Cara Mudah Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

Kardus merupakan salah satu limbah rumah yang seringkali jarang digunakan. Biasanya jika sudah tidak digunakan kardus bekas ini akan dijual secara kiloan ke pengumpul barang bekas yang ada disekitar rumah atau juga bahkan ada yang dibuang.

Kalaupun dimanfaatkan, biasanya kardus hanya akan dijadikan tempat penyimpanan barang supaya bisa terlihat lebih rapi. Namun sebenarnya kardus bekas bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam barang yang unik dan kerajinan tangan dari kardus bekas yaitu bisa dijadikan bingkai foto dan tas cantik dari bahan kardus.

Penasaran bagaimana membuat bingkai foto dari kardus bekas? Yuk, mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Siapkan Bahan-bahannya

agussugiyono.wordpress.com
agussugiyono.wordpress.com

Siapkan terlebih dahulu kardus bekas yang ingin dijadikan bingkai foto. Kalau kamu ingin membuat bingkai yang besar, pilihlah kardus berukuran besar seperti kardus peralatan elektronik atau mie instan. Namun, kalau kamu ingin membuat yang kecil, maka pilihlah kardus kue, sereal, bekas susu dan kardus berukuran kecil lainnya.

Selanjutnya siapkan juga alat-alat untuk memotong kardus tersebut seperti cutter, gunting dan penggaris. Jika kamu ingin menghiasinya, maka siapkan juga spidol, manik-manik, cat warna, lem dan bahan-bahan hiasan lainnya sesuai keinginan.

 

Potong Kardusnya

bacaterus.com
bacaterus.com

Jika semua bahan sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah menggunting kardus tersebut. Guntinglah bagian kardus yang ingin digunakan sebagai bingkai foto supaya terpisah dari kardusnya. Buatlah dua potonngan, yakni bagian belakang dan bagian depan bingkai foto.

Pastikan kamu menggunting dengan ukuran yang jauh lebih besar dari foto yang ingin dipasang didalamya. Pada tahap ini, kamu tidak perlu mengguntingnya terlalu rapi karena dibagian ini kita hanya akan memisahkannya dari bagian kardus yang lain.

Selanjutnya silahkan kamu rapikan potongan kardus dan tentukan ukurannya, Jika kamu ingin meletakkan foto berukuran 4×6, maka potonglah kardus menjadi berukuran sekitar 4×8. Dengan begitu, kamu akan mempunyai bingkai sebesar 1 inci disekeliling fotonya.

Namun bila ukuran 1 inci dirasa terlalu kecil atau besar, maka kamu bisa menyesuaikan sendiri ukurannya sesuai dengan yang diinginkan. Kalau kamu tidak suka dengan bentuk yang persegi, maka kamu bisa memotong kardus menjadi segitiga, bulat atau bentuk lainnya.

Lubangi Bagian Tengah

bacaterus.com
bacaterus.com

Silahkan lubangi bagian tengah dari kardus untuk memperlihatkan foto yang nantinya akan kamu taruh. Jika ukuran 2×4 inci, maka potonglah sesuai ukuran tersebut. Namun sebaiknya kamu memotong kurang dari ukuran yang diinginkan agar tidak ada jarak antara foto dengan bingkainya.

Hiasi Bingkainya

bacaterus.com
bacaterus.com

Selanjutnya kamu akan memasuki tahap dekorasi. Silahkan cat atau beri warna bingkai sesuai warna yang diinginkan. Kamu bisa menghiasinya dengan warna-warna tertentu atau bisa juga dengan membuat pola yang unik seperti pola batang kayu dan yang lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan dengan berbagai hiasan lain di atasnya, seperti manik-manik, pita, kancing kertas hias dan berbagai hiasan lainnya.

Tutup dengan Cover Belakang

bacaterus.com
bacaterus.com

Bingkai bagian depan sudah dihias, kini kamu bisa menggabungkan semua elemen bingkainya. Namun sebelumnya, potong terlebih dahulu bingkai yang nantinya akan dijadikan penutup bagian belakang supaya sama ukurannya dengan bingkai bagian depan.

Selanjutnya simpan bingkai penutup tersebut di bawah, kemudian pasang foto di atasnya dan tutup dengan bingkai bagian depan. Tempelkan ketika bagian tersebut menggunakan lem sampai benar-benar menempel dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Kamu juga bisa melapisinya dengan plastik bening supaya mirip seperti kaca pada bingkai kayu. Namun perlu diperhatikan, kamu harus sering-sering mengganti plastiknya agar bingkai plastik foto tidak menjadi buram.

Buat Dudukannya

bacaterus.com
bacaterus.com

Langkah terakhir adalah membuat dudukannya. Pertama-tama, cari kardus yang lumayan tebal dan kuat untuk menopang bingkai foto yang sudah kamu buat. Setelah itu, potonglah kardus yang bentuknya seperti dasi. Sesuaikan antara panjang dengan tinggi bingkai foto yang kamu buat. Terakhir, tempelkan dudukannya ke cover penutup dari bingkai foto.

Demikian cara membuat bingkai foto dari kardus bekas, Kamu bisa meletakkan bingkai ini di dekat tempat tidur kamu, di atas meja belajar dan di atas lemari. Namun jika kamu ingin menempelkannya di dinding, maka kamu tidak perlu membuat dudukannya. Jangan lupa baca juga artikel 9 Kreasi Kardus Bekas yang Bisa Dijadikan Inspirasi.

2 pemikiran pada “Cara Mudah Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas”

Tinggalkan komentar