Keunikan Suku Batak

Orang batak, bagi sebagian masyarakat mungkin mudah menjumpai orang batak selain di belahan pulau sumatera, yang merupakan tempat asal suku Batak. Karena suku Batak memiliki karakter yang menonjol dari beberapa suku lainnya.

agathatourscentralkalimantan.wordpress.com

Berikut ini keunikan-keunikan yang dimiliki oleh suku Batak:

  1. Berdialeg kental

Orang batak mungkin hampir mirip dengan orang jawa, yaitu ketika berbahasa Indonesia terlihat dengan jelas dialek kentalnya. Tapi ada juga orang Batak yang berusaha belajar menghilangkan dialek kentalnya dengan belajar bahasa-bahasa Indonesia dari televisi seperti dialek Betawi-Jakarta, karena yang trend saat ini adalah dua bahasa yang berasal dari daerah itu.

  1. Bersuara keras

Orang batak pada umumnya berbicara pasti dengan volume keras atau tinggi, sehingga membuat orang lain yang mendengar langsung menoleh. Hal ini dikarenakan kehidupan asli orang batak terletak di daerah pegununggan, rumah saling berjauhan dan banyak di kelilingi oleh angin kencang, sehingga orang batak harus berbicara keras-keras agar didengar oleh lawan bicaranya. Tapi orang batak juga ada yang berbicara lembut, mungkin dikarenakan sudah terasimilisasi oleh budaya asal kelahirannya, seperti yang kelahirannya di pulau jawa karena daerahnya terkenal dengan orang yang berbicara lembut.

  1. Berani tampil

Orang batak punya perasaan pede yang tinggi sehingga dia berani tampil di depan umum, tanpa ada rasa minder.

  1. Suka menolong

Hal tolong-menolong memang sudah menjadi tradisi orang batak sejak lama. Apabila ketika melihat orang lain sedang mengalami kesusahan, biasanya orang Batak akan langsung berusaha untuk menolong semampunya sebisa yang ia mampu untuk menolong.

  1. Mendominasi

Mendominasi disini dilihat ketika orang Batak sedang berbicara dengan orang lain, apabila diperhatikan biasanya orang Bataklah yang paling mendominasi dan yang paling banyak berbicara, dan sepertinya pendapatnyalah yang paling benar. Tapi tidak semua orang batak bersifat seperti itu, ada juga orang Batak yang lebih suka jadi pendengar daripada pembicara.

Itulah keunikan orang Batak yang sebatas penulis ketahui apabila ada salah dan benarnya itu tergantung pembaca sendiri. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar