8 Penyakit yang Siap Menyerang Akibat Tubuhmu Kekurangan Asupan Protein

Fungsi protein sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh manusia. Protein juga mempunyai peranan yang besar dalam setiap proses didalam sel dan jaringan. Selain memberikan struktur pada organ tubuh, otot dan rambut. Nutrisi juga terlibat dalam komunikasi signal syaraf. Akibat dari kekurangan protein memang fatal serta akan mengganggu fungsi tubuh serta otak manusia.

Konsumsi makanan-makan ini untuk memperbaiki asupan proteinmu | Pict by protegez-vous.ca
Konsumsi makanan-makan ini untuk memperbaiki asupan proteinmu | Pict by protegez-vous.ca

Manusia bisa mendapatkan protein dari makanan yang kita konsumsi seperti daging, susu, telur, ikan, kacang – kacangan dan jamur. Jika kesulitan mendapatkan makanan, kita bisa mendapatkannya dari sumber makanan seperti susu yang dikemas dengan protein tinggi.
Berikut ini adalah dampak akibat kekurangan protein antara lain :
1. Proses penyembuhan yang lambat
Kekurangan protein juga bisa berakibat tubuh sulit membangun jaringan otot. Kekurangan protein bisa juga berakibat tubuh tidak akan pulih dari cidera atau luka secara Cepat. protein diperlukan untuk membangun jaringan baru sehingga tubuh memperbaiki kerusakan yang terjadi.
2. Rambut Rontok
Untuk menjaga kekuatan rambut kamu memerlukan protein. Jika kamu kekurangan protein dan kurang asupan protein, maka beberapa bagian rambut akan rontok, karena otot – otot tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup

 

3. Mengurangi Kinerja Otak
Protein juga sangat dibutuhkan oleh otak. Protein pada makanan membantu melepaskan karbohidrat sebagai energi. Energi ini dibutuhkan bukan hanya oleh tubuh melainkan juga otak untuk bekerja dengan baik.

 

4. Menjadi lemah
Memang sudah tidak asing lagi jika protein adalah sumber nutrisi bagi otot. Jadi bisa dipastikan jika kekurangan protein akan membuatbadan terasa lemah. Ini juga berakibat kamu tidak akan bisa mengangkat beban yang mungkin sebenarnya ringan.

 

5. Mudah lelah
Kekurangan protein juga bisa berakibat mudah lelah karena karbohidrat tidak bisa dikonfersi dengan baik menjadi energi. Selain itu jika kekurangan karbohidrat, tubuh menggunakan protein sebagai energi cadangan agar bisa melanjutkan aktifitas.

 

6. Anemia
Protein dibutuhkan oleh tubuh bersama zat besi untuk membuat sel dalam darah. Jadi hal ini sangat penting untuk terhindar dari kurang darah atau anemia.

 

Demikianlah sedikit pemaparan mengenai akibat kekurangan protein. Semoga hal ini bisa menambah wawasanmu mengenai protein dan juga bisa memberikan pengetahuan agar kamu dapat menjaga tubuh agar tidak kekurangan protein.8 Penyakit yang Siap Menyerang Akibat Tubuhmu Kekurangan Asupan Protein.  Nah setelah kamu tau tentang pentingnya menjaga asupan gizi, kamu bisa baca artikel terkait untuk memenuhi asupan gizi : Kenali 4 Zat Gizi yang Bikin Tubuh Kamu Sehat dan Harimu Penuh Semangat

 

Tinggalkan komentar