Dibalik Rasanya yang Pahit, Ternyata Daun Pepaya Memiliki Manfaat yang Luar Biasa

Daun pepaya terkenal mempunyai rasa yang pahit, tetapi dibalik rasa yang pahit tersebut banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh. Jika kamu mengolahnya dengan benar, maka rasa pahit tersebut akan sedikit berkurang sehingga enak untuk dimakan.

Lantas, apa saja manfaat daun pepaya itu? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Sifat Anti Kanker

everybody.si.edu
everybody.si.edu

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya memiliki kandungan enzim tertentu yang mempunyai sifat melawan kanker terhadap berbagai tumor seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker paru-paru, kanker hati, dan kanker pankreas. Enzim ini tidak mempunyai efek toksik pada tubuh. Oleh karenanya, dalam kemoterapi sering direkomendasikan kepada para pasiennya untuk mengonsumsi ekstrak daun pepaya. Selain itu, ekstrak daun pepaya juga bisa meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap kanker.

Menghambat Pertumbuhan Bakteri

bhaskoroarifis.wordpress.com
bhaskoroarifis.wordpress.com

Jus daun pepaya kaya akan kandungan bahan aktif. Salah satunya adalah senyawa karpain yang berfungsi menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, cacing. jamur, parasit, dan berbagai bentuk sel kanker. Hal ini membuat daun pepaya yang mengandung zat tannin selalu dimanfaatkan sebagai pengobatan herbal untuk bisa menghilangkan cacing di usus.

Zat tannin ini bisa melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus, sehingga cacing yang akan menyerang usus tidak dapat menempel. Oleh karena itu, daun pepaya sangat berguna untuk menghindarkan terjadinya sakit tifus.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

tokoherbalacemaxs.com
tokoherbalacemaxs.com

Manfaat lain dari daun pepaya adalah kemampuannya yang bisa melawan infeksi virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Daun pepaya dapat secara alami melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Dalam daun pepaya terdapat banyak kandungan seperti vitamin A, C dan E yang mendukung serta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pencegahan Demam Berdarah

Lingkungan Hidup Nyamuk demam Berdarah
dinkeslumajang.or.id

Demam Berdarah atau DBD merupakan penyakit mematikan yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk Aedes. Penyakit ini sangat berbahaya. tetapi sejauh ini belum ada obat khusus yang sudah dirumuskan untuk penyakit ini. Namun ternyata, daun pepaya memiliki khasiat untuk penyakit ini loh.

Daun pepaya merupakan metode tradisional yang berguna untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa mempunyai efek samping. Penelitian ilmiah serta beberapa studi kasus sudah menunjukkan bahwa ekstra daun pepaya memiliki kandungan enzim papain yang bermanfaat untuk meningkatkan trombosit.

Membantu Pencernaan

huffingtonpost.com
huffingtonpost.com

Menurut buku “The Complete Herbal Panduan: A Natural Approach to Healing the Body“. Dalam daun pepaya terdapat kandungan enzim papain yang bisa membantu pencernaan protein dan berguna juga untuk mengobati gangguan pencernaan. Rebusan daun pepaya bisa mengurangi mulas dan juga bisa dijadikan perangsang nafsu makan. Daun pepaya juga bisa membantu masalah dalam proses pencernaan gluten protein gandum yang sering terjadi pada sebagian orang. Biasanya masalah pencernaan tersebut sering dikenal dengan penyakit celiac.

Mengurangi Nyeri Haid

balihealthdigest.com
balihealthdigest.com

Para wanita sejak zaman dulu sudah memanfaatkan daun pepaya untuk mengurangi nyeri ketika haid. Jus daun pepaya terbukti sangat efektif untuk mengurangi nyeri ketika haid. Caranya cukup mudah, yakni dengan merebus beberapa lembar daun pepaya. Kemudian tambahkan asam jawa dan garam. Selanjutnya campur dengan segelas air dan didihkan. Minum ramuan ini ketika nyeri akibat haid tiba.

Daun Pepaya bisa Mengobati Jerawat

http://gazettereview.com
gazettereview.com

Kamu mungkin baru mendengar bahwa daun pepaya bisa mengobati Jerawat membandel. Adapun caranya cukup mudah, yakni sebagai berikut.

  1. Ambil daun pepaya muda.
  2. Kemudian keringkan daun pepaya tersebut.
  3. Selanjutnya, blender daun pepaya muda dengan air secukupnya untuk dijadikan seperti pasta.
  4. Ambil pasta yang sudah jadi lalu gunakan sebagai maskter.
  5. Tunggu sekitar 10-30 menit, hingga masker sudah mengering.

Demikian penjelasan mengenai manfaat daun pepaya. Untuk menambah wawasan kamu tentang kesehatan, kamu bisa membaca artikel lainnya tentang manfaat daun sirih merah dan manfaat daun kelor. Semoga bermanfaat ya, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar