Daftar Objek Wisata di Jakarta yang Menarik untuk Dikunjungi

Ketika kamu mendengar kata Jakarta, mungkin yanga di benak kamu adalah permasalahan yang ada di Jakarta, seperti banjir, macet dan sebagainya. Namun, pernahkah kamu berfikir mengenai tempat wisata yang ada di Jakarta? Kebanyakan orang akan lebih memilih mengunjungi tempat wisata yang ada di Bandung atau Bogor. Bahkan, warga Jakarta sendiri lebih memilih berlibur ke dua kota tersebut. Padahal, Jakarta memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan Bandung dan Bogor. Apa saja tempat wisata yang ada di Jakarta? Berikut daftar beserta ulasannya.

 

Kidzania

www.london.anglican.org
www.london.anglican.org

Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak yang memiliki usia antara 2-16 tahun. Karena tempat wisata yang satu ini memiliki konsep pendidikan. Kidzania merupakan replika sebuah kota. Semua yang ada di dalam kota dibuatkan replikanya, seperti jalan raya, alat transportasi dan saluran air atau kali.

Bangunan replika yang dibuat pun merupakan bangunan yang lazim ada di sebuah kota, seperti rumah penduduk, rumah sakit, supermarket, kawasan industri, theater dan sebagainya.

Museum Bank Indonesia

yosiherlambang.wordpress.com
yosiherlambang.wordpress.com

Jika kamu menyukai sejarah, khususnya sejarah mengenai bangsa Indonesia termasuk perekonomian bangsa Indonesia pada awal-awal merdeka, kamu bisa mengunjungi Museum Bank Indonesia.

Museum yang terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3, Jakarta ini menempati gedung bekas bank Indonesia. Gedung ini memiliki bangunan yang beraliran neo-klasikal yang dipandukan dengan bangunan lokal. Gedung ini pertama kali dibangun pada tahun 1828.

Museum ini memberikan informasi mengenai rangkaian sejarah mulai dari sebelum datangnya bangsa barat ke Nusantara hingga berdirinya Bank Indonesia pada tahun 1953. Selain itu, museum ini juga memberikan informasi mengenai kebijakan-kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia serta alasan dan akibat dari kebijakan-kebijakan Bank Indonesia hingga tahun 2005.

Penyampaian informasi dikemas dengan sangat menarik. Penggunaan teknologi modern, seperti panel statik, display elektronik, diorama dan televisi plasma diterapkan untuk menyampaikan informasi guna memberikan kenyamanan bagi para pengunjung dalam menyerap informasi. Selain itu, terdapat pula benda-benda bersejarah dan fakta sebelum berdirinya Bank Indonesia misalnya koleksi uang numismatik.

Kepulauan Seribu

www.tempatwisataid.com
www.tempatwisataid.com

Bisa dikatakan bahwa tempat wisata yang ada di Kawasan Kepulauan Seribu termasuk primadonanya tempat wisata di Jakarta. Ada banyak pulau di kawasan Kepulauan Seribu yang memiliki keindahan luar biasa, diantaranya adalah Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Tidung, Pulau Macan dan sebagainya.

Kamu bisa melakukan banyak hal saat mengunjungi kawasan Kepulauan Seribu, seperti menyaksikan sunrise, sunset, snorkeling, memancing dan sebagainya.

Museum Layangan Jakarta

jakarta.panduanwisata.id
jakarta.panduanwisata.id

Meseum layang-layang Indonesia adalah sebuah museum yang memiliki berbagai macam bentuk koleksi layang-layang. Museum yang terletak di Jalan H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan ini merupakan museum yang dikelola oleh pihak swasta.

Menurut informasi yang beredar, tidak bisa sembarangan mengambil gambar koleksi layang-layang di Museum Layangan Jakarta. Jika kamu sangat ingin mengambil gambar yang ada di museum, sebaiknya kamu meminta izin terlebih dahulu kepada pihak terkait agar lebih aman.

Giggle Fun Factory

stumbleabroad.net
stumbleabroad.net

Giggle Fun Factory merupakan tempat permainan yang diperuntukan untuk anaka-anak. Tempat permainan ini memiliki konsep one stopping edutainment. Sesuai dengan konsep yang dicanangkan oleh Giggle Fun Factory, tempat permainan ini tidak hanya sekedar tempat untuk bermain-main saja, melainkan juga tempat yang bisa melatih kreativitas anak.

Untuk bisa merasakan permainan edukatif di Giggle Fun Factory, pengunjung wajib membayar biaya masuk sebesar Rp95.000 untuk non-member dan Rp85.000 untuk member. Sedangkan untuk para pendamping anak cukup membayar sekitar Rp20.000 saja.

Kota Tua Jakarta

www.pegipegi.com
www.pegipegi.com

Sesuai dengan namanya, tempat pariwisata ini memiliki bangunan-bangunan kuno. Bangunan tersebut merupakan bangunan sejak zaman dulu yang hingga sekarang masih dipertahankan dan dilestarikan. Area yang memiliki luas sekitar 1,3 KM2 ini cukup ramai pengunjung, terutama pada hari-hari libur. Kamu akan bisa melihat bangunan-bangunan kuno khas Belanda.

Tinggalkan komentar