Ciri-ciri Bunga Mawar Berdasarkan Jenisnya

 Bunga Mawar merupakan jenis tanaman semak yang berasal dari genus Rosa dan sekaligus menjadi nama dari bunga yang dihasilkan oleh tanaman ini. Spesies Mawar pada umumnya merupakan tanaman semak berduri atau tanaman merambat yang tingginya bisa mencapai 2-5 meter, meskipun hal ini jarang ditemui.

Ciri ciri bunga mawar secara umum bisa kita lihat dari bentuk bunganya yang mempunyai mahkota bunga berjumlah lima helai dengan berbagai macam warna. Batangnya beduri, dengan permukaan kulit batang yang licin.

Mawar ini dapat tumbuh dengan subur di daerah yang beriklim sedang. Walaupun begitu, ada juga beberapa kultivar (hasil penyambungan/grafting) yang mampu tumbuh di daerah yang memiliki iklim subtropis. Secara umum mawar taman dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu wild rose (mawar liar) dan old garden rose (hasil persilangan) yang diantaranya adalah.

 

Mawar Putih (White Rose)

gambarbergeraklucu.blogspot.com
gambarbergeraklucu.blogspot.com

Mawar Putih merupakan Mawar Taman yang paling tua yang dibawa oleh bangsa Romawi Kuno ke daratan Inggris dan dijadikan sebagai lambang kesucian.

Ciri-ciri

Bunganya berwarna putih dengan bau yang yang sangat harum.
Batangnya berduri, namun halus dan licin.

Mawar Merah (Red Rose)

deloiz.blogspot.com
deloiz.blogspot.com

Mawar Merah merupakan salah jenis tanaman dari genus Rosa yang dijadikan sebagai simbol cinta kasih dan juga untuk menyatakan perasaan kepada pasangan.

Ciri-ciri

Bunganya berwarna merah dengan bentuk yang sangat indah.
Batangnya berduri tajam, serta daunnya bergerigi pada bagian samping.

Mawar Kuning (Yellow Rose)

tokopedia.com
tokopedia.com

Mawar Kuning merupakan salah satu jenis mawar yang hanya bisa kita temui di tempat-tempat tertentu saja. Meskipun begitu mawar ini juga tak kalah menarik untuk dijadikan sebagai penghias taman.

Ciri-ciri

Bunganya berwarna putih dengan bau yang yang sangat harum.
Batangnya berduri, namun halus dan licin.

Mawar Tanah (Rose Groud)

tokopedia.com
tokopedia.com

Mungkin jenis mawar yang satu ini cukup asing ditelinga kamu. Karena mawar yang satu ini sudah sangat sulit untuk ditemui.

Ciri-ciri

Berkembangbiak dengan cara merambat.
Bunganya berwarna merah dan putih.
Batangnya halus dan licin.

Tinggalkan komentar