Apa Manfaat Hutan Mangrove?

Hutan merupakan sebuah paru-paru dunia, dimana hutan menjadi bagian dari sumber kehidupan yang sangat penting, karena banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh tumbuhan. Di Indonesia sendiri banyak sekali macam dan jenis hutan. Dan yang akan saya bahas disini adalah jenis hutan mangrove.

Hutan mangrove atau yang biasa disebut hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di air payau (air asin). Biasanya tumbuh di daerah pinggiran laut maupun di sekitar muara sungai. Hutan ini tumbuh dipengaruhi oleh keadaan pasang surut air laut dan tempat-tempat yang pada khususnya terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan-bahan organik.

Hutan mangrove dapat mengurangi dampak abrasi tanah akibat pasang surut air laut. Abrasi tanah sendiri menyebabkan pengikisan daerah pantai sehingga mengakibatkan berkurangnya daerah pantai dan mengalami penyusutan area pantai menjadi dekat dengan laut.

enviroandchic.blogspot.com
enviroandchic.blogspot.com

Dalam hutan mangrove, tumbuhan yang dapat bertahan hidup hanya sedikit jenisnya. Hanya sekitar 54 spesies dari 20 genera dengan anggota dari sekitar 16 suku yang dianggap sebagai jenis-jenis pohon bakau sejati, yaitu jenis-jenis yang ditemukan dapat hidup di lingkungan hutan mangrove dan jarang tumbuh di daerah luar.

Dari jenis-jenis itu, sekitar 39 jenis pohon yang bisa ditemukan tumbuh di Indonesia, dengan itu menjadikan hutan mangrove Indonesia sebagai hutan air yang paling kaya jenis di lingkungan Laut Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Total dari jenis-jenis keseluruhan yang telah diketahui, termasuk jenis-jenis pohon bakau ikutan adalah 202 spesies.

Tumbuhan-tumbuhan yang dapat hidup tersebut kebanyakan bersifat khas karena telah melewati proses adaptasi. Bentuk-bentuk adaptasi tumbuhan bakau untuk menghadapi lingkungan yang ekstrem di hutan bakau, ada berbagai cara. Secara fisik, kebanyakan vegetasi bakau menumbuhkan organ khusus untuk bertahan hidup. Seperti mengembangkan sistem perakaran dan kelenjar garam di daun. Namun ada pula bentuk-bentuk adaptasi secara fisiologi.

Ketika pohon bakau ini tumbuh dan berkembang, akarnya akan semakin kuat jadi dapat menahan gelombang dan arus laut agar tidak sampai menghancurkan bebatuan atau berbagai macam jenis-jenis tanah maupun pasir di daerah pantai kemudian mengikisnya sedikit demi sedikit. Jadi disarankan untuk kita sebagai warga negara yang baik haruslah kita menjaga ekosistem hutan yang ada.

Tinggalkan komentar