Ulasan Singkat Cara Budidaya Ikan Koi

Ikan koi atau yang biasa disebut ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang dapat dijadikan sebagai primadona dan penghias sebuah ruangan. Kenapa, karena ikan koi berwarna emas dengan berbagai corak warna-warni pada tubuhnya.

Ikan koi ini pertama kali dipopilerkan di negara Jepang. Sedangkan untuk negara kita sendiri, Indonesia ikan koi baru dibudidayakan tahun 1960-an. Keberadaan ikan koi ini mampu memberikan peluang bisnis tersendiri bagi pembisnis budidaya ikan, disebabkan harganya yang mahal dan mudah untuk dikembang biakkan.

Sekalipun tergolong mudah untuk dibudiyakan, Inilah alasan kenapa pembudidayaan ikan koi tak pernah sepi. Namun tak semua orang bisa memelihara ikan koi ini dengan baik dan benar. Oleh sebab itu banyak hal yang harus diperhatikan jika ingin membudidayan ikan koi atau ikan mas ini. Berikut ulasannya:

Kolam Ikan Koi

kolam ikan koi
hobiikanhias.com

Jenis kolam yang ingin digunakan ada banyak jenis, mulai dari kolam semen, kolam tanah, kolam taman ataupun kolam terpal. Untuk ukuran kolam yang ideal adalah minimal 1,5 meter x 2 meter, dengan kedalaman 50 sampai 80 cm.

Air

air ikan koi
http://3.bp.blogspot.com/

Air yang digunakan adalah air tawar, ikan ini akan bisa hidup berkembang baik jika habitatnya terjaga kebersihannya. Perlu adanya penggunaan filter berlapis untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam. Untuk tingkat keasaman air yang baik adalah 6,5 sampai 8,5 pH. Sirkulasi air harus terjaga dengan baik, dan harus disediakan pompa yang dapat mengalirkan air setiap 25 liter per menit.

Pakan ikan koi

pakan ikan koi
http://g01.a.alicdn.com/

Jika menginginkan hasil ikan hias koi yang berkulaitas tinggi, maka untuk pakannya juga harus diperhatikan dengan baik. Pemilihan pakan yang bagus dan sesuai akan menghasilkan ikan koi dengan warna kulit yang cerah, terang dan tampak indah serta kesehatannya pun terjaga.

Pakan ikan ini ada dua macam, yakni pakan alami dan pakan buatan. Jika mengingikan pertumbuhan yang cepat dapat digunakan pakan jenis wheat germ yang mengandung protein 32%.

Sedangkan untuk membantu membuat warna kulit ikan menjadi lebih cerah dapat digunakan pakan yang mengandung karoten. Nah itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika kamu ingin mencoba membudidayakan ikan koi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar