahaan dapat menghubungi kamu jika kamu tidak menuliskan nomor kontak di CV yang kamu kirim? Tidak hanya nomor kontak saja, tetapi juga ditulis alamat rumah, alamat email dan yang lainnya yang dapat mempermudah perusahaan untuk menghubungi kamu.

Pastikan Apa yang Kamu Tulis Benar-benar Kemampuanmu

www.elanggroup.co.id

Hindari untuk menuliskan secara berlebihan tentang dirimu dalam CV yang kamu buat. Jika kamu tidak memiliki kemampuan tertentu janganlah kamu tulis, karena itu tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Berusahalah untuk jujur dalam membuat CV, karena itu akan menambah dukungan yang baik dari perusahaan. Jika kamu ingin mengembangkan lagi apa yang kamu bisa, beritahu kepada mereka pada sesi wawancara.

Tinggalkan komentar