5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kuota Internet Kamu Cepat Habis

Smartphone serta data internet seperti sudah tidak bisa dipisahkan. Keduanya semakin berkembang pesat seiring dengan perkembangan zaman. Bahkan ada model smartphone terbaru yang mempunyai spesifikasi layaknya sebuah laptop. Selain itu, adanya layanan 4G di Indonesia membuat kecepatan internet semakin meningkat.

Namun salah hal satu menjengkelkan yang sering dihadapi oleh para pengguna smartphone adalah saat kuota internet sudah habis. Paket data yang seharusnya bisa aktif selama satu bulan malah 1-2 minggu juga sudah habis.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan menjelasakan mengenai hal-hal atau kebiasaan yang bisa bikin kuota internet kamu cepet habis. Langsung saja, yuk simak dengan seksama.

Streaming Musik dan Video

lifehacker.com

Hal sederhana yang tanpa sadari bisa menghabiskan kuota internet kamu adalah sering melakukan streaming musik serta video. Banyak sekarang aplikasi atau website streaming yang menyediakan berbagai macam musik atau video seperti The Flash, Arrow, Netflix, dan tentu saja Youtube.

Streaming musik serta video merupakan layanan yang paling menghabiskan kuota internet secara cepat. Oleh karena itu, sudah seharusnya kamu bisa mengatur lebih bijak ketika menggunakan paket data. Jika kamu ingin melakukan streaming, kamu bisa menggunakan paket data malam atau data unlimeted yang disediakan operator.

Auto Update

pcworld.com

Aktivitas selanjutnya yang bisa bikin cepet habis kuota internetmu adalah auto update perangkat lunak sistem Android atau auto update aplikasi di Play Store. Dalam setiap smartphone rata-rata terdapat lebih dari 15 aplikasi dan semua aplikasi tersebut rutin melakukan update. Nah, bisa kebayang berapa banyak data internet yang habis?

Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa mengatur settingan auto update tersebut secara manual di menu pengaturan.

Aplikasi Social Media

aplikanologi.com

Di zaman sekarang terdapat banyak sekali aplikasi sosial media yang bisa kamu pakai. Ada Facebook, Path, Instagram, Line, Twittter, dan masih banyak yang lainnya. Pertanyaannya, ada berapa banyak sosial media yang kamu pakai? Mungkin hanya Tuhan dan kamu yang tahu, hehe.

Aplikasi sosial media ternyata merupakan salah satu kegiatan yang bisa bikin boros kuota. Apalagi kalau kamu sebentar-bentar sering check timeline atau sering update status.

Memang aplikasi sosial media bikin asyik, namun jangan sampai kamu kehilangan kebersamaan bersama orang terdekatmu hanya karena keasyikan update di sosial media.

Untuk kamu yang selalu ingin terhubung ke sosial media namun pengen hemat kuota, kamu bisa install aplikasi Opera Max. Aplikasi ini dapat menghemat penggunaan data internet secara signifikan.  Salah satunya dengan cara mengompres gambar yang diperlihatkan di sosial media yang kamu gunakan.

Video Call

youtube.com

Nggak jauh beda dengan sosial media, melakukan video call dengan menggunakan Skype atau LINE bisa mempercepat habisnya kuota. Kalau tidak terlalu penting, mendingan lakukan panggilan suara saja. Misal dengan menggunakn WhatsApp atau BBM. Hal ini tentu lebih membuat kuota internet kamu lebih terjaga.

Game Online

youtube.com

Sekarang ini makin banyak game Android yang ketika ingin memainkannya maka kamu harus online. Sebut saja seperti Clash Royale, Clash of Clans, dan masih banyak yang lainnya.

Sebenarnya yang membuat kuota internet cepat habis adalah saat game melakukan update data secara otomatis. Oleh karena itu, ada baiknya kamu harus memilih game online mana yang tidak begitu menyedot kuota internet.

Demikian beberapa aktifitas yang harus kamu minimalisir jika kuota internetmu ingin tetap hemat. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar