Ingin Keberkahan Sepanjang Hari? Baca Doa Pagi Hari Terlebih Dahulu

Waktu pagi merupakan waktu yang sangat penting dan menjadi patokan kesuksesan untuk hari itu. Jika paginya diisi dengan hal-hal yang positif, maka biasanya sepanjang harinya pun diisi dengan hal-hal yang positif. Begitu juga sebaliknya.

Sebagai seorang muslim, selain melakukan kegiatan positif di waktu pagi. Sudah sepantasnya kita mengawal hari dengan bedoa kepadaNya. Karena supaya kita mendapatkan berkah dariNya. Keberkahan pagimu, menentukan keberkahan sepanjang harimu.

Nah, pada kali ini kita akan membahas doa di pagi hari. Yuk, simak dengan seksama.

Doa di Pagi Hari atau Doa Waktu Pagi Tiba

http://mazainulhasan1.sch.id/
mazainulhasan1.sch.id

اَللهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya : “Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali“.

Selain itu, ada beberapa juga versi lain dari doa pagi hari. Antara lain sebagai berikut.

Alloohummaj’al awwala haadzan nahaari sholaahan wa ausathohu najaahan, wa aakhirohu falaahan, yaa arhamar roohimiin

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah permulaan hari ini suatu kebaikan, dan pertengahannya suatu kemenangan, dan penghabisannya suatu kejayaan, wahai Tuhan yang paling Penyayang dari segala penyayang“.

Atau

Alloohumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqon thoyyiban wa ‘amalan mutaqobbala

Artiinya “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang berguna, rezeki yang baik dan amal yang baik diterima”. (HR. Ibnu Majah).

Sumber Doa

ummi-online.com
ummi-online.com

Dari Ummu Salamah RA, bahwasanya Nabi Muhammad SAW jika selesai shalat Shubuh selepas salam beliau membaca:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Artinya: “Ya Allah, Sungguh aku minta kepada-Mua ilmu ilmu yang manfaat, rizki yang baik, dan amal yang diterima”. (HR. Ahmad, Ibnu Majah)

Kapan Dibacanya?

ceppek.wordpress.com
ceppek.wordpress.com

Sebaiknya doa ini dibaca setelah selesai shalat Shubuh. Bisa juga termasuk bacaan zikir setelah shalat subuh. Namun, doa ini dikhususkan pada shalat Shubuh saja. Hal ini sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW menurut prenuturan dalam Musnad Ahmad, “Beliau membaca fi dubur al-Fajri (di belakang shalat fajar) jika beliau sudah selesai shalat”.

Keutamaan Doa di Pagi Hari

ummi-online.com
ummi-online.com

Doa ini selalu dibaca setiap pagi oleh Nabi Muhammad SAW. Tepatnya ketika sudah selesai mengerjakan shalat Shubuh. Hal ini saja tentu sudah menunjukkan keutamaannya.

Adapun isi dari doa ini sungguh sangat luar biasa. Berisi arahan untuk seorang muslim Dalam mengisi harinya. Supaya tidak lepas dari mencari ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, serta amal shalih yang diterima.

Seorang muslim harus memulai harinya dengan bertawajjuh kepada Allah SWT supaya diberi tiga permintaan yang sangat dibutuhkan dalam hidupnya. Ia meminta tolong kepada Allah supaya dibantu untuk mewujudkan harapannya yang mulia ini.

Demikian penjelasan mengenai doa di pagi hari. Untuk menambah wawasan kamu dalam dunia islami, kamu bisa membaca artikel lainnya mengenai doa bercermin dan doa sebelum tidur. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

 

Tinggalkan komentar