25 Inspirasi Unik Untuk Hiasan Kamar Kamu

HIASAN KAMAR – Setiap rumah biasanya memiliki kamar, yaitu ruang bersekat yang dapat difungsikan sebagai tempat makan, tempat tidur, dan lain sebagainya. Di Indonesia, jika kita menyebut kata kamar saja biasanya akan merujuk pada kamar tidur.

Sesuai namanya, kamar tidur digunakan untuk tidur. Biasanya pada malam hari kamar ini dipakai untuk merebahkan diri, melepas lelah setelah beraktifitas sepanjang hari.

Kita sajikan video dari Netmedia tentang mempercantik ruangan, barangkali kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dari video ini, silahkan ditonton.

Oleh karena itu, kamar tidur selayaknya diperhatikan betul dekorasinya agar menunjang kenyamanan istirahat.

Secara lebih detail hiasan kamar memberikan manfaat sebagai berikut,

1. Menjadikan Ruang Kamar Semakin Indah

Kamar yang dibiarkan polos tanpa hiasan akan terkesan kaku dan tidak memiliki fungsi lain. Sehingga kamar yang seharusnya bisa menjadi tempat kita mencurahkan keluh kesah menjadi tidak berfungsi seperti itu. Kamar tidak ubahnya hanya sebagai ruangan biasa tempat kita terpejam, ah, tetapi mungkin memejamkan mata pun sulit bila kamar kita tidak kita sukai. Maka, dengan hiasan kamar, kamu akan bisa menambah kenyamanan saat berada di kamar tersebut dan membuatmu terpejam lebih cepat.

2. Menunjukkan Kepribadian Pemilik Kamar

Barang-barang atau perkakas, serta hiasan dinding yang berada di dalam kamar juga menciptakan suasana yang lebih personal. Jadi, siapa saja yang masuk ke kamar kamu maka orang lain akan sedikit mengetahui bagaimana kepribadian pemilik kamarnya seperti apa. Bukan hanya dilihat rapi atau tidaknya saja, tetapi juga bisa mengetahui hal menarik lainnya; hal yang disukai, selera, kreatifitas, dan juga kesan-kesan lainnya.

Artinya hiasan kamar akan membantu menambahkan pencitraan yang baik. Apalagi bila perpaduan hiasan kamar, warna dinding, dan perabotan lain dipilih secara apik.

3. Menutup Bagian Dinding yang Rusak

Menambahkan hiasan kamar, khususnya hiasan dinding kamar juga bisa sebagai alternafi untuk menutupi dinding yang sudah rusak, misal dinding mengalami keretakan, noda, cat terkelupas, dll. Semua bentuk kerusakan tersebut apabila terlihat ‘telanjang’ tentu akan mengurangi kenyamanan sang pemilik kamar, apalagi orang lain yang masuk ke kamar itu, kan? Nah, jadi seperti itu.

Kamar-kamar di bawah ini mungkin akan memberimu inspirasi bagaimana cara menghias ruangan kamar supaya tetap indah dan nyaman.

Cermin yang dapat memantulkan bayangan akan membuat kamarmu terasa lapang

Kaca
24yes.net

Seperti yang kita ketahui bersama, cermin dapat memantulkan bayangan di depannya. Jika hal ini kamu terapkan ke dalam kamar, cermin akan memberikan efek kamar yang tampak lebih luas.

Cuma harus merogoh kocek lumayan, karena cermin yang dipasang ngga bisa sembarangan. Kalau hanya asal cermin khawatir nanti diketok sama anak-anak pecah malah membahayakan.

Gunakan tirai jika ada jendela di kamarmu

Tirai kain
alpenio.com

Ada berbagai macam warna dan pola tirai yang dijual di pasaran. Pilihlah salah satu yang sesuai dengan seleramu untuk dipasang di jendela kamarmu.

Sama seperti pakaian sih, ada baiknya beli beberapa setel, supaya 2 pekan sekali bisa ganti dengan nuansa yang lain. Selain menjaga kebersihan (kesehatan) juga membuat penghuni tetep merasa fresh sepanjang waktu.

Tirai daur ulang cocok diterapkan pada pintu masuk kamarmu.

Tirai daur ulang
domechti.ru

Tidak ada salahnya kamu juga memasang tirai di pintu masuk. Tirai daur ulang yang dapat kamu buat sendiri cocok untuk dipasang di sana. Buat saja tirai dari kancing-kancing baju, CD bekas, dan lain sebagainya.

Selain memperindah kamar, kamu dapat lebih memanfaatkan barang-barang bekas di rumah. Tapi kalau memang kamu-nya pemalas :p ya beli yang sudah jadi juga ngga masalah.

Intinya, dengan ada hiasan ini akan menambah kesan cantik ruangan kamu.

Hiasi kamarmu dengan origami

Origami
treksandtreats.com

Origami merupakan seni melipat kertas. Salah satu bentuknya yaitu origami burung kertas. Kamu dapat menggantungkan burung-burung kertas pada atap kamarmu.

Untuk bisa menerapkan ini, pastinya kamu harus punya skill origami kan? Kalau belum bisa, di YouTube ada banyak kok tutorialnya. Selain murah meriah, origami juga akan membuat hari-hari kamu jadi lebih enerjik karena warna-warni yang cerah berseri.

Tempelkan peta pada kamar anak-anak untuk membantu mereka belajar

Peta
expressen.se

Anak-anak seringkali membutuhkan ilustrasi gambar untuk memahami sesuatu. Peta yang menempel di dinding kamarnya akan membantunya dalam memahami pelajaran sosial. Mereka juga akan belajar tentang negara-negara di dunia.

BACA JUGA: 43+ Hiasan Dinding Untuk Dekorasi Kamar yang Bagus dan Unik

Ingat bahwa anak-anak itu mudah menyerap informasi baru, termasuk informasi yang njlimet seperti di dalam peta. Kamu sendiri pasti ingat semasa kecil dulu bisa dengan mudah menghafal lokasi-lokasi di dalam peta kan? Ini akan melatih kecerdasan otak anak-anak yang sering main ke kamar kamu.

Bagi kamu yang dewasa, juga tidak masalah jika ingin menerapkan hiasan peta di kamar

Peta
designzoom.ru

Tidak ada larangan bagi kamu yang sudah dewasa untuk menghias kamar dengan peta. Tidak ada aturan bahwa hiasan peta hanya untuk anak-anak. Coba perhatikan desain peta di atas, itu cool banget. Tidak terlalu formal tapi tetap bisa dipahami.

Nah, masalahnya, kalau mau cari desain peta yang seperti itu di Indonesia di mana ya? Ngga ada! Solusinya kamu bisa pesan ke jasa wallpaper (dinding) dan request custom design. Biasanya agak mahal biayanya, tapi ngga apa-apa kalau hasilnya memang berkelas.

Rak minimalis akan memberi kesan elegan pada kamarmu

Rak
exeoinc.com

Kamu juga bisa meletakkan rak di dalam kamarmu sebagai hiasan. Pada rak tersebut tidak melulu diisi buku. Kamu dapat mengisinya dengan vas bunga, boneka, dan benda-benda yang lain.

Sesekali perlu untuk punya rak yang desainnya ngga pasaran. Seperti gambar di atas contohnya. Kamu bisa datang ke jasa interior dan curhat sebanyak-banyaknya pada mereka, supaya desain lemari atau rak yang kamu inginkan benar-benar sesuai dengan apa yang kamu bayangkan.

Klik SELANJUTNYA.

Tempelkan sticker yang dapat bercahaya dalam gelap

Sticker bercahaya dalam gelap
puyki.com

Terutama bagi kamu yang takut gelap, sebaiknya tempel sticker yang dapat bercahaya dalam gelap. Sudah ada banyak sticker seperti ini di pasaran. Bentuknya pun tidak melulu bintang dan bulan. Kamu dapat mencari sesuai selera.

Atau, bisa juga dengan membeli lampu disko, begitu istilah populernya. Lampu yang bisa memancarkan cahaya ke dinding-dinding ruangan dan berputar secara perlahan. Akan menjadi teman pengantar tidur yang menyenangkan.

Ubah kasurmu yang biasa-biasa saja menjadi kasur yang luar biasa

Kasur
homeimprovementinsights.com

Jika kasurmu bentuknya biasa-biasa saja, cobalah mengubahnya menjadi bentu-bentuk yang unik. Misalnya dengan memberikan pilar pada masing-masing sudutnya seperti gambar ini.

Terlihat lebih menarik bukan? Tapi ada kesan angker-angkernya dikit sih, hehe.

Beri tirai pada kasurmu untuk menciptakan kesan klasik

Tirai kasur
krusto.ru

Kesan klasik akan tampak pada kasur yang memiliki tira. Selain itu, tirai ini juga dapat difungsikan sebagai pelindung bagimu dari serangan nyamuk.

Yang pasti, satu kata untuk kasur ini; Romantis!

Tempelkan sticker pohon untuk menciptakan kesan alam bebas

Sticker pohon
vissbiz.com

Sticker berbentuk pohon ini menimbulkan kesan seakan-akan kamu berada di alam bebas. Kamu tidak akan merasa terkungkung di dalam ruangan.

Ini juga sebenarnya jadi agak angker, tapi buat beberapa orang, yang seperti ini menjadikan suasana lebih seru.

Sticker quotes akan meningkatkan semangatmu

Quotes
theshabbyvanity.com

Jika kamu sering susah meninggalkan kasur, cobalah cari sticker yang berisi quotes bijak. Dengan demikian kamu akan tidur dengan nyenyak dan bangun dengan semangat.

Salah satu yang perlu diperhatikan ketika hendak memasang quotes sebesar ini adalah kata-kata yang ingin ditampilkan. Jangan sampai keliru, karena kalau salah pilih bisa membuat kamu cepat bosan. Bukannya menambah semangat, malah nganggur sekedar pajangan saja.

Hiasan lampu akan mempercantik kamarmu

Lampu
webgreenland.com

Lampu hias yang banyak dijual di pasaran dapat kamu terapkan pada tembok kamarmu. Cahayanya yang kerlap-kerlip akan mempercantik kamar.

Bermain dengan warna untuk berganti suasana

Warna
raykophoto.com

Jika bosan dengan suasana kamarmu, warna-warni tembok mungkin akan mengembalikan mood kamu. Kamu dapat sekaligus menggunakan banyak warna dalam satu kamar.

Sekali waktu, mewarnai ruangan kamar memang diperlukan, mengatasi kejenuhan dan membuat gairah menjadi lebih hidup. Tapi, pelajari juga warna-warna yang ada karena bisa berpengaruh terhadap psikologi. Bisa baca ulasan ini untuk pemilihan warna; Kombinasi Warna Cat Untuk Ruangan Rumah.

Untuk kamu yang suka jalan-jalan, gunakan tema petualang

Kasur traveler
votewaynekrieger.com

Seperti pada gambar ini. Kasur yang berbentuk seperti tenda terbuka. Ruangan dan tembok yang didekorasi seperti layaknya sebuah tempat di pinggir jalan di sebuah gurun.

Unik ya, setiap sudut dari kamar seperti gambar di atas tidak ada yang luput dari sentuhan modifikasi. Mulai dari pemilihan lantai sampai atap-langit-langit.

Untuk kamu yang suka ikan, gunakan tema aquarium

Kasur aquarium
thetoc.gr

Seperti pada gambar ini. Kasur di kamar ini menyatu dengan sebuah aquarium sehingga kamu dapat melihat ikan yang berenang ketika hendak tidur.

Kalau desain di atas dirasa terlalu kaku, kamu bisa menambahkan aquascape di ruangan kamar supaya nuansa bawah laut tetap terasa hidup. Baca ini untuk lebih jelas tentang aquaspace; Cara Membuat Aquascape.

Untuk kamu yang suka petualangan laut, gunakan tema bajak laut

Kasur bajak laut
kuwans.com

Seperti pada gambar ini. Kasur berbentuk kapal. Tembok yang dilukis sehingga menyerupai pulau yang menyimpan harta karun.

Untuk kamu yang suka kehidupan luar angkasa, gunakan tema antariksa

Sticker antariksa
dekor.net.ua

Seperti pada gambar ini. Tembok kamar ini ditempeli sticker bertema antariksa, terdapat planet, astronot, dan roket.

Untuk kamu yang suka hewan, gunakan tema binatang

sticker binatang
necozio.com

Seperti pada gambar ini. Sekawanan monyet bergelantungan di pohon. Gajah, jerapah, dan burung juga ada di sana. Ada pula bayi beruang. Tampak seperti sebuah kebun binatang di dalam kamar.

Untuk kamu yang cinta laut, gunakan tema laut lengkap beserta kapal dan ikannya

Laut
pauzicka.zoznam.sk

Seperti pada gambar ini. Ikan-ikan seakan berenang bebas. Sebuah kapal besar seakan sedang berlabuh.

Untuk kamu yang suka alam liar, gunakan tema hutan

Hutan
forums.roro44.net

Seperti pada gambar ini. Terdapat pohon lebat dan beberapa kulit buah berserakan di sekitarnya.

Untuk kamu yang suka warna cerah, gunakan tema pelangi

pelangi
fancy.com.hr

Kamu suka semua warna cerah? Coba saja aplikasikan semua warna pada setiap detil kamarmu. Misalnya dengan menggunakan seprai warna-warni pelangi seperti ini.

Super Mario

spritestitch.com
spritestitch.com

Ini cocok buat para pecinta game Super Mario. Mungkin yang kenal sama permainan ini cuma mereka yang pernah hidup di era 90-an ya.

Cuma tumpukan lemari kotak biasa, tapi dikasih background yang bernuansa game. Kesannya jadi unyu dan menarik. Apalagi ditambah kotak sampah di bagian pojok bawahnya.

Jadi Mirip Arena Basket

hiasan dekorasi dinding kamar
imgur.com

Yang hobi olahraga pasti senyum-senyum lihat inspirasi yang ini. Out of the box banget ya. Kalau diperhatikan itu simple, cuma penataan (tata letaknya) cerdas dan efektif.

Tidur di kamar ini rasanya jadi bugar terus karena serasa lagi di arena olahraga.

Santai Tapi Serius

imgur.com
imgur.com

Kalau ruang kamar kamu dibuat jadi begini, kamu bakal jadi rajin apa jadi leha-leha? Pasti bingung jawabnya. Soalnya memang nuansa di tempat ini mempunyai 2 karakter yang digabung jadi satu, yaitu santai dan serius.

Yang membuatnya makin menarik adalah, kombinasi 2 karakter ini bisa membuat tata letaknya tetap kelihatan mempesona.

Lukisan Kartun Bunga

hullalla.com
hullalla.com

Buat kamu yang suka menggambar kartun bunga, atau doodle art. Tema dinding kamar di atas bisa jadi pilihan terbaik. Karena kalau ruangan kamar kamu dibuat seperti itu, akan menimbulkan kesan ceria sehingga kamu akan betah di dalam kamar.

Selain itu, kamar akan menjadi obat penyembuh dari rasa galau dan sedih bila kamu memakai tema kartun bunga. Coba saja bayangkan kamu berada di sana. Dan yang lebih penting, tetap terlihat indah namun lega.

Mungkin kalau memakai pot bunga asli dan bunga asli, space yang digunakan akan lebih banyak sehingga benda-benda lain yang kamu miliki tidak cukup muat untuk ditaruh di meja samping kasur tidur di atas, misalnya.

Nah, bagaimana?

Foto Kenangan

hipwee.com
hipwee.com

Nah, untuk yang satu ini menjadi hiasan dinding bagus untuk digunakan buat kamu-kamu yang suka kangen berat dengan sahabat-sahabat seperjuanganmu, baik itu di sekolah ataupun di kampus. Dengan menempelkan foto-foto di dinding kamar, kamu akan senantiasa ingat pada mereka dan rindu.

Sehingga silaturahim akan terus terjaga meskipun sudah terpisah jarak. Foto-foto yang disematkan di dinding tersebut juga bisa diganti dengan foto keluarga, agar sebelum tidur dan setelah bangun tidur semangat kamu tetap terjaga.

Kenapa? Karena kamu akan merasa bahwa di dunia ini, kamu tidak sendiri. Ada keluarga yang mendukung karier dan perjalanan pendidikanmu. Juga, agar kamu tidak mudah menyerah pada keadaan sulit. Kan ada keluarga?

Ditambah, hiasan dinding kamar foto tidak memerlukan biaya yang mahal dan space yang digunakan pun sedikit.

Hiasan Dinding Action Figure

zonadesain.com
zonadesain.com

Satu kata: Menarik! Hiasan dinding action figure ini sangat bagus diterapkan bagi kamu yang gemar sekali pada anime, kartun, dan tayangan-tayang serupa. Ada satriabajahitam, ada Winnie the pooh, dll.

Kesan yang ditampilkan hiasan dinding tersebut adalah ceria dan anak-anak, tetapi bukan tidak cocok untuk dipakai oleh orang yang sudah dewasa. Hobi akan tetap menjadi hobi, banyak sekarang orang dewasa yang mengumpulkan action figure lalu dipajang saja dalam lemari sebagai koleksi.

Nah, kenapa tidak dicoba dijadikan hiasan dinding?

Hiasan Dinding Minimalis Kelap Kelip

soalkamar.com
soalkamar.com

Hiasan dinding yang satu ini adalah hiasan dinding yang sangat unik. Karena terbuat dari bahan yang dapat memantulkan cahaya. Jadi ketika lampu kamar dihidupkan, otomatis bulatan-bulatan yang menempel pada kayu (yang dibentuk pohon) akan memantulkan cahaya terang.

Hiasan dinding akan menambah keeleganan kamar tidur kamu.

Suasana Alam Terbuka

rumahbagusminimalis.com
rumahbagusminimalis.com

Wallpaper atau hiasan dinding kamar yang satu ini akan membawamu pada relaksasi yang maksimal. Dinding putih yang hanya dihiasi satu siluet pohon memberikan kesan luas dan tenang.

Hiasan dinding yang elegan dan cocok untuk terapkan bagi kalian yang mempunyai kepribadian melankolis dan plegmatis. Jadi surga dunia, deh.

Dinding Kupu-kupu dan Bunga

sementigaroda.com
sementigaroda.com

Hiasan dinding yang satu ini sungguh imut. Cocok untuk kamu yang feminism dan senang dengan bunga. Hiasan yang sederhana tapi dapat membuat kamarmu lebih cantik daripada polos.

Akan membawa kamu seperti di negeri dongeng. Apalagi ditambah dengan rak boneka di bawahnya yang akan menambah lucu ruangan kamar kamu.

Casing Jam Handmade

hipwee.com
hipwee.com

Satu yang bisa digunakan sebagai hiasan dinding di kamar kamu adalah jam. Dan untuk memperindah tampilan jam dindingmu kamu bisa mencoba untuk merubah casing jam dengan kumpulan kertas bekas yang digulung-gulung lalu ditempelkan satu sama lain sehingga membentuk seperti gambar di atas.

Cantik bukan? Nah, ayo sekarang coba buat!

Mengganti Nomor Jam dengan Foto

caradesain.com
caradesain.com

Nah, kalau gak mau ribet mengganti casing jam dengan kumpulan kertas bekas yang digulung, kamu bisa mengganti nomor jam dengan foto-foto kenangan kamu semasa kecil atau foto-foto pemandangan.

Kamar Tema Surfing

desainkamarmodern.com
desainkamarmodern.com

Kamar tema surfing sangat cocok bagi kamu yang mempunyai hobi tersebut. Plus kamu bisa menambahkannya dengan aksesoris kamar berupa papan selancar di atas dipan tempat tidur atau dibuat berdiri di samping dipan.

Agar lebih mantap, bisa juga dengan memasang wallpaper orang yang sedang surfing.

Hiasan Kamar Cockpit

desainkamarmodern.blogspot.co.id
desainkamarmodern.blogspot.co.id

Ini sangat keren! Tema kamar cokpit memang laki banget. Buat kamu yang punya cita-cita jadi pilot direkomedasikan untuk memakai tema ini.

Dengan tema kamar cockpit, kamarmu akan lebih baik. Sebelum tidur kamu bisa membayangkan bahwa kamu sedang berada dalam cockpit pesawat terbang.

Kasur Rak Buku

desainkamarmodern.blogspot.co.id
desainkamarmodern.blogspot.co.id

Apabila kamu tidak memiliki cukup tempat untuk menyimpan rak buku, maka ada pilihan lain. Selain menyelamatkan space kamar juga bisa menambah keindahan suasana kamar.

Caranya adalah dengan menumpuk buku-buku tersebut secara rapi di dipan kasur tidur kamu.

Wallpaper Pohon Rindang

satujam
satujam

Bila kamu menginginkan hiasan dinding yang simple tetapi elegant, kamu bisa menggunakan hiasan berupa stiker pohon rindang berwarna hitam. Atau bisa dibilang siluet pohon. Untuk menambah keelegan-an baiknya memang tembok berwarna putih.

Kenapa? Karena hal tersebut akan membuat siluet pohon yang kamu pakai terlihat lebih mencolok. Bisa juga ditambahkan (agar lebih elegan) dengan benda-benda lain seperti rak buku, lampu berdiri, lemari, dll. Tetapi disarankan warnanya putih.

Tema Hati

satujam

Berfoto adalah salah satu alasan orang untuk membuat sebuah momen abadi. Apalagi momen yang diabadikan tersebut merupakan momen terbaik yang menjadikan kenanganmu indah. Entah itu foto-foto bersama keluarga, guru, teman, dan orang tua.

Seperti foto yang dipasang dengan memakai bingkai, foto yang ditempel saja memang sangat biasa. Tetapi untuk mensiasati hal ini kamu bisa mendesain layout atau bentuk dari foto-foto yang ditempelkan menjadi bentuk hati, atau bentuk yang lain juga. Tergantung tingkat kreatifitasmu dalam menyusunnya.

Caranya mudah, tinggal buat sketsa di atas dinding kamar lalu mulai menempelkan foto-foto kenangan kamu.

Hiasan Kamar CD Bekas

satujam
satujam

Kalau kamu punya Compact Disc Bekas jangan dibuang!. Kepingan CD yang sudah tidak dipakai tersebut bisa kamu gunakan sebagai hiasan dinding yang cantik. Untuk membuat hiasan tersebut juga caranya terbilang cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengumpulkan CD bekas dan lem (disarankan super glue). Lalu kemudian tempel CD bekas tersebut di dinding dengan menggunakan lem tadi. Tetapi, kalau mau lebih cantik dan indah, bisa kamu buat dulu polanya agar nanti enak dipandang.

Apa efek menempel CD di dinding kamar? Kamarmu akan lebih indah terkesan ceria karena kepingan CD tersebut akan memantulkan cahaya dengan gradasi pelangi.

Indah bukan?

Hiasan Kamar dari Kertas Kado atau Majalah

family.fimela.com
family.fimela.com

Di rumah kamu banyak kertas kado atau majalah bekas, tetapi masih merasa sayang untuk dibuang? Nah, tidak ada salahnya kalau bekas kertas kado atau majalah tersebut dipakai untuk membuat hiasan di kamar kamu agar lebih indah. Selain karena tidak membutuhkan biaya yang banyak, cara membuatnya pun sangat mudah.

Paling pertama adalah menentukan hiasan seperti apa yang ingin kamu buat sebagai hiasan kamar dari kertas kado. Gambar polanya. Misal seperti pada gambar, kamu membuat hiasan kamar dengan bentuk kipas.

Kamu cukup melipat-lipat kertas tersebut dengan presisi sampai melingkar seperti kipas. Langkah selanjutnya adalah dengan merekatkan awal lipatan dan ujungnya agar berbentuk lingkaran. Langkah yang terakhir adalah menempelkan lipatan tersebut ke dinding kamar sesuai dengan keinginanmu.

Hiasan Kamar dari Kertas Karton

satujam
satujam

Hiasan dinding yang satu ini simpel sekali untuk dibuat. Cukup dengan menyediakan kayu berbentuk persegi panjang atau bisa juga dengan menggunakan canvas bekas yang dicat ulang. Bebas, terserah kamu mau warna apa saja, tetapi kami mencontohkan di gambar dengan warna putih.

Siapkan karton, cukup satu buah. Tetapi bila ingin lebih boleh ditambahkan menjadi 2 lembar karton. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggunting karton panjang-panjang lalu kemudian dilipat-lipat sehingga membentuk buanga dengan 4 kelopak yang runcing.

Ujung-ujungnya ditambahkan lem agar tidak lepas, karena meskipun dilipat dengan sempurna, kertas tetap mempunyai gaya dorong yang bisa melepaskan ujung satu dengan ujung lainnya. Jadi perlu direkat dengan lem.

Setelah itu, lem lagi bunga-bunga runcing yang sudah dibuat tadi ke atas canvas atau kayu putih tadi. Kemudian pasang paku di dinding dan … tara, gantungkan kanvas tadi.

Kamarmu jadi lebih menarik. Gampang kan?

Hiasan Kamar Lampu Nanas

rumahkuminimalis.net
rumahkuminimalis.net

Untuk mempercantik kamar kamu, kamu bisa menambahkan sebuah lampu. Tapi … kalau lampu biasa saja agaknya masih kurang menarik dan tidak terlalu membuat kamarmu enak dipandang.

Nah, kamu bisa mencoba untuk menambahkan hiasan kamar lampu nanas yang unik dan lucu. Kamu bisa membuatnya manual atau membelinya di toko-toko yang menyediakan lampu ini. Tetapi menurut kami, lebih baik kamu membuat sendiri agar hasilnya tidak mengecewakan dan merasa puas.

Caranya gampang, kamu tinggal siapkan karton atau mika kasar setengah transparan warna hijau dan kuning. Untuk membuat kulit nanas, kamu tinggal gunting-gunting mika kasar tadi dengan bentuk seperti gambar di atas, lalu tempelkan dengan superglue. Pertanyaannya, bagaimana kok bisa mengembang seperti itu? Nah, cara agar mengembang seperti itu adalah dengan membuat dulu rangkanya memakai kawat. Kebayang kan?

Lanjut. Kemudian untuk membuat daunnya, menggunakan mika kasar warna hijau. Gunting-gunting sampai menyerupai daun buah nanas.

Ucapkan Salam Sebelum Masuk

rumahminimalisoi.com
rumahminimalisoi.com

Hiasan dinding ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat lebih cocok dengan kepribadianmu. Misalkan kamu bisa mengubah tulisannya dengan “Katakan Assalamu’alaykum Professor untuk Membuka Pintu” dengan membuat aturan serupa, dalam artian, kamu hanya akan membuka pintu hanya bila seseorang mengatakan password itu. Menarik bukan?

Cara membuatnya juga gampang. Banyak bahan yang bisa digunakan untuk membuat hiasan kamar seperti di atas. Salah satunya dengan memakai kain flanel yang murah meriah dan banyak warna.

Kamu tinggal menyediakan kayu balok dengan ukuran tergantung kesukaanmu, terus balut dengan kain flanel 3 lapis agar terlihat lebih empuk. Kemudian menggunting kain flanel lain dengan bentuk huruf-huruf yang kemudian kamu susun menjadi kalimat atau kata-kata yang kamu inginkan. Mudah bukan, professor?

Origami dan Lampu Bekas

hipwee.com
hipwee.com

Punya lampu bohlam yang sudah tidak terpakai? Jangan dibuang! Mending kamu manfaatkan untuk membuat hiasan kamar yang indah dan anti mainstream. Lihat gambar di atas, lampu bohlam bekas dimodifikasi menjadi hiasan dinding yang cantik sekali. Bagaimana cara membuatnya?

Caranya terbilang cukup mudah sekali. Kamu hanya tinggal mempelajari bagaimana caranya membuat origami angsa, atau disesuaikan dengan hewan kesukaanmu. Bisa kodok, burung, dinosaurus, atau hewan lainnya. Setelah mahir membuat origami itu, coba buat dengan ukuran yang lebih kecil. Ukuran lebih kecil membutuhkan ketelitian yang lebih maka butuh latihan.

Setelah bisa, siapkan bohlam bekas. Pecahkan ujung atasnya. Kemudian ikat origami yang sudah kamu buat tadi dan masukan ke dalam bohlam melalui ujung yang tadi kamu pecahkan. Lalu kemudian tutup lubang itu menggunakan lilin warna atau kamu bisa modifikasi dengan menggunakan tutup botol, dll.

Mudah bukan?

Hiasan Kamar Semi Retro

uniekkaswarganti.com
uniekkaswarganti.com

Hiasan kamar yang satu ini minimalis sekali dan menciptakan kesan damai. Coba bayangkan kamu berada di ruangan yang seperti pada gambar. Dengan cat dinding atau wallpaper semi retro, sofa warna putih, meja warna putih, akan membuat ruangan kamarmu terkesan lebih lega dan rapi.

Lampu Malam Karakter

kreasirumah.net
kreasirumah.net

Mematikan lampu saat tidur itu adalah suatu anjuran. Selain menghemat listri, sih. Tetapi bagaimana bagi yang takut gelap? Tenang, kamu bisa memakai lampu hias karakter seperti di atas. Ruanganmu akan tetap gelap, tetapi tidak terlalu gelap. Sinar yang dipancarkan lampu hias akan memberi kesan bahwa di dalam kegelapan tersebut kamu tidak sendiri.

Lampu hias kamar karakter di atas mempunyai beberapa macam, ada angry bird, ada karakter hewan, ada juga karakter anime jika kamu mau. Sekarang sudah banyak yang menjual lampu hias tersebut, kamu bisa secara gampang menemukannya di internet dengan keyword tertentu. Coba saja.

Menarik bukan? Yuk hiasi kamarmu.

Lampion Unik

wovgo.com
wovgo.com

Hiasan kamar yang satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai alternatif dari lampu hias karakter. Bahkan, lampion unik ini tergolong lebih ramah dompet daripada lampu hias karakter. Kenapa? Karena kita bisa membuatnya secara manual.

Caranya cukup gampang. Seperti halnya membuat lampu nanas, kamu perlu membuat kerangkanya dulu dari kawat atau bahan lain yang bisa kamu atur sedemikian rupa namun tetap kuat. Kami rekomendasikan ya … kawat. Setelah itu siapkan karton yang nantinya akan dijadikan casing lampion.

Di atas karton tersebut, gambar bebas apapun yang kamu inginkan sebagai lubang yang nantinya akan ditembus cahaya dan menjadi bayangan di atas dinding.

Cuma seperti itu. Gampang bukan?

Hologram 3D

Menurut kami, inilah hiasan kamar yang harus kamu miliki. Kenapa? Karena ini keren sekali. Kamu hanya tinggal bermodalkan mika dan smartphone, sudah bisa membuat hiasan kamar yang kekinian seperti ini. Coba lihat di video.

Hiasan Kamar dari Tutup Botol Bekas

satujam
satujam

Selanjutnya, kalau kamu punya tutup bekas, jangan dibuang. Mungkin memang kalau dinilai dengan parameter uang, tutup botol itu tidak ada harganya sama sekali, tetapi di tangan orang kreatif, tutup botol bisa dijadikan hiasan kamar yang keren. Dan kamu juga bisa merubahnya menjadi hiasan kamar yang mantap.

Tutup botol akan menghasilkan keindahan tersendiri bila disusun secara rapi dengan warna yang sama (sesuai keinginan), atau bila kamu suka dengan tema yang lebih ceria, kamu bisa mengganti warnanya supaya lebih berwarna-warni. Tutup botol yang digunakan biasanya bekas sirup; tutup botol kaleng. Tetapi bila kamu ingin menggunakan tutup botol air mineral supaya lebih murah, itu sah-sah saja dan boleh dilakukan.

Hasil akhir tergantung daya kreatifitas kita.

Kanvas Kain

satujam
satujam

Ide yang satu ini boleh juga. Kalian hanya memerlukan kain bekas samping atau kain batik dan kanvas. Tetapi yang harus kamu perhatikan adalah kecocokan antara warna dinding dengan warna kain yang akan digunakan sebagai hiasan dinding. Cobalah untuk belajar psikologi warna agar nantinya hiasan kamar dari kanvas kain ini lebih enak dipandang dan menggambarkan kepribadian kamu.

Cara membuatnya sangat sangat mudah. Kamu hanya tinggal merentangkan kain di atas kanvas yang telah kamu siapkan (ukurannya terserah) lalu kanvas itu kamu ikat dengan benang kalau hiasan ini ingin kamu gantungkan, bisa juga dengan memaku dinding tembok lalu mengaitkan kanvas tadi. Selesai.

2 pemikiran pada “25 Inspirasi Unik Untuk Hiasan Kamar Kamu”

Tinggalkan komentar