4 Ciri Jubah Muslimah yang Akan Membuatmu jauh Lebih Mulia

Busana muslim saat ini sedang pada masa puncak. Ada banyak sekali jenis baju muslim yang tercipta dengan desain menawan. Banyaknya desain ini dipengaruhi karena mulai banyak wanita yang menjalankan syariat agama dengan menggunakan hijab. Salah satu desain baju yang disarankan oleh agama Islam adalah baju jubah muslimah.

Jubah muslimah saat ini sudah tidak monoton seperti jaman dahulu kala. Jaman dahulu jubah muslimah mempunyai kesan yang kolot dan juga kurang modis. Jubah muslimah pada jaman dulu berbentuk jubah besar polos tanpa ada pernik sama sekali sebagai penghias. Namun saat ini para desainer bekerja keras untuk menghasilkan jubah muslimah yang menarik dan cocok untuk dikenakan pada segala jenis acara.

Jubah muslimah tidak hanya digunakan oleh wanita saja, namun para pria juga banyak yang mengenakan. Sebagai contohnya adalah para kiai dan juga para bangsawan senang sekali mengenakan jubah muslimah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jubah muslimah agar sesuai dengan syariat Islam.

jubah muslimah

  1. Menutupi seluruh aurat

Jubah muslim sudah seharusnya menutupi semua aurat yang sudah ditentukan. Tidak hanya aurat saja namun juga harus bisa menutupi perhiasan yang dipakai. Menutup aurat saja dimata Allah sudah merupakan amalan tersendiri yang akan menolong kamu diakhirat nanti.

  1. Tidak ketat

Jubah muslimah harus longgar sampai tidak ada satupun lekuk tubuh yang tercetak pada jubah yang dipakai. Lekuk tubuh merupakan aurat yang wajib disamarkan karena dapat mengundang pikiran yang menyalahi syariat islam.

  1. Kain tebal

Ada sebuah hadist yang mengisahkan bahwa “dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat, yaitu : suatu kaum yang memiliki cambuk, seekor sapi untuk memukul manusia dan pra wanita yang berpakaian tetapi telanjang, berlenggak – lenggok, kepala mereka seperti punuk onta yang miring, wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan ini dan ini (jauhnya).”

  1. Tidak menyerupai pakaian pria

Jika jubah muslim itu dipakai oleh wanita, maka model dan desainnya memang harus dikhususkan untuk wanita. Tidak diperbolehkan jubah muslimah wanita namun mempunyai desain seperti desain jubah pria.

Sudahkah jubah yang kamu pakai sesuai ketentuan diatas? Demikian informasi mengenai jubah muslimah, semoga mencerahkan pengetahuanmu.

Tinggalkan komentar