7 Hal Sepele Ini Tanpa Disadari Bikin Uang Kamu Cepet Habis

Terkadang kita terlalu fokus sama yang besar, suka lupa sama hal yang kecil. Padahal, meski kecil, tetep aja punya pengaruh lho. Begitu juga sama kondisi keuangan pada diri kamu. Untuk menimalisir risiko dari hal seperti ini lihat saja deh, tulisan di bawah, Ok!

Namun, kamunya kelihatan nyadar atau gak nyadar, 7 hal kejadian ini sebenarnya diam-diam bikin uang kamu cepet habis. Sebelum kejadian ini sebelum menimpa kamu. Berikut kegiatan seperti ini selalu kamu lakukan secara tidak sadar uang kamu habis dengan tiba-tiba.

 

Bayar Parkir

malesbanget.com

Kejadian ini sering kamu alami ketika parkir di parkiran liar atau di minimarket. Meskipun tarifnya flat, cuma dua ribu. Namun kalau dalam sehari kamu parkir di sepuluh tempat yang berbeda. Berarti kamu sudah mengeluarkan uang dua puluh ribuan dalam sehari, buat parkir doang.

Sehabis itu coba kamu kalikan lagi dalam renggang 30 hari, maka enam ratus ribu dari gaji kamu cuma dipake buat parkir.

Bayar Wc Umum

malesbanget.com
malesbanget.com

Hal kayak gini sering kamu lakukan dan bikin uang kamu cepet habis. Terutama ketika kamu lagi melakukan perjalanan jauh atau mudik. Biasanya kamu bakal sering menhampiri toilet umum buat buang air kecil, buang air besar atau sekedar cuci muka.

Tarifnya sama kayak poin pertama, coba kamu hitung dah, kalau dalam sehari kamu ke WC sebanyak  5 kali. Lumayan juga kan, buat beli jajan. Apalagi kalau kamu ternyata sering melakukan road trip seperti itu.

Ngasih Uang ke Pengamen

keepo.me

Sosok pengamen ada dimana-mana. Kemunculannya pun juga tidak disangka-sangka. Terkadang di bus, di kafe atau di pinggir jalan, bahkan sering muncul juga di depan rumah kita.

Nah, seperti kebanyakan orang Indonesia, suka tidak enak kalau tidak ngasih pengamen. Entah beneran ikhlas atau terpaksa, pokoknya ada aja uang yang keluar dari kocek kamu. Mulai dari uang logam lima ratusan sampai sepuluh ribuan.

Uang Kembaliannya Permen

kepo.my.id

Lho bayangin kalau tiap belanja di minimarket, uang kembalian kamu diganti dengan sebungkus permen. Uang kamu jadi kehilangan fungsinya. Dia sudah tidak dapat dipakai transaksi lagi. Harusnya uang yang telah jadi permen itu bisa kamu pakai buat bayar parkir, lumayan kan.

Malahan kamu jadi ngeluarin uang lain dari dompet. Agar tidak rugi mungkin kamu bisa ngakalin kejadian ini dengan membawa uang pas saja. Tujuannya si kasir nggak ngasih permen lagi.

Menukar Uang Dengan yang Recehan

medan.tribunnews.com
medan.tribunnews.com

Entah kenapa, ketika uang kamu dituker jadi urang recehan, hasrat belanja kamu jadi lebih tinggi? Kamu jadi lebih mudah ngeluarin uang saat dia udah berubah jadi pecahan sepuluh ribu, lima ribu, dua ribu, seribu dan seratusan.

Mungkin saja disebabkan kamu melihat isi dompet kamu jadi lebih tebel atau penuh, makanya kamu pikir-pikir “ah masih banyak ini duit.”Padahal gak nyadar, kamu baru saja ngabisin uang sebanyak seratus ribu tapi dalam bentuk receh.

Sudahlah Sekalian Aja Nih (Sama Gue)

www.dailymotion.com
www.dailymotion.com

Janganlah jumawa, mentang-mentang baru gajian. Ingat, tanggal gajian berikutnya masih lama lho. Kebiasaan seperti gini coba sedikit dikurangin dulu. Bukan dihilangin lho, tapi dikurangi. Karena sekali-kali traktir teman juga bagus, buat kehidupan teman kamu. Tidak tau dah kalau dalam kehidupan kamu.

Ketika Teman Kamu Bilang “Eh lo Ada Dua Ribuan Gak?”

bestiwall.com
bestiwall.com

Biasanya kalimat seperti ini mesti keluar, pas kalian lagi jalan barengan habis itu pergi ke parkiran, pipis di toilet umum atau ngantri di kasir. Terus temen kamu bilang “Eh, lho ada uang dua ribuan gak?”. Nilainya gak seberapa sih, cuma dua ribu.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengatur keuanganmu menjadi lebih baik lagi, kamu bisa lihat “Tips Agar Kuanganmu Tidak Berantakkan.”

Tapi kalau ada 50 ribu teman kamu yang minta, kan jadi seratus ribu. Gimana, coba?” Inilah kejadian-kejadian hal sepele yang diam-diam bikin uang kamu cepet habis. Nah, kalau ada lagi silahkan kamu tambahin, tapi di comment ya.

Tinggalkan komentar