Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan

Jeruk purut berbeda dengan jeruk nipis maupun jenis jeruk yang lainnya. Jeruk purut biasanya digunakan sebagai bumbu hidangan, karena baunya yang harum membuat hidangan menjadi semakin wangi dan tercium lezat.

Dengan rasa yang asam dan juga menyegarkan ini, jeruk purut ternyata banyak mengandung banyak vitamin C. Pada daun jeruk purut juga banyak mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh, kandungan tersebut di antaranya tanin, steroid triterpenoid, dan minyak asiri.

Jeruk purut berfungsi untuk menambah rasa asam serta menambah kesegaran dalam masakan. Untuk segi manfaat jeruk purut juga tidak kalah dengan jeruk-jeruk yang lainnya.

khasiat jeruk purut untuk kesehatan
www.solopos.com

Kegunaan jeruk purut selain untuk bumbu masakan juga berguna untuk merawat kecantikan tubuh. Selain itu masih banyak manfaat jeruk purut yang bisa anda peroleh, di antaranya yaitu:

  1. Mengobati sakit influensa
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Mengobati sakit batuk
  4. Mengatasi kulit kering
  5. Menjaga kesehatan rambut
  6. Mencegah penuaan dini
  7. Merawat kesehatan wajah
  8. Sebagai obat penyembuhan setelah sakit keras
  9. Menjaga kesehatan gigi dan gusi
  10. Mengatasi kelelahan

Jika ingin menggunakan jeruk purut sebagai obat, cara membuatnya cukup dengan memeras air buah jeruk purut 1 hingga 3 biji kemudian tambahkan dengan air dan gula, lalu diminum.

Untuk mendapatkan manfaat luar seperti untuk kulit, bisa dengan cara membelah jeruk purut menjadi 2 hingga 4 bagian, kemudian gosokkan ke kulit yang bersisik, selain jeruk purut andajuga dapat menggunakan jeruk nipis. Jika digunakan untuk rambut cukup basahi rambut dengan perasan air jeruk purut.

Tinggalkan komentar