6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berwisata ke Lombok

WISATA LOMBOK – Berwisata rasanya kurang lengkap jika belum mengunjungi tempat wisata yang ada di daerah Indonesia Timur. Salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dengan keindahannya adalah Pulau Lombok.

Banyak sekali tempat wisata di Lombok, baik tempat wisata alam maupun wisata kuliner yang bisa kamu kunjungi. 6 hal yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke Lombok. Berikut daftar serta penjelasannya.

Mengunjungi Rumah Adat Dusun Sade

azamdanmujtahidin.wordpress.com
azamdanmujtahidin.wordpress.com

Dusun Sade merupakan dusun yang terletak di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat di dusun ini merupakan penduduk dari Suku Sasak di mana suku tersebut masih memegang erat budaya asli Lombok hingga saat ini. Oleh karena itu, Dusun Sade ditetapkan sebagai tempat wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Di dusun tersebut, kamu akan melihat rumah adat khas Sasak yang masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Sedangkan rumah warganya dibangun dengan bambu dan atapnya terbuat dari daun alang-alang.

Mengunjungi Desert Point (Bangko-Bangko) Lombok

www.berbagifun.com
www.berbagifun.com

Bagi kamu yang suka melakukan olahraga surfing, kamu bisa mengunjungi Desert Point, Lombok. Tempat ini dinobatkan oleh International surfing Association sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas.

Untuk rute menuju Desert Point bisa dikatakan cukup sulit. Kami basa menaiki kapal Ferry jika dari Bali menuju pelabuan Lembar, Lombok.

Jika kamu sudah sampai di Pelabuhan Lembar, kamu harus menyewa mobil atau menggunakan jasa travel untuk menuju Desert Point. Waktu yang ditempuh dari Pelabuhan Lembar menuju Desert Point kurang lebih 2 jam perjalanan. Sesampainya di Desert Point, kamu bisa menyewa tempat penginapan yang sudah tersedia di sana.

Menikmati Keteduhan Hutan Lindung Sesaot

wisataindonesia.4wy.net
wisataindonesia.4wy.net

Jika kamu suka mengunjungi tempat wisata alam, kamu bisa datang di Hutan Lindung Sesaot. Hutan ini terletak di Desa Sesaot, sekitar 5 km dari Kecamatan Narmada. Hutan Lindung Sesaot ini terdiri dari hutan lindung dan hutan wisata. Luas area hutan ini kurang lebih 5.000 hektar. Sekitar 43% dari areal hutan merupakan hutan buatan.

Saat kamu berada di dalam hutan, kamu bisa menikmati ketenangan, kesunyian dan udara yang sejuk. Kamu bisa bersantai melepaskan rasa lelah akibat kesibukan pekerjaan.

Melihat Air Terjun Tiu Kelep

500px.com
500px.com

Mungkin, kamu pernah sering mendengar Air Terjun Sendang Gile. Air terjun tersebut sangat terkenal. Ternyata, di kawasan Air Terjun Sendang Gile juga terdapat air terjun lagi yang bernama Air Terjun Tiu Kelep.

Air Terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan terdapat kolam di bawahnya dengan kedalaman kurang lebih satu meter.

Ada mitos yang beredar mengenai kolam tersebut. Bagi siapa saja yang berenang atau mandi di kolam tersebut, maka seseorang tersebut akan awet muda. Namun, hal ini hanya sekedar mitos saja. Jangan pernah meyakini mitos tersebut. Yang jelas jika kamu mandi di kolam renang tersebut, kamu akan lebih segar dari sebelumnya.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
rinjaninationalpark.com

Gunung Rinjani merupakan gunung yang beradai di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani mempunyai ketinggian 3.726 m diatas permukaan laut yang membuatnya menjadi gunung tertinggi nomor 2 di Indonesia. Gunung Rinnjani termasuk dalam bagian Taman Nasional Gunung Rinjani yang mempunyai luas sekitar 41.220 hektar dan akan menambahkan perluasan hingga 76.000 hektar ke arah barat dan juga timur.

Gunung Rinjani sering dijadikan sebagai tempat pendakian karena memiliki puncak yang indah. Selain itu Gunung Rinjani merupakan objek wisata andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Karena memiliki puncak yang indah, gunung rinjadi menjadi tujuan terbesar para pecinta alam serta petualang, karena jika kita bisa menaklukan puncak dari Gunung Rinjani merupakan suatu kebanggan tersendiri. Selain dari para pendaki lokal, Gunung Rinjani juga sering di daki oleh pendaki Mancanegara. Jumlah yang mengikuti pendakian pun tidak sedikit, biasanya diadakan besar-besaran pada bulan juli sampai dengan bulan agustus.

Peserta pendakian di dominasi oleh para pelajar dari seluruh Indonesia yang ingin merayakan HUT RI. Jika Kamu ingin mengikutinya makan persiapkan fisikmu dari sekarang untuk mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun depan.

Gili Kondo Lombok

Wisata Gili Kondo Lombok
upiono.blogspot.com

Gili Kondo atau sering juga orang menyebutnya Gili Bagek berada di Kabupaten Lombok Timur, untuk mencapai pulau Gili Kondo ini, kita dapat menggunakan perahu motor dengan jarak tempuh yang cukup cepat, yaitu sekitar 30 menit.
Gili Kondo adalah pulau yang sangat tenang serta tentram, oleh sebab warga lokal menyebutnya sebagai surga yang tersembunyi di Lombok Timur. Gili Kondo sangat cocok untuk mereka yang sudah berpasangan atau yang baru menikah untuk berbulan madu disini.

Disekitar Pulau Gili Kondo mempunyai Keindahan alam bawah laut yang begitu bersih dan indah. Kamu akan menyesal jika datang ke Gili Kondo tanpa melihat keindahan bawah lautnya. Hamparan pasir putih yang bersih dan cukup cukup luas serta di temani dengan birunya laut yang memiliki gradasi warna karena perbedaan kedalaman, dan juga cerahnya langit yang ditambah dengan awan menggumpal akan menambah keindahan di pulau kecil ini, mata anda akan dimanjakannya. Air di pinggir pantai Gili Kondo sangat jernih, disini kita dapat melihat terumbu karang yang menari-nari.

Jika kita ingin menyewa perakatan untuk snorkeling, maka cukup kita mengeluarkan biaya sebesar 25 ribu rupiah untuk seharian dan sepuasnya, sangat murahkan? Berbeda dengan Pualu yang berada di Gili Trawangan yang cukup mahal. Disana 25 ribu hanya untuk satu jam saja.

Pemandangan yang berada di seberang pulau Gili Kondo juga tidak kalah keindahannya. Jika kita menghadap ke barat, kita akan menyaksikan Pulau Lombok yang begitu istimewa dengan perbukitannya serta awan-awan yang menari seperti selendang di dimainkan oleh sang penari. Kemudian kita mengalihkan pandangan ke arah timur, maka disini kita akan melihat gugusan Pulau Sumbawa yang sangat mempesona. Jika kita menghadap utara, maka kita akan melihat pulau Gili Bedagan dan juga Pulau Bidara yang terlihat begitu cantik dengan bibir pantai yang mempunyai putih bersih yang mempesona.

Jika kita sedang melakukan kunjungan ke Pulau Lombok maka jangan lupa untuk datang ke Lombok bagian Timur, tepatnya di Pulau Gili Kondo. Disini kita akan menyaksikan surga yang terhampar di bumi kita, Indonesia tercinta.

Gili Trawangan

Gili Trawangan
Photoshelter.com

Siapa yang tak terpukau dengan keindahan dari Gili Trawangan? Landscape pulau yang masih begitu alami, bersih, dan sangat luar biasa elok membuat banyak wisatawan baik dalam maupun luar negeri ini merasakan sensasi liburan yang menyenangkan di pulau ini. Bahkan kecantikan dari pulau ini mampu menyamai bahkan mengalahkan pulau Bali.

Lalu, apa aja sih daya tarik lain yang membuat Gili Trawangan berhasil menandingi popularitas dari Pulau Bali hingga banyak wisatawan yang mulai beralih mengunjungi pulau ini?

Panorama Pantai nan Menakjubkan

Pantas saja Gili trawangan mampu mengalahkan popularitas dari pantai pantai yang ada di Bali karena pulau yang oleh wisatawan asing lebih terkenal dengan sebutan “Gili T” ini terkenal dengan panorama yang menakjubkan, eksotis dan sangat menawan. Percayalah, di sejauh mata memandang ke setiap penjuru arah Kamu akan terpukau dengan keindahan dari perpaduan lagit biru, air laut berwarna pirus berkilau- kilau, dan garis pantai tanpa ada batas! Wooww.
Pantai yang adanya di timur lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk lokal karena letaknya yang dekat dengan dermaga dan merupakan pusat aktivitas ekonomi di pulau tersebut. Hal ini berbeda dengan pantai di sisi barat yang lebih sepi.

Walau sepi, bukan berarti Kamu bakal kekurangan pilihan aktivitas. Apalagi yang lebih menggiurkan daripada bersantai- santai di tempat tidur gantung tepi pantai sembari membaca buku dan mendengarkan lagu reggae atau sekadar menikmati suara ombak dan sayup angin? Sewaktu-waktu ingin berenang, Kamu hanya tinggal melangkahkan kaki karena pada saat itu laut adalah pekaranganmu ! Kala sore menjelang, silakan duduk manis menanti datangnya matahari terbenam bersama orang tercinta, Ohhh…

Pasalnya, Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap ke barat dan timur. Di setiap sisi pantainya pun memiliki pesona yang berbeda.

Pesona Alam Bawah Laut yang Menakjubkan

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh Gili Trawangan adalah terdapatnya pesona laut yang begitu sangat menakjubkan. Air lautnya jernih, membuat berbagai macam biota yang hidup di dalamnya akan mudah terlihat. Sayang sekali bila berkunjung ke Gili Trawangan tanpaa merasakan sensasi snorkeling atau diving di sekitaran pulau ini.

Arus lautnya yang tenang akan menambah kenikmatan saat Kita menyelam. Di sini, Kamu akan menemui kumpulan hewan laut yang cantik- cantik, seperti ikan nemo clown fish, Tidak hanya itu, Kamu juga dapat melihat deretan terumbu karang yang beraneka warna.

Pantai Surga

pantai surga lombok
wisatalombok.com

Salah satu tempat wisata paling seru di Lombok adalah Pantai Surga. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahanya begitu mempesona. Pantai Surga ini letaknya di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur dan sangat bersebelahan dengan Teluk Ekas.
Memang tak salah kiranya pantai ini dinamai dengan Pantai Surga. Suasana alamnya yang seperti belum terjamah oleh zaman membuat pantai ini terlihat begitu sangat alami dari berbagai sisi.

Untuk mencapai pantai indah ini, Kamu dapat menempuh jalur Praya Jerowaru, Lokasinya berdekatan dengan Teluk Ekas, Jadi kemungkinan Kamu tidak akan tersesat.

Kesan pertama ketika Kamu sampai di pulau Surga ini adalah panas, tapi semilir angin yang menyapa akan membuat suasana menjadi sangat sejuk, apalagi disana-sini tumbuh banyak terdapat pohon kelapa.

Di salah satu sudut pantai akan ditemui sebuah resort yang sangat indah. Pengunjung di pantai ini tidak seperti pantai-pantai lainnya, Mungkin inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Surga ini, tempatnya indah dan juga tapi sepi.

Garis pantai dari pantai Surga ini tidaklah terlalu panjang, Jadi Kamu dapat menjelajahi semuanya sampai puas. Di kanan dan kirinya terdapat bukit yang indah dan bebatuan yang sangat menawan.

Pantai Kuta

pantai kuta lombok
www.tempatwisataid.com

Pantai Kuta, Lombok merupakan tempat wisata yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Pantai dengan butiran pasir berwarna putih ini berada di sebuah desa yang bernama Desa Kuta.
Sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia. Selain keindahan alam yang bisa dinikmati di desa ini, satu kali dalam waktu setahun juga diadakan upacara Sasak di desa ini.

Upacara ini merupakan upacara Bau Nyale. Dalam upacara sasak para pelaut mencari cacing Nyale di dalam laut. Menurut legenda jaman dahulu, Disini ada seorang putri yang bernama Putri Mandalika, yang berwajah sangat cantik.

Sehingga banyak pemuda dan pangeran yang ingin menikah dengannya. Karena sang putri tak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia juga berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali selama setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.

Bukit Malimbu

bukit malimbu
http://ayolombok.com/

merupakan tempat wisata yang lengkap. Dari bawah laut sampai atas bukit, pulau di Nusa Tenggara Barat ini mempunyai banyak sekali pemandangan-pemandangan cantik. Setelah kita puas menyelam di Gili Trawangan, maka segerakan langkahkan kaki Anda ke Bukit Malimbu. Bersiap-siap membisu!

Panorama alam yang berada di Lombok rasanya tidak akan pernah habis, deretan-deretan pantai yang cantik ada di wilayah Kuta. Dunia bawah laut yang berada di Gili Meno dan Gili Trawangan, dan gunung yang indah nan menjulang tinggi membuat para wisatawan dimanjakan. Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan yakni Bukit Malimbu.

Bukit Malimbu terbagi menjadi dua, yaitu Bukit Malimbu 1 & Bukit Malimbu 2. Bukit ini letaknya berada di wilayah Senggigi, dan berjarak hanya 30 menit dari pusat Kota Mataram. Salah satu pemandu lokal yang bernama Surya Pratama mengatakan “Bukit Malimbu 2 adalah Tempat wisata yang terfavorit yang sering dikunjungi wisatawan tapi orang biasa menyebutnya dengan Bukit Malimbu. Di sini pemandangannya sangat cantik”.

Kita dapat naik mobil, motor ataupun bus untuk bisa sampai di Bukit Malimbu. Susurilah jalan raya di Senggigi, maka anda akan menemukan banyak kendaraan dan penjual pakaian dipinggir jalan raya hingga mutiara. Bukit Malimbu ini letaknya berada persis di pinggir jalan. Setelah anda memakirkan kendaraan anda, Anda dapat langsung berjalan kaki dan berdiri di atas bukitnya.

Keindahan alam yang sangat indah membuat banyak wisatawan dalam negeri dan luar negeri takjub. kecantikan Bukit Malimbu membuat para wisatawan tak ingin melewatkan momen terindah saat disini.

Mereka lantas menggunakan kamera SLR, kamera poket, hingga kamera handphone untuk berselfie. Meski pada saat itu cuaca sedang panas dan waktu sudah menunjukan kira-kira pukul 09.00 Wita, wisatawan yang datang ke Bukit Malimbu malah semakin banyak.

Garis Pantai Senggigi terlihat jelas ketika dilihat dengan mata telanjang. Lebih dari itu, lautan yang berwarna biru dengan gradasi pun terlihat begitu cantik. Sengatan cahaya matahari, tak mampu mengurungkan niat wisatawan untuk panas-panasan meresapi kecantikan Bukit Malimbu.

Pada saat sore hari bukit Malimbu juga ramai dikunjungi. Rata-rata para pengujung yang datang sore hari mereka memburu indahnya Sunset dibukit ini.

Ketika mengunjungi Bukit Malimbu, para pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Para wisatawan hanya diimbau untuk menjaga kebersihan saja. Jika ingin berburu suvenir, Anda dapat membeli baju-baju bertemakan karikatur Lombok, aneka mutiara, sampai kain tenun Lombok. Anda harus pintar-pintar menawar ya!

Pantai Senggigi

Pantai Senggi merupakan Salah Satu Wisata Lombok
roompoetry.blogspot.com

Pantai Senggigi terletak di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. Jika kamu tiba di Bandara Selaparang Mataram, kamu bisa menuju Pantai Senggigi yang berjarak 30 – 50 menit perjalanan (jika menggunakan mobil). Sebagai salah satu pantai paling terkenal di lombok, tentu fasilitas di pantai Senggigi sangat lengkap. Mulai dar restoran, hotel, resort, pusat hiburan, toko souvenir dan oleh-oleh serta yang lainnya.

Air di Pantai Senggigi sangat bening, sehingga hewan laut dan terumbu karang dapat terlihat. Jika ingin lebih jelas kamu bisa melakukan snorkling di sini. Ombak disini tidak terlalu besar dan tinggi, sehingga kita dapat bebas berenang dan bermain air. Tapi tetap harus patuhi larangan yang diberikan penjaga pantai untuk menambah keamananmu saat berwisata.

Danau Segara Anak

Pantai Senggi merupakan Salah Satu Wisata Lombok
ensiklopediaindonesia.com

Dahulu danau yang terletak di ketinggian sekitar 2000 mdpl ini merupakan kaldera akibat letusan Gunung Rinjani. Dalam Bahasa Jawa, Segara berarti Laut, sehingga arti dari danau ini adalah Anak Laut. Karena Danau Segara Anak memiliki air yang berwarna biru mirip air laut. Kamu yang ingin menuju danau ini harus mempersiapkan fisik, karena jaraknya dari titik terakhir yang bisa dilewati kendaraan bermotor adalah lebih dari 9 jam perjalan.

Para pendaki Gunung Rinjani pasti menyempatkan untuk mampir ke danau ini untuk bermalam ataupun hanya sekedar melintas sebentar. Setelah lelah mendaki, keindahan danau ini dapat menjadi pelepas penat yang dirasakan para pendaki.

Banyak ikan mujair dan ikan mas di danau ini, tak heran bila pemancing menjadikan Danau Segara Anak ini sebagai lokasi favoritnya. Selain itu terdapat pula beberapa tempat menarik di sekitar Danau ini, seperti Goa Payung, Goa Manik, Goa Susu, dan Sungai Koko Pute yang tak kalah indahnya.

Kamu yang ingin menuju danau ini harus mempersiapkan fisik, karena jaraknya dari titik terakhir yang bisa dilewati kendaraan bermotor adalah lebih dari 9 jam perjalan.

Taman Nardana

Taman Nardana merupakan Salah Satu Wisata Lombok
www.pergiberwisata.com

Taman Nardana sudah ada sejak tahun 1727, dengan luas lebih dari 2 hektar. Taman ini dibangun oleh Raja Mataram Lombok saat itu, Raja Anak Agung Gde Ngurah Karangasem. Taman Nardana terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Kombok Barat. Jaraknya dari pusat kota Mataram sekitar 10 km ke arah timur.

Taman ini dulu merupakan tempat untuk ritual suci, namun sudah lama beralih fungsi menjadi tempat wisata sampai sekarang. Keunikan taman ini adalah desain tamannya yang mirip replika Gunung Rinjani, sangat unik. Selain itu di Taman Nardana ada sumber mata air yang berasal dari Gunung Rinjani yang menambah keunikan taman ini.

Bukit Merese

Bukit Merese merupakan Salah Satu Wisata Lombok
www.thelangkahtravel.com

Memang melelahkan menuju bukit yang terletak tidak terlalu jauh dari Tanjung Aan ini, namun setelah sampai kita akan melihat keindahan yang luar biasa. Pemandangan di Bukit Merese mirip seperti di Selandia Baru. Dari sini pula kamu bisa melihat dengan jelas kumpulan pantai-pantai di lombok, mulai dari Gili Anak Anjakan dan Pantai Batu Payung di timur, sampai Pantai Seger yang terletak di sebelah barat. Keindahan tak berhenti disitu, di balik Bukit ini masih terdapat beberapa pantai tersembunyai yang belum banyak dikunjungi. Untuk keindahan pantai-pantai tersebut tak perlu kamu ragukan lagi.

Desa Sukarara

roadsuntravel.wordpress.com
Bukit Merese merupakan Salah Satu Wisata Lombok

Jika kamu penggemar aneka kain khas Nusantara, Desa Sukarara adalah pilihan yang tepat untuk destinasi wisatamu. Desa ini merupakan pusat produksi kain songket khas Lombok. Keindahan kainnya sudah sangat terkenal. Keunikan lainnya adalah pembuatan semua kain di desa ini masih menggunakan alat tenun tradisional. Semakin rumit motif kain songketnya makin mahal pula harga jual kain tersebut. Jika ingin membeli kain disini siapkan budget extra, karena harga kain songket mulai dari Rp 100.000,- hingga Rp 5.000.000,-

Di desa yang terletak di Kecamatan Jonggot, Kabupaten Lombok Tengah ini kamu juga boleh melihat langsung para wanita yang sedang menenun kain. Jadi tidak hanya liburan kamu juga bisa banyak belajar di Sukarara.

Menikmati Iga Sapi Bebalung Mataram

dendotman.wordpress.com
dendotman.wordpress.com

Iga sapi bebalungan merupakan makanan yang wajib dihidangkan saat hajatan. Makanan ini terbuat dari tulang iga sapi dengan racikan bumbu khas daerah Lombok. Bumbu khas tersebut terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas dan kunyit. Biasanya, bebalungan ini disajikan dengan menggunakan mangkok.

Bagi kamu yang ingin mencicipi makanan ini, kamu bisa datang langsung ke salah satu tempat makan yang cukup terkenal dengan menu bebalungannya di di Jalan HOS Cokroaminoto Mataram, letaknya tepat berada di belakang kantor Gubernur NTB.

Menikmati Sate Rembiga Mataram

www.coklatkita.com
www.coklatkita.com

Resep sate rembiga ternyata sudah ada sejak zaman kerajaan. Salah satu keluarga dari Raja Penjanggik yang tinggal di Rembiga lah yang ahli dalam membuat sate. Kemudian, resep tersebut turun temurun hingga saat ini.

Kini, banyak warga Rembiga yang bisa membuat sate ini dan mereka menjadikan resep warisan nenek moyang sebagai usaha yang mengangkat perekonomian mereka.

Sate rembiga ini menggunakan bahan baku utama daging sapi. Mungkin, terdengar aneh bagi kamu yang belum pernah merasakan sate yang terbuat dari daging sapi. Karena umumnya sate terbuat dari daging ayam dan kambing. Namun, ternyata sate ini sangat enak.

Bagi kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa datang di Warung Rembiga di Jalan Dakota Nomor 2 Rembiga, Mataram.

Warung Rembiga tersebut merupakan warung yang pertama kali memperkenalkan sate rembiga. Warung ini sudah berdiri sejak 25 tahun. Oleh karena itu, tidak bisa disangsikan lagi kelezatan racikan masakan sate rembiga di warung ini.

Tinggalkan komentar