Ingin Keamanan Browsing Kamu Semakin Terjaga? 5 Extension Browser Ini Wajib Kamu Pasang

Saat ini aktifitas browsing sudah menjadi hal yang biasa. Di internet kamu dapat memperoleh berbagai macam informasi yang kamu manfaatkan untuk pendidikan, keperluan kerja, hiburan, bahkan aktivitas jual beli lewat toko online.

Namun hal yang harus kamu waspadai, ada sejumlah website yang memiliki ‘tracker‘ ketika kamu mengunjunginya. Tracker ini dapat memantau aktivitas browsing kamu. Contohnya seperti website apa saja yang sering kamu kunjungi, melihat keterangan usia dan jenis kelamin, dan melihat profil sosial media yang kamu punya. Serem kan?

Adapun maksud dari mereka memasang tracker ini adalah untuk mengetahui gaya hidup kamu yang kemudian menampilkan iklan-ilan yang sesuai dengan minat kamu. Namun jangan terlalu khwatair, jika kamu memasang browser extension ini, maka aktivitasi browsing kamu jadi lebih aman dengan menghindari tracker tersebut.

Nah, ini dia lima browser extension yang perlu kamu pasang supaya aktivitas browsing kamu menjadi lebih aman.

Adblock Plus

thenextweb.com

Extension yang satu ini bisa memblock segala jenis iklan yang ada. Contohnya seperti iklan di Youtube, Facebook, Website, serta ancaman trackers dan malware yang dapat melihat kebiasaan browsing kamu.

Saat kamu memasang extension ini, kamu bisa menghemat bandwith serta penggunaan data. Sehingga pada akhirnya aktivitas browsing kamu bisa semakin aman, cepat, dan hemat.

uBlock

adslzone.net

Seperti halnya Adblock Plus, extension ini bisa menghalau segala iklan yang ada dalam aktivitas browsing kamu. Bahkan dengan extension ini iklan yang ada di halaman search engine seperti Google bisa diblock juga.

Dengan menggunakan extension ini, kamu nggak akan melihat berbagai macam iklan yang bertebaran di website-website yang sedang kamu kunjungi. Selain itu, uBlock juga ringan untuk dijalankan sehingga tidak terlalu membebani prosesor dan RAM kamu.

Disconnect

amazonaws.com

Disconnect adalah sebuah extension yang bisa memblock berbagai macam tracker seperti Google Analytics, menghilangkan berbagai jenis iklan, dan juga menghilangkan tombol-tombol seperti Google Plus, Twitter, dan Facebook.

Selain bisa menghilangkan berbagai macam iklan yang menganggu, kelebihan dari extension yang satu ini adalah bisa meningkatkan kecepatan browsing kamu sampai 27 kali lebih cepat. Waw, bukankah hal ini begitu menguntungkan?

Ghostery

ghostery.com

Pada dasarnya, extension yang satu ini mirip seperti Disconnect. Hanya saja tampilannya yang sedikit berbeda. Seperti halnya Disconect, kamu juga dapat memilih tracker mana saja yang ingin kamu block dan mana yang tidak. Tentu dengan fitur ini kamu akan semakin terbantu dalam aktivitas browsing kamu.

Privacy Badger

ubergizmo.com

Sama halnya seperti Ghostery dan Disconnect, Privacy Badger bisa memblock berbagai macam tracker saat kamu melakukan aktivitas browsing. Namun yang membedakannya adalah, Private Badger dibuat oleh Electronic Frontier Foundation (EEF) memakai algoritma khusus.

Salah satu kelebihan dari extension ini adalah bisa menentukan tracker mana yang ingin kamu block dan tracker mana yang ingin tidak kamu block.

HTTPS Everywhere

wordpress.lonbil.co.uk

HTTPS Everywhere bisa mengalihkan protokol website yang kamu buka dari asalnya http menjadi https yang tentunya lebih aman serta terenkripsi. Selain itu, dengan memasang extensions ini kamu bisa memblock semua website yang tidak memakai protokol https.

Google Opt Out

browsers-addon.blogspot.com

Sesuai dengan namanya, extension yang satu ini dibuat oleh Google untuk mencegah trackers yang bisa mengetahui mengenai ketertarikan dan demografi pengunjung suatu website.

Adapun cara memasangnya cukup mudah. Kamu tingal menginstallnya saja, kemudian extension ini akan secara otomatif aktif. Perlu kamu ketahui, extension ini hanya dapat dipasang di browser Google Chrcome.

Demikian penjelasan mengenai browser extension yang perlu kamu pasang supaya aktivitas browsing kamu lebih aman. Di artikel yang lainnya, kamu bisa mengetahui informasi tentang browser terbaik android. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar