Inilah 8 Keajaiban Air yang Mirip Trik Sulap

Selain matahari, salah satu sumber kehidupan manusia adalah air. Para ilmuwan banyak mencari planet baru untuk ditinggali manusia, salah satu syaratnya adalah adanya air. Bagi manusia air juga sangat penting, lebih dari 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Kamu bisa berlama-lama menahan lapar, namun kamu tidak akan bisa hidup jika kehausan.

Lihat juga: 25 Fakta Aneh Tentang Air yang Bisa Menghilangkan Rasa Penasaran Kamu

Manfaat air ada banyak sekali, mulai untuk kebutuhan sendiri maupun orang banyak. Untuk lebih mengetahui manfaat air, ilmuwan-ilmuwan banyak melakukan percobaan. Berikut ini adalah beberapa percobaan yang menggunakan sifat alami air untuk menciptakan suatu peristiwa yang unik.

 

Air yang Dituang Langsung Membeku

ntdtv.com
ntdtv.com

Ketika air dituang langsung menjadi es, mungkin kamu mengira ini adalah trik sulap. Padahal ini sebenarnya sebuah sifat alami air yang berubah menjadi padat. Untuk mencobanya kamu bisa mempersiapkan air dan freezer.

Dinginkan air hingga hingga suhunya mencapai 0 derajat celcius. Biasanya kamu akan membutuhkan waktu selama satu jam untuk mencapai titik beku. Setelah berada di titik beku, segera keluarkan air yang telah kamu masukkan kedalam freezer. Pukulkan botol air ke meja, maka air akan secara cepat membeku.

Selain cara tadi, kamu bisa menuangkan air dari freezer tadi ke es, maka akan terbentuk tumpukan es tambahan dari air es.

Hal ini disebabkan air es yang berada di titik beku akan tetap berbentuk cair. Namun ketika terkena getaran atau tekanan ia akan mulai mengkristal.

Anti Gravitasi

ntdtv.com
ntdtv.com

Untuk trik anti gravitasi, kamu membutuhkan air, botol, karet gelang, plastik mesh, dan tusuk gigi. Isi botol dengan air hingga hampir penuh, kemudian tutup dengan plastik mesh dan kencangkan menggunakan karet gelang. Coba balikan botol, maka air tidak akan tumpah.

Kemudian masukkan tusuk gigi, dan lihatlah botol tetap tidak tumpah. Hal ini terjadi karena sifat kohesif pada air. Sifat ini menyebabkan tusuk gigi akan naik keatas mengisi ruang udara diatas air.

Air Menyala dalam Gelap

ntdtv.com
ntdtv.com

Cuma dengan menggunakan air kamu bisa buat ruangan kamu layaknya sebuah pesta. Kamu cuma butuh air tonik dan sinar UV dari lampu. Isikan air tonik pada botol lalu nyalakan lampu UV. Dan kamu bisa melihat air dapat menyala terang dalam gelap.

Percobaan ini membuktikan bahwa air tonik mengandung fosfor. Fosfor dapat dapat menyala dengan terang jika diberi sinar UV.

Laser Air

ntdtv.com
ntdtv.com

Sifat air yang tembus cahaya bisa menjadi sebuah trik menarik. Isikan botol dengan air jernih, beri lubang kecil pada bagian perut air. Biarkan air mengalir dan sinari air tepat pada bagian lubang air. Air yang mengalir melalui lubang kecil tadi akan nampak seperti laser air.

Secara ilmu sains, hal ini terjadi karena air akan menjadi perantara cahaya laser. Aliran air menjadi serat optik yang menghantarkan cahaya sinar laser yang masuk.

Balon Anti Pecah

ntdtv.com
ntdtv.com

Balon jika merupakan salah satu bahan yang gampang sekali pecah. Ketika ditiup ia akan semakin rentan pecah. Kamu ingin punya balon yang anti pecah? isikan balon dengan air, kemudian tes ketahanan balon dengan menyalakan lilin di atasnya. Dan lihat apa yang terjadi, balon tidak meletus seperti biasanya. Hal ini terjadi karena air akan menahan panas dari api lilin yang dinyalakan pada balon.

Air dan Alkohol

ntdtv.com
ntdtv.com

Air dan alkohol tidak bisa bersatu, sama seperti minyak, hal ini dapat digunakan untuk trik menarik. Siapkan air, gelas, kartu kredit bekas, dan alkohol. Tumpuk kedua gelas secara berhadapan, pisahkan kedua gelas dengan kartu kredit bekas. Beri sedikit celah dengan menggeser sedikit kartu kredit bekas. Perhatikan baik-baik, alkohol akan pelan-pelan naik ke gelas bagian atas dan bertukar posisi dengan air.

Hal ini terjadi karena berat jenis alkohol lebih kecil dari air, sehingga pelan-pelan alkohol akan naik ke permukaan gelas bagian atas.

Air dan Lada

ntdtv.com
ntdtv.com

Hampir mirip dengan alkohol tadi, air dan lada juga bisa sedikit dijadikan trik sulap. Siapkan air, lada, mangkuk dan sabun. Kemudian isikan mangkuk dengan lada, celupkan tangan kamu pada lada. Normalnya kamu bisa menyentuh lada yang ada di permukaan air. Tapi jika kamu mengoleskan sabun pada jarimu maka lada-lada itu seolah-olah takut menjauhi jarimu.

Hal ini terjadi karena sabun dapat mengganggu ikatan hidrogen pada air, dan akhirnya bisa memecah molekul hidrogen yang membuatnya saling menyebar terpisah.

Ilusi Air

ntdtv.com
ntdtv.com

Ilusi merupakan salah satu trik sulap paling populer saat ini. Kamu bisa mempraktekannya hanya dengan segelas air, gelas kaca, dan selembar kertas yang diberi tanda arah. Tuang air kedalam gelas, kemudian letakkan gelas di depan kertas yang telah diberikan penanda arah. Maka ketika kamu melihat kertas melalui gelas kaca, arah penandanya akan berubah terbalik.

Lihat juga: 9 Foto Ilusi Unik dan Nyata

Tinggalkan komentar