5 Tujuan Penting Dalam Belajar Untuk Mencerahkan Masa depanmu

Tujuan merupakan sangat esensial, baik dalam rangka perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Tujuan memberikan petunjuk untuk memilih isi mata pelajaran, mengalokasikan waktu, menata urutan topic yang akan diajarkan, menentukan prosedur pembelajaran, memilih alat bantu proses belajar mengajar, serta menyediakan tolak ukur untuk mengukur prestasi siswa.

Tujuan belajar merupakan sejumlah hasil belajar yang menunjukkan bahwa siswa tersebut telah siap melakukan aktivitas belajar, yang umumnya meliputi tentang pengetahuan, keterampilan serta sikap-sikap baru yang baru diharapkan bisa dicapai oleh siswa. Tujuan belajar merupakan suatu deskripsi mengenai tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa setelah melaksanakan proses belajar.

Tujuan belajar serta tujuan pembelajaran sangatlah berbeda namun memiliki hubungan yang erat antara satu dengan yang lainnya. Tiga komponen dari tujuan belajar, yakni : tingkah laku terminal, kondisi tes, serta standar (ukuran) perilaku.

tujuan belajar - buku
via: unsplash.com

Tujuan penting rangka sistem pembelajaran, yaitu merupakan suatu komponen sistem pembelajaran yang menjadi titik tolak di dalam merancang sistem yang efektif. Secara khusus, kepentingan itu terletak pada :

  1. Menilai hasil belajar. Suatu pengajaran dianggap telah berhasil apabila siswa mampu mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan.
  2. Membimbing siswa belajar. Tujuan yang dirumuskan secara tepat berdaya guna sebagai pedoman siswa di dalam melakukan kegiatan belajar.
  3. Merancang sistem pembelajaran. Tujuan tersebut menajdi dasar serta kriteria dalam upaya guru memilih materi pelajaran, memilih alat dan sumber belajar, menentukan kegiatan belajar mengajar, serta merancang prosedur penilaian.
  4. Melakukan komunikasi dengan guru yang lain dalam meningkatkan proses pembelajaran pada siswa. Berdasarkan tujuan tersebut maka akan terjadi komunikasi antar guru mengenai upaya yang perlu dilakukan bersama dalam rangka demi mencapai tujuan teresebut.
  5. Melakukan control terhadap pelaksanaan serta keberhasilan program pembelajaran. Dengan tujuan tersebut guru dapat mengontrol sampai mana pembelajaran telah terlaksana serta sampai mana siswa telah mencapai sesuatu yang diharapkan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang tujuan belajar yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar