Apakah Benar Air Hujan Berbahaya Bagi Kesehatan Kita?

Bagi pecinta hujan, inilah musim yang paling ditunggu. Hujan merupakan fenomena alam yang diartikan sebagai proses kondensasi uap air menjadi butiran air yang jatuh sampai ke daratan. Hujan sangat penting dalam siklus hidrologi di bumi ini.

Ketika hujan tiba, akan banyak orang tua yang melarang anaknya keluar rumah. Banyak diantara orang tua yang beranggapan bahwa air hujan memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan. Lalu, apakah benar air hujan itu berbahaya bagi kesehatan? Sebenarnya apa saja kandungan air hujan?

Kandungan air hujan umumnya terdiri dari 99.9 persen massa H2O, sisanya adalah zat-zat lain seperti asam sulfat, asam nitrat, dan senyawa lain yang berasal dari gunung berapi maupun industri. Karbon dalam bentuk abu ringan dan juga silika juga bisa terkandung dalam air hujan.

Kandungan air hujan tergantung dari kondisi geologi, aktifitas yang dilakukan oleh manusia, dan jumlah penduduk. Oleh karena itu, kandungan air hujan disetiap tempat berbeda. Sebagai contoh, kandungan air hujan di daerah dekat dengan pantai cenderung mengandung garam dan CO2 dan bersifat asam.

Kandungan Air dari Hujan
eshqq.com

Menurut sebuah penelitian, kandungan unsur kimia pada air hujan dapat dijadikan indikator untuk memantau pencemaran lingkungan di suatu tempat. Pengecekan pH air hujan merupakan suatu cara untuk mengetahui kondisi suatu lingkungan. Jika pH air hujan di daerahmu rendah, maka banyak senyawa asam yang terkandung.

Apabila hujan terjadi di daerah yang bersih, maka pengotor di lingkungan tersebut sedikit sehingga tidak berpengaruh pada lingkungan. Jika hujan turun di lingkungan yang tidak bersih, maka akan terdapat banyak massa pengotor dalam air hujan tersebut.

Uniknya, air hujan dapat diminum secara langsung. Syaratnya, air hujan yang dapat diminum langsung adalah air hujan yang jatuh dari langit tanpa mengenai perantara seperti genteng, dan lain sebagainya. Bagi air hujan yang sudah melewati perantara, sebaiknya tidak dikonsumsi karena dikhawatirkan tercemar zat lain.

Demikian uraian tentang kandungan air hujan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi kamu terutama pecinta hujan.

 

Tinggalkan komentar