Ingin Tidur Kamu Bernilai Ibadah? Lakukan Hal-hal Berikut Ini

DO’A SEBELUM TIDUR – Setelah bekerja seharian, pada malam harinya tentu kamu semua membutuhkan yang namanya tidur. Tidur nyenyak dan berkualitas bisa mengembalikan kekuatan dan energi kamu menjadi pulih kembali. Namun, sadarkah bahwa kita sebagai muslim diperintahkan menjadikan setiap aktivitas kita bernilai ibadah? Sudah kita ketahui semua bahwa manusia diciptakan oleh Allah untuk beribadah. Lantas, bagaimana caranya menjadikan tidur bernilai ibadah? Sebenarnya mudah saja, kamu cukup mengikuti tuntunan adab Islam dalam tidur.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas amalan-amalan, doa sebelum dan sesudah tidur. Hal ini dimaksudkan agar tidur kita bernilai ibadah. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Berwudhu Sebelum Tidur

flickr.com
flickr.com

Sebelum tidur hendaknya berwudhu. Hal ini dimaksudkan agar kamu tidur dalam keadaan suci. Rasulullah SAW “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu ntuk melakukan shalat”. (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Mengambil Posisi Tidur Berbaring ke Kanan dan Tidak Tengkurap

baitulmaqdis.com
baitulmaqdis.com

Amalan selanjutnya yaitu mengambil posisi tidur berbaring ke kanan serta tidur tidak dalam posisi tengkurap. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla”. (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Meniup Kedua Tangan Sambil Membaca Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq, dan Surat An-Nas

ummi-online.com
ummi-online.com

Membaca surat Al-Ikhlash, surat Al-Falaq, dan surat An-Naas masing-masing sekali sambil meniup kedua telapak tangan. Kemudian mengusap kedua telapak tangan yang sudah ditiupkan sebelumnya ke wajah dan bagian tubuh yang dapat kamu jangkau sebanyak tiga kali. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

Nabi Saw ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (QS Al-Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (QS Al-Falaq), dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (QS An-Naas). Lalu beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali”. (HR. Bukhari no. 5017).

Membaca Ayat Kursi

anaksholeh.net
anaksholeh.net

Seseorang di zaman Rasulullah SAW berkata. “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Menanggapi hal itu, kemudian Rasulullah SAW bersabda. “Benar apa yang dikatakannya, padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari no. 3275).

Membaca Doa Sebelum Tidur

pzhgenggong.or.id
pzhgenggong.or.id

Rasulullah SAW bersabda. “Apabila Nabi Saw hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no. 6324).

Nah, berikut ini bacaan doa sebelum tidur dilengkapi dengan artinya.

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

Bismikallaahuma Ahyaa wa Bismika Amuutu

Artinya: “Dengan menyebut nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut Nama-Mu aku mati“.

Doa Bangun Tidur

Menyiapkan mental berjuang dengan beribadah
ibtimes.co.uk

Di poin-poin sebelumnya kita sudah membahas amalan serta doa sebelum tidur. Nah, ketika bangun tidur, sudah sepantasnya yang pertama kali diingat itu adalah Allah SWT. Adapun untuk penerapannya, kamu bisa membaca doa bangun tidur.

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillaahil Ladzii Ahyaanaa Ba’da Maa Amaatanaa Wailaihin Nusyuur

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada-Nya (kami) akan dibangkitkan“.

Demikian penjelasan mengenai amalan-amalam sunah sebelum tidur yang disertai doa sebelum dan sesudah tidur. Untuk menambah wawasan, kamu bisa membaca artikel lainnya tentang manfaat tidur siang. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar